Uncategorized

5 Tips Menjadi Penulis Best Seller

Anda memiliki cita-cita dan keinginan untuk menjadi penulis best seller? Yap, saya pun juga sama. Semua orang yang ingin menulis pasti ingin sekali tulisannya dibaca oleh banyak orang. Kadang orang yang tadinya semangat untuk menulis dan menulis, semangatnya turun karena ternyata tidak ada orang yang berminat dengan tulisannya. Padahal, menurut dia secara pribadi tulisannya bagus. Apa yang salah ya? Bagaimana memperbaikinya?

Setelah membuka-buka arsip dan catatan, saya menemukan beberapa tips untuk menjadi penulis best seller dari dr. Hengky Ferdianto yang menulis buku Uji Kompetensi Dokter Indonesia, bang Shofwan Al Banna salah satunya Palestine Emang Gue Pikirin, dan Mbak Helvy Tiana Rosa yang kita sudah tahu bahwa beliau adalah penulis best seller papan atas Indonesia. Nah, apa sajakah 5 Tips Menjadi Penulis Best Seller ini?

Tips 1: Berani dan Percaya Diri

Menjadi penulis bestseller itu memerlukan sebuah proses, kata mbak HTR. Namun yang paling penting adalah kita berani untuk menulis dan tidak malu akan tulisan kita. Kan ada tuh, orang yang ketika menulis dia takut untuk menunjukkan dan mempublikasikan naskahnya karena ga pede. Ada juga yang takut untuk dikritik dan diberikan masukan.

Orang-orang yang sudah menjadi penulis best seller mereka percaya diri untuk menunjukkan naskah mereka, bahkan meminta masukan dari yang lebih ahli! Jadi, sebelum naskah itu memang dipublikasikan, ada baiknya Anda meminta masukan, saran, kritik dari orang-orang yang ahli. Berani dan Percaya Diri.

Tips 2: Melihat Peluang dengan Cermat

Ini terkait dengan pemilihan topik untuk ditulis. Perhatikan peluang dan masalah-masalah yang ada di sekitar kita. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menulis sebuah tulisan best seller kita harus bisa menjelaskan peluang pasar terhadap apa yang kita tuliskan.

Saya mendapatkan pelajaran berharga dari dr. Hengky. Coba kembali lihat-lihat catatan yang kita miliki. Bisa jadi, catatan itu adalah catatan yang dibutuhkan oleh orang lain, namun ternyata belum ada publikasi terkait hal itu. Itu peluang, bukan? Seperti misalnya artikel ini ditulis dari catatan saya yang saya rasa Anda yang ingin menerbitkan buku best seller membutuhkannya. Hehe..

Tips 3: Berani Berkolaborasi

Untuk membuat sebuah publikasi atau tulisan best seller, maka tentu saja kita harus berani untuk melakukan kolaborasi dengan mereka yang memiliki kompetensi tinggi. Selain membuat penulisan menjadi lebih cepat selesai, tulisan yang dilakukan dengan kolaborasi bersama penulis lain akan mendongkrak nama dan kredibilitas.

Kolaborasi di sini juga tidak hanya kolaborasi untuk menulis bersama atau memiliki partner menulis, namun juga berkolaborasi dengan memiliki mentor, atau bergabung dengan komunitas-komunitas kepenulisan. Ini bisa menjadi sebuah sarana yang ampuh agar kita bisa menjadi penulis best seller.

Tips 4: Menulis Seperti Bermain Kungfu

Mbak HTR pernah berkata bahwa menulis itu seperti bermain kungfu. Maksudnya adalah, Anda tidak akan pernah jago kungfu selama Anda tidak berlatih. Sama persis dengan menulis. Orang akan lebih cepat menjadi penulis best seller jika dia melakukan 3 hal: menulis, menulis, dan menulis. Sebanyak apapun ilmu dan pengalaman belajar menulis, namun tetap untuk menjadi penulis yang terus berkembang adalah dengan terus menulis, menulis, dan menulis.

Tips 5: Penulis itu Seperti Chef

Nah, kalau yang ini saya dapatkan dari bang Shofwan nih. Seorang penulis itu seperti Chef yang sedang mempersiapkan masakan terbaiknya. Tulisan best seller berarti mempersiapkan masakan yang paling enak agar diincar orang, hehe. Layaknya memasak, maka menulis pun membutuhkan 3 hal ini: Resep, Bahan, dan Peralatan.

Resep, maksudnya adalah kita mengetahui cetak biru atau blue print bagaimana membuat makanan enak. Bagaimana proses atau langkah-langkah yang harus ditempuh agar bisa menjadi tulisan yang best seller. Saya menyarankan Anda membaca Kitab Writerpreneur dari bu @SofieBeatrix. Di situ tercantum resep menulis yang dahsyat!

Bahan, maksudnya adalah segala hal bisa berupa ide, gagasan, data-data, tulisan, gambar, ilustrasi, dan hal lainnya yang siap untuk dicampur menjadi tulisan yang menarik. Maka dari itu sebelum kita punya bahan pastikan resepnya benar. Hehe.. Misalnya nih kita sudah punya data-data yang akurat tapi salah resep penyajian sehingga malah jadi boring penyajiannya. Sayang sekali kan?

Peralatan, kalau yang ini sudah jelas maksudnya. Jika Anda memang ingin menjadi penulis best seller, maka siapkanlah peralatannya yang mendukung produktivitas Anda dalam menulis. Sebagai contoh, laptop dan modem internet itu menurut saya adalah wajib. Anda bisa menambahkan peralatan seperti iPad, buku-buku referensi, catatan kecil (notes), untuk mendukung Anda melahirkan tulisan-tulisan yang kreatif.

Oke! Sepertinya itu saja 5 Tips Menjadi Penulis Best Seller. Mudah-mudahan bermanfaat ya dan bisa diterapkan. Menulis ini saya juga jadi semangat lagi nih, untuk menerbitkan buku yang keenam! Hehe..

Apakah Anda tips lain dari Anda? Silakan berbagi di kotak komentar di bawah ya.

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!