Uncategorized

7 Tips Menjadi Pribadi yang Lebih Tepat Waktu

Sewaktu saya masih menjadi mahasiswa dan aktif dalam organisasi fenomena ‘ngaret’ adalah hal yang sangat umum untuk ditemui. Diminta kumpul jam 10.00 untuk rapat, malah kemudian baru mulai jam 11.00 atau 12.00 siang. Fenomena ini adalah hal yang hampir bagi sebagian kita sangat lumrah terjadi di Indonesia. Hal berbeda saya rasakan sewaktu diberikan kesempatan menghadiri event di Jepang di mana di sana saya belajar banyak hal tentang kedisiplinan. Saya pun menjadi tahu bahwa orang Indonesia sengaret-ngaretnya yang saya kenal ternyata saat tinggal di Jepang bisa menjadi pribadi yang tepat waktu lho! Bayangkan saat kita janjian dengan orang Jