Uncategorized

5 Tips Mengoptimalkan To-Do List

Pasti sahabat semua tidak asing lagi dengan yang namanya to-do list bukan? Yap, daftar hal-hal yang harus kita lakukan. Konon, di sebuah buku berjudul the power of motivation, salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi adalah saat kita memiliki mimpi dan visi yang jelas.

Tapi ternyata tidak semua orang menindaklanjuti untuk mewujudkan mimpi mereka. Mereka hanya sekedar tahu tapi tidak berindak. Nah, untuk membuatnya menjadi tindakan, maka dibuatlah to-do list agar menjadi lebih mudah untuk mencapai visi dan mimpi-mimpi kita. Ada 5 tips bagaimana mengoptimalkan to-do list yang sudah kita buat. Optimasi ini bermanfaat agar to-do list kita lebih mudah dan asyik untuk dicapai.

1. Membuat To-Do List Harian dan Pekanan

Tidak perlu banyak-banyak membuat to-do list. Cukup secara harian dan pekanan saja. Kenapa? Agar kita tidak menjadi frustrasi jika terlalu banyak to-do list yang dibuat sehingga kita jadi tidak mengerjakan apapun. Hal itu dikenal sebagai infinite to-do list syndrome, sindrom malas mengerjakan to-do list karena terlalu banyak.

2. Fokus dengan Prinsip 80/20

Sebuah prinsip yang dikenal sebagai prinsip Pareto. Prinsip ini sederhana, 80% hasil yang kita peroleh berasal dari 20% hal paling berpengaruh yang kita kerjakan. Jadi, saat kita membuat to-do list harian, buatlah prioritas. Jika kita memiliki 10 daftar, maka carilah 2 daftar paling penting dan paling berpengaruh. Jika sudah selesai, lanjutkan ke prioritas selanjutnya.

3. Tuliskan Alokasi Waktunya

Kegiatan A dan B ditargetkan selesai berapa lama? 1 jam? 2 jam? atau berapa? Untuk lebih mengoptimalkan waktu kita, maka berikan alokasi di berbagai kegiatan yang ingin kita lakukan. Akan sangat menyenangkan jika suatu saat kita mengerjakannya tepat waktu atau justru lebih cepat lagi. Hal ini disebut juga dengan calculating timelog. Jika ternyata waktunya tersisa? Silakan lakukan aktivitas lain (atau mungkin hobi) sebagai reward.

4. Gunakan Kertas atau Buku Saku

Walaupun sekarang berbagai macam aplikasi to-do list sudah berjamuran di mana-mana, tetapi tetap saya lebih suka menggunakan kertas atau buku saku agar kreativitas menjadi lebih bebas dan tidak terbatas. Sebenarnya sudah ada reminder atau to-do list yang tersedia mulai dari di BlackBerry, Android, hingga Apple. Sesuaikan dengan kenyamanan sahabat semua. Kalau saya selalu menyiapkan notes di saku case iPad yang berguna untuk coret-coret mindmap agar tidak ada aktivitas tertinggal yang harus saya lakukan.

5.  Sharing with Friends

Berbagi tentang targetan yang ingin kita capai di hari dan pekan ini kepada sahabat terdekat kita dapat menjadi pendorong untuk menyelesaikan to-do list kita dengan 2 cara: memotivasi kita agar tidak menjadi orang yang hanya banyak wacana (memiliki evaluator pencapaian, yaitu sahabat kita), dan yang kedua mendapatkan motivasi langsung dari sahabat kita. Kalau mau diperhatikan lebih dekat, sebenarnya seseorang itu akan mengikuti siapa sahabatnya. Orang-orang besar yang saya temui, ternyata sahabatnya adalah orang-orang besar juga. Jadi, carilah sahabat yang memang benar-benar membangun. Jika dia menertawakan targetan-targetan kita, maka kita harus berpikir ulang tuh untuk menjadikannya sahabat. Bingung bagaimana mencarinya? Coba cek tulisan saya Kiat Bijak Memilih Sahabat.

Saya yakin pasti banyak dari pembaca yang memiliki ide-ide brilian bagaimana caranya mengoptimalkan to-do list kita agar semakin asyik untuk kita kerjakan. Bersedia membaginya? Silakan tulis di kotak komentar di bawah tulisan ini.

Ingin mengobrol panjang lebar? Follow saja saya di @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!