Uncategorized

7 Aturan Main untuk Blogger Pemula

Gimana sih caranya memulai bikin blog yang keren? Pertanyaan ini sering sekali saya dapatkan di inbox email saya. Kebanyakan dari teman-teman yang terinspirasi untuk membuat blog juga. Bahkan waktu itu saya juga pernah ditanya oleh salah satu guru menulis saya, bang Wahyu yang sahabat bisa kunjungi blog beliau di wahyuawaludin.com

Apa yang akan saya tulis di sini merupakan kumpulan dari pengalaman saya yang memulai blogging dari tahun 2007. Ternyata memang untuk memutuskan menjadi blogger, kita harus tahu dulu aturan main bagaimana bisa bertahan dari ‘serangan-serangan’ blog lain yang terus tumbuh bagai jamur di musim hujan. Berikut ini adalah 7 aturan main untuk blogger pemula agar bisa eksis di dunia blogosphere.

Aturan #1: Inti dari Blogging adalah Traffic

Blog yang bagus diukur dari berapa traffic yang ada di dalam blog tersebut. Mudahnya, seberapa banyak dan sering blog itu dibuka dan kemudian dibaca oleh orang-orang. Selain traffic, jumlah backlink atau link yang menuju ke blog kita mendukung suksesnya blog tersebut karena berarti banyak yang mereferensikan. Jadi, cobalah susun strategi bagaimana agar blog kita ramai dikunjungi oleh orang-orang.

Aturan #2: Blogging is About Content and Marketing

Blogging itu sebenarnya hanya terdiri dari 2 aspek sederhana. Isi dan pemasarannya. Isi atau content dapat menentukan bagus tidaknya sebuah blog. Apakah blog tersebut mampu menjawab informasi yang dibutuhkan atau memang dicari pembaca? Namun sebagus apapun isi dari sebuah blog, tidak akan ada gunanya jika orang tidak mengetahui bahwa itu bagus. Maka di sinilah fungsi marketing nya. Sebarkan link dan berbagai macam tulisan-tulisan blog kita di forum,  milis, atau social media lainnya. Tapi pastikan bahwa tulisan kita itu memang dibutuhkan orang untuk dibaca.

Aturan #3: Desain yang baik adalah Simpel dan Responsif

Saya seringkali menemukan sebuah blog baru yang diposting di grup FB, pada saat saya buka, itu banyak sekali widget di sidebar yang menurut saya kurang penting. Desainnya pun berantakan sekali, mulai dari tulisan yang susah dibaca karena font nya aneh, ada musik-musik yang kemudian bunyi entah darimana, dan lain sebagainya. Sangat menghabiskan bandwidth. Aturan main yang ketiga adalah, desain itu penting tapi please don’t be crazy with your blog design. Desain penting, tapi bukan segalanya. Lebih penting terkait dengan isi dan cara pemasaran tadi. Kalau kita perhatikan, justru blog-blog dengan kualitas tinggi itu sangat sederhana sekali desainnya. Ga neko-neko, sesuai dengan kebutuhan dan bisa di load dengan cepat di browser.

Aturan #4: Must Create Creative and Various Contents

Karena blogging itu menuntut isi yang bagus, maka kamu bisa sedikit kreatif dengan memposting isi blog tidak melulu dengan tulisan. Bisa saja dengan gambar yang menggugah, foto inspiratif, video, ebook, hingga podcast. Tapi sesuaikan dengan kebutuhannya ya. Ini dilakukan agar tidak monoton saja. Nah, ini juga menjadi aturan penting bagi blogger pemula, yaitu jangan copas artikel atau tulisan dari blog lain. Pengalaman saya banyak blogger pemula yang ingin mengambil jalan pintas agar di blognya banyak artikel sehingga copas sana sini. Akhirnya kreativitasnya mati dan blognya tidak bertahan dalam kurun waktu 6 bulan.

Aturan #5: Buat Jadwal Posting Berkala

Ini yang kadang tidak disukai blogger pemula. Posting hanya sesekali atau mungkin di waktu luang saja. Berhubung blognya masih baru dan perlu banyak artikel, maka buatlah jadwal posting secara berkala agar bisa konsisten untuk terus melakukan update di blog. Bukan ngeblog di waktu luang, tapi meluangkan waktu untuk blogging. 

Aturan #6: Buat Sentuhan Personalmu Sendiri

Harus seperti apakah bahasa blog saya? Adakah aturan untuk menulis atau mengisi content di blog? Tidak. Ini adalah blog kita, maka jangan sampai blog kita ini dikira blog orang lain hanya karena tidak ada sentuhan personalnya. Tidak perlu takut salah ejaan, salah kata-kata, apalagi salah dalam blogging, let it flow aja. Untuk seorang blogger pemula sangat penting untuk menemukan frekuensi yang pas terkait dengan sentuhan personal di blognya.

Aturan #7: Buat Interaksi dan Networking di Blogosphere

Blog yang baru mulai dan baru dibuat biasanya sepi pengunjung dan komentar. Maka dari itu buatlah pertemanan dengan para blogger lain dengan saling memberikan komentar yang membangun dan bertukar link satu sama lain. Jika tidak tahu di mana mencari komunitas pertemanan blogger, maka bisa bergabung di komunitas blogger seperti Komunitas Ngawur atau bisa juga masuk ke grup blogger di Facebook. Blog juga bisa berperan sebagai social media yang efektif karena kemampuannya untuk menciptakan interaksi.

Yap, demikianlah 7 aturan main yang harus diperhatikan oleh blogger pemula. Pesan saya, teruslah konsisten menjadi seorang blogger dengan menebarkan banyak manfaat bagi seluruh alam.

Ada aturan lain yang harus diperhatikan? Silakan share di kotak komentar di bawah ya. 🙂

Ingin ngobrol lebih banyak? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

10 Comments

    • Percuma juga mas kalau copas, karena kita tidak memberikan kontribusi ilmu atau inspirasi kepada masyarakat. Menulis blog haruslah unik dan memberikan nilai tambah yang baru, beda dengan apa yang sudah disampaikan orang lain. Hehe…

  • Boleh tanya pak, kalo isi blog yang kita tulis itu copy dari buku, itu boleh gak ya, apa kita juga harus menulis sumbernya dari mana?

    • Sepemahaman saya ga boleh mbak, karena itu termasuk perkara plagiat. Mbak bisa buat tulisan sendiri mengenai buku tersebut, orisinil dari pemikiran mbak sendiri. Nanti tinggal merekomendasikan kepada pembaca buku apa yang harus dibaca lebih lanjut. Terima kasih 🙂

  • pak arry. saya akan membuat blog tentang sejarah perang. dan saya sudah mempunyai minat saya yg besar sebagai modal saya. tapi saya bingung pertama saya harus posting apa di website saya. apakah pak arry tahu di mana saya mendapatkan komunitas ahli sejarah perang tersebut?

    terimakasih??

  • Saya ingin menulis tapi kurang percaya diri karena sudah tua.Saya hanya menulis untuk kesenangan saja di face book.Saya ingin menulis yang serius karena sebetulnya saya punya kemampuan dlm beberapa hal.Seperti menjahit,berjilbab,dan membuat puisi atau cerita mini.
    Apakah dapat tulisan seperti itu menjadi konten blog?
    Apakah sudah terlambat untuk menulis di usia saya yang 56 tahun?

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!