Uncategorized

Tips Social Media untuk Personal Branding (1)

Tahukah Anda bahwa social media bisa menjadi salah satu cara untuk membuat branding dan menangkap berbagai peluang yang bertebaran? Maka akan sangat disayangkan jika pada hari ini Anda masih belum membuat akun social media. Akun yang paling umum digunakan di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Flickr, Slideshare, dan blog.

Bayangkan, menggunakan salah satunya saja ada orang yang bisa menghasilkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Saya pernah mencoba mengoptimalkan semuanya, dan alhamdulillah dari situ saya banyak sekali mendapatkan kesempatan-kesempatan yang sebelumnya tidak saya pikirkan. Sayangnya, kebanyakan dari orang hanya menggunakan social media hanya untuk mengekspresikan emosi dan kondisi mereka yang justru berakibat kontra produktif. Berikut ini adalah 6 tips social media untuk profesional muda dalam rangka meningkatkan peluang dan brand yang didapatkan.

Apa yang Saya Dapatkan

Awalnya saya berkenalan dengan social media hanya untuk mengungkapkan kabar, ekspresi, perasaan, dan experience yang sedang saya rasakan. Berbgi melalui social media ternyata dapat direspon dan sampai dengan cepat ke teman-teman kita. Sampai akhirnya setahun berikutnya saya mencoba untuk mulai memanfaatkan social media ini untuk kepentingan bisnis dan digital branding.

Saya pun kemudian membukan selain Facebook dan Twitter, yaitu LinkedIn, Instagram, Google+, dan juga blog kesayangan saya tercinta ini. Selanjutnya yang saya dapatkan alhamdulillah banyak sekali tawaran untuk mengajar, menjadi pembicara seminar, dan berbagi ke banyak orang. Hal yang memang saya sukai dan itu passion saya, yaitu menjadi pengajar. Berdasarkan social media ini kemudian saya mendapatkan bahwa social media bisa digunakan untuk mencari uang. Saya juga diajak untuk menuliskan buku secara profesional, dan pergi ke luar negeri dengan gratis

6 Tips Berikut Adalah….

Facebook: Adalah saluran social media yang saat ini paling banyak dimiliki oleh pengguna. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai seorang yang ingin meningkatkan Brand untuk personal maupun usaha Anda adalah:

  • Update status dan profil secara berkala sesuai dengan expertise Anda
  • Buat grup Facebook sesuai dengan minat yang ingin Anda dalami untuk menarik massa yang memiliki minat yang sama. Di sana Anda bisa berbgi banyak hal terutama expertise Anda.
  • Upload foto Anda secara selektif. Beberapa perusahaan atau biro pencari kerja biasanya seringkali melihat foto-foto di Facebook Anda untuk melihat apa kegiatan Anda dan bahkan dari gambar tersebut bisa diambil kesimpulan tentang diri Anda. Jadi, bijaklah dalam upload gambar.

Twitter: Walaupun cuma 140 karakter, namun Twitter ini bisa digunakan sebagai sarana untuk memberikan sosialisasi, meningkatkan brand, dan juga penjualan. Beberapa yang bisa dicoba:

  • Kultwit tentang experience dan expertise Anda. Buat relasi dengan orang-orang yang memiliki follower banyak kemudian minta tolong untuk membantu mention kultwit Anda.
  • Rekap kultwitnya, saran saya menggunakan komputer. Jika Anda kehabisan kultwit, ulangi kultwit tersebut.
  • Responsif dan menjawab pertanyaan follower, terkait dengan expertise Anda dan pertanyaan yang masih relevan untuk Anda jawab.
  • Buat profile yang semenarik mungkin. Singkat, padat, dan menunjukkan expertise Anda. Pastikan dalam lini masa Anda, tweetnya layak dan ingin diikuti oleh orang banyak. Kalau Anda jadi orang lain dan membaca lini masa itu, apakah Anda ingin follow orang tersebut?

Flickr & Instagram: Social media sharing untuk gambar ini memiliki banyak sekali keunggulan dan semakin lama semakin naik daun. Saran saya, untuk Instagram dan Flickr ini diisi atau diupload dengan aktivitas-aktivitas yang menunjang expertise Anda. Sebagai contoh, Flickr saya, saya isi dengan foto-foto ketika saya mengisi seminar dan training. Instagram saya, saya isi dengan foto-foto unik yang saya ambil dan saya tambahkan quotes inspiratif dan membuat sebuah mark agar orang yang melihat mengakses informasi kita yang lebih lengkap. Saya biasa mencantumkan alamat blog saya ini, agar orang bisa mengetahui lagi siapa saya yang sebenarnya.

Yup, berikut tips-tips social media untuk Anda yang ingin meningkatkan peluang dan personal branding. Banyak sekali sebenarnya teknik ‘menjual diri’ kita dengan cara yang elegan, dan orang pun berlomba-lomba untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya.

Tipsnya akan saya lanjutkan di tulisan selanjutnya ya. 🙂

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!