Tips Akademik

7 Kiat Mempertahankan Motivasi Diri agar Tetap Tinggi

Written by Arry Rahmawan

Halo sahabat pembaca semua, bagaimana kabar Anda hari ini? Sudah 11 hari kita melewati tahun 2016. Bagaimana kabar semangat Anda? Apakah masih menggebu – gebu untuk mengejar berbagai impian dan resolusi Anda seperti layaknya awal tahun baru kemarin?

Saya ucapkan selamat! Jika Anda masih memiliki motivasi dan semangat yang berapi – api untuk mengejar berbagai resolusi yang telah Anda tuliskan di awal tahun. Namun, bagaimana dengan Anda yang menurun motivasinya?

Saya sendiri sebenarnya sengaja untuk membuat tulisan mengenai bagaimana caranya agar kita dapat mempertahankan motivasi diri agar selalu tinggi, karena setelah beberapa waktu saya menjalani tahun 2016, saya juga mengalami krisis motivasi T_T. Entah kenapa, setelah liburan tahun baru, saya hanya bersemangat kurang lebih 5 – 6 hari pertama. Di hari selanjutnya, semangat saya sempat drop karena kelelahan. Apa karena tidak berhasil sepenuhnya Move On dari liburan panjang tahun baru kemarin ya?

Namun, walaupun semangat sempat drop, saya dan istri selalu bersepakat bahwa jika kita drop, kita akan menghentikan aktivitas kita sejenak, mengevaluasi diri, dan perlahan bangkit kembali. Alhamdulillah, drop motivasi itu tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya berselang 1 hari, semangat saya pun kemudian bangkit kembali.

Lalu, bagaimana caranya agar setelah semangat kita bangkit, kemudian kita bisa mempertahankannya agar tetap tinggi? Berikut ini adalah cara – cara yang biasa saya lakukan. Dengan menulis ini, saya juga jadi tersadarkan, sepertinya ada beberapa hal yang harusnya saya kerjakan, namun tidak saya lakukan, sehingga motivasi saya drop. Jika melakukannya, insyaAllah semangat kita akan terus on fire!

Kiat #1 : Bekerja selaras dengan Passion & Purpose

Cara pertama yang saya lakukan untuk membuat saya selalu bersemangat dalam bekerja adalah dengan menyelaraskan apa yang saya kerjakan sesuai dengan passion dan tujuan hidup saya. Kebanyakan dari kita menjadi tidak semangat karena kehilangan ‘makna’ dalam bekerja. Kita tidak merasa apa yang kita kerjakan itu adalah progres yang semakin mendekatkan kita dengan impian yang ingin kita capai.

Sudah banyak tulisan mengenai passion dan purpose yang telah saya tuliskan. Anda dapat melihat beberapa tulisan berikut ini:

Kiat #2 : Memiliki Visi yang Jelas dalam Hidup

Ini adalah salah satu hal yang membuat saya selalu bersemangat dalam hidup saya. Hidup penuh dengan target, goals, dan impian. Sudahkah Anda memiliki target yang harus Anda capai untuk tahun ini? Jangan sampai Anda membiarkan hidup Anda menjadi tidak terarah sama sekali. Pastikan Anda sudah merencanakan hidup Anda, sebelum hidup Anda direncanakan oleh orang lain.

Berikut ini adalah online course saya yang akan membantu Anda merumuskan visi hidup yang jelas:

Kiat #3 : Memiliki Partner yang Saling Menyemangati

Saran terbaik yang pernah saya terima untuk menjaga motivasi adalah dengan memiliki partner yang saling menyemangati ketika semangat sedang down. Kalau saya, setelah menikah, maka istri menjadi sahabat sekaligus partner utama saya untuk bertumbuh. Ketika saya sedang down, istri sayalah yang selalu mengingatkan lebih dulu akan impian dan cita – cita saya.

Jika Anda belum menikah, maka Anda bisa melakukan ini dengan sahabat Anda. Saya memiliki ide menarik yang mungkin bisa Anda coba. Ide ini saya namakan Partner Reward dan Partner Punishment.

