Uncategorized

7 Rahasia Menciptakan Content Blog Efektif

Menulis blog kelihatannya adalah sesuatu yang mudah. Tuliskanlah apapun yang ada di pikiran kita di blog, lalu publish! Tetapi tahukah kamu ada sedikit blogger yang memiliki rumusan efektif bagaimana menulis di blog. Tentu kamu penasaran dong, khususnya blogger, bagaimana membuat blog yang dikunjungi pembaca berkali-kali? Bagaiamana menciptakan blog yang bikin pembaca betah untuk berlama-lama di blog kita? Bahkan, ada lo cara bagaimana membuat pembaca blog kita dengan senang hati mereferensikan blog kita ke komunitasnya. Semua itu hanya diawali dari membuat content blog yang efektif. Tidak sembarangan. Mau tahu caranya? Yuk, disimak!!

7 Rahasia Menciptakan Content Blog Efektif ini saya ambil pelajaran dari Kak Ollie, Pak Jamil, Pak Roni Yuzirman, dan saya sendiri. Hehe.. Apa sajakah 7 rahasianya? Ini nih..

1. Awali dari Apa yang Kamu Sukai

Jadikan pengalaman bloggingmu itu adalah sesuatu yang menyenangkan dan fun! Tidak perlu pusing mencari topik, ketika kamu mengetahui apa passion, interest, atau hobi kamu. Kembangkan itu, jadikan unik, dan teruslah menulis!

2. Gunakan Bahasa yang Ringan

Blog berbeda sekali dengan yang namanya buku-buku ilmiah atau jurnal penelitian. Jadi, tidak perlu malu jika bahasa yang digunakan itu sederhana. Justru kita harus menghindari penggunaan jargon-jargon yang sulit dan susah dimengerti orang lain. Jadi, keep it simple!

3. To the Point – Langsung Tembak ke Akarnya

Menulis di blog membutuhkan seni menulis to the point! Yup, langsung saja pada akar topiknya. Tidak perlu berpanjang kalam, jadikan setiap artikel yang kita tulis itu habis sekali baca atau sekali gigit kalo istilah kulinernya Hehe.. 🙂

4. Dukungan Multimedia

Blog saat ini sudah sangat berkembang sekali teknologinya. Dulu mungkin hanya berupa teks-teks dan tulisan saja. Tetapi sekarang kamu bisa mengombinasikannya dengan galeri foto dengan Flickr, memasukkan video dengan Youtube, bahkan juga memasukkan slide presentasi dengan bantuan slideshare.

5. Sentuhan Personal

Apas sih keunikan blog kita dibandingkan yang lain? Itu karena ada sentuhan personalnya dong pastinya. Hehe.. Seperti misalkan artikel Uang di Mata Orang Kaya, itu saya buat sewaktu berada di pesawat ketika ingin memberikan pelatihan di Solo. Tentunya dengan cara pembawaan saya. So, be yourself. Ciptakan sentuhan personalmu sendiri dalam menulis. 🙂

6. Konsistensi Update Berkala

Mereka yang sekarang kita ketahui sebagai blogger sukses adalah karena mereka tetep istiqomah untuk menulis di blog mereka. Tidak hanya memang sering di update, tetapi juga mempertimbangkan kualitas tulisan di dalamnya. Memang paling ideal adalah menulis artikel bermanfaat dan setiap hari seperti yang dilakukan oleh Pak Jamil Azzaini

7. Buat Impresi di Awal dan Akhir

Buatlah paragraf pertama tulisan dan juga akhir sebagai bagian yang paling menarik. Seperti misalkan di awal tulisan ini, saya mencoba membukanya dengan pertanyaan-pertanyaan. Bagaimana ya cara membuat content blog yang membuat pembaca itu ga bosen? Karena penasaran, jadi dibaca deh. Begitu pula dengan akhirnya. Buatlah kesimpulan yang relevan dan pancing pembaca untuk berkomentar. “Jadi, itulah 7 tips tentang……. Apakah kamu punya tips lainnya?”

Oke! Itu dia 7 rahasia menciptakan content blog yang efektif. Pasti sekarang kamu sudah ga sabar kan untuk menulis? Yang penting, setelah ini adalah ACTION! Jadi, menulislah sekarang juga.

Kamu punya rahasia lain? Yuk share di kotak komentar di bawah.. 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!