Keilmuan

6 Bagian Dasar Bisnis yang Harus Dipahami Entrepreneur

Entrepreneur is a person who organizes and operates a business or businesses, taking on greater than normal financial risks in order to do so.

“Tidak usah banyak berpikir! Mau jadi entrepreneur? Belajar langsung di lapangan!” Wejangan ini sering sekali kita dengar dari banyak pengusaha sukses. Ya, lakukan saja semuanya langsung di lapangan. Jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur, tidak usah banyak berpikir deh. Langsung terjun.

Pendapat di atas tidak salah, namun jika Anda ingin memulai menjadi seorang entrepreneur, terdapat satu kata menarik di mana risiko finansial yang didapatkan jauh lebih besar dibandingkan rata-rata orang normal. Terlebih jika ini adalah pertama kalinya Anda menjadi entrepreneur atau baru terjun membangun bisnis, risiko semakin terbuka lebar. Maka bakal lebih mantap apabila kita juga membekali diri kita dengan berbagai macam persiapan yang membuat kita bisa mengurangi risiko yang ada.

Namun jangan khawatir, tulisan saya berikut ini akan membantu Anda untuk mempelajari dan memahami bisnis dengan cepat sehingga Anda bisa langsung ‘klik’ dengan apa yang namanya bisnis hanya dengan membaca satu artikel ini.

Six Parts of Every Business Do

Setiap bisnis, pada intinya melakukan 6 bagian kegiatan yang selalu diulang-ulang (repeatable process),

  1. Menciptakan dan memberikan nilai tambah….
  2. Di mana orang lain membutuhkan atau menginginkannya….
  3. Dengan harga di mana mereka bisa membelinya……
  4. Dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan…
  5. Sehingga menghasilkan keuntungan cukup untuk melanjutkan operasional….
  6. Kemudian menciptakan sistem delegasi SDM agar bisnis bisa berjalan otomatis dan meluas….

Apapun bisnisnya, enam aktivitas di atas tidak akan pernah hilang dan akan selalu terjadi. Ternyata yang namanya bisnis tidak terlalu sulit untuk dipahami, bukan?

Maka, jika Anda ingin memulai bisnis perlu rajin-rajin mempelajari dan mempraktikkan ilmu yang masuk ke dalam hexagonal entrepreneurship aspects, yaitu 6 hal yang harus dikuasai ilmu dan keterampilannya yaitu:

  1. Value Creation, bagaimana menemukan apa yang dibutuhkan atau diperlukan pelanggan, kemudian membuat produk atau jasanya.
  2. Marketing, bagaimana menarik perhatian dan menciptakan permintaan terkait apa yang sudah kita buat di poin nomor 1
  3. Sales, mengubah orang yang kenal dan tertarik (prospective customer) menjadi pelanggan yang ingin membayar (paying customer)
  4. Value Delivery, memberikan pelanggan apa yang Anda janjikan dan memastikan bahwa mereka puas dengan apa yang ditawarkan
  5. Finance, bagaimana mengatur keuangan agar bisnis dapat terus berjalan secara berkelanjutan
  6. HR & Staffing, bagaimana memilih orang yang tepat di tempat yang tepat untuk membuat bisnis lebih luas dan berkembang lebih besar.

hexagonal entrepreneurship aspects ini wajib ada dan digunakan jika Anda ingin membuat sebuah perencanaan bisnis.

Ikuti terus seri tulisan di blog http://arryrahmawan.net yang akan membahas 6 hal di atas untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Untuk kamu para studentpreneur muda, bisa mendapatkan ilmunya langsung tentang 6 hal di atas dalam buku #StudentpreneurGuidebook.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis dan kewirausahaan di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!