Partner Reward, adalah keadaan di mana Anda menjanjikan hadiah untuk partner Anda atau keluarga Anda, yang baru bisa Anda berikan apabila Anda sudah selesai menyelesaikan tugas / kewajiban Anda

Partner Punishment, adalah keadaan di mana saat Anda tidak mampu mengerjakan tugas Anda yang seharusnya, kemudian yang dihukum adalah partner Anda (bukan diri Anda sendiri).

Menggunakan cara partner reward & punishment ini membuat Anda bisa lebih efektif dalam menjaga semangat. Hanya perlu disiplin saja.

Kiat #4 : Memiliki Jurnal Evaluasi Harian

Saya baru menerapkannya di tahun ini untuk menjaga motivasi saya agar tetap on, dan ternyata berhasil! Saya sengaja membeli sebuah notebook yang berbentuk diary harian selama satu tahun penuh (tahun 2016). Saya menyebutnya jurnal harian (kalau diary kok kayaknya kurang macho gitu, haha). Jadi di jurnal tersebut sebelum saya tidur, saya biasa mengevaluasi apa yang telah saya lakukan di hari itu. Lengkap beserta pembelajaran apa yang saya dapatkan, to-do list apa saja yang saya capai dan tidak saya capai, sehingga saya bisa menjadi lebih baik lagi di hari berikutnya.

Kiat #5 : Memiliki Grup Mastermind

Grup mastermind adalah sebuah grup perkumpulan khusus yang memiliki tujuan sama, dan saling mengingatkan satu sama lainnya. Ini sangat efektif untuk menjaga motivasi Anda apabila ingin menanamkan kebiasaan baru. Misalkan grup one day one juz (ODOJ), adalah salah satu grup yang berhasil membuat saya terbiasa dari yang tadinya tidak membaca quran, menjadi rutin menjadi baca al quran 1 juz setiap harinya, dan semangat untuk terus membacanya tidak mudah padam karena dalam grup tersebut akan tercipta interaksi yang saling mengingatkan.

Kiat #6 : Bersikap Ihsan dalam Hidup

Apa yang dinamakan sikap ihsan? Sikap ihsan adalah,

Kamu beribadah kepada Allah seperti engkau melihat-Nya. Jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia (Allah) melihatmu.

Sebuah pesan singkat dari nabi yang menurut saya artinya sangat dalam. Jika kita benar – benar menerapkan sikap ini dalam kehidupan kita, maka tentu kita akan berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam aktivitas yang kita jalani di dunia.

Dengan bersikap ihsan ini, bukan hanya saya dapat jauh lebih bersemangat dalam hidup, tetapi saya juga dapat menjadi lebih profesional dalam kehidupan saya.

Kiat #7 : Melakukan Morning Glory

Untuk menjaga semangat dan motivasi saya, umumnya saya melakukan blocking time atau meluangkan waktu khusus di pagi hari sebelum berangkat kerja. Jika saya bisa melakukan ini, saya dan istri berhasil meraih apa yang namanya Morning Glory. Morning Glory adalah:

  • Bangun pukul 04.00 pagi
  • Dilanjutkan shalat tahajud 5 – 11 rakaat
  • Shalat subuh berjamaah di masjid
  • Membaca Al Quran 1 Juz
  • Olahraga ~ 10 – 20 menit
  • Mandi dan Sarapan

Jika saya dan istri bisa melakukan hal ini, entah kenapa hari – hari kami waktu itu akan terasa lebih panjang, serta berbagai macam urusan itu menjadi lebih mudah diselesaikan. Ada film bagus dari DAQU Movie untuk menyemangati Anda, terutama bagi yang muslim untuk mencapai MORNING GLORY. Silakan disimak!

Yap, itulah 7 kiat yang biasa saya lakukan untuk bisa menjaga semangat saya sehari – hari untuk terus berkarya. Termasuk, tetap konsisten menulis blog ini walaupun sudah kurang lebih saya melakukannya dalam jangka waktu 4 tahun, hehe..

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada masukan selain kiat – kiat yang telah saya sebutkan tadi? Yuk, silakan berikan masukan Anda ke kotak komentar di bawah ini yaa.. ^^

Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semuanya.

Salam CerdasMulia,

Arry Rahmawan
Personal Excellence Coach
Founder CerdasMulia Institute

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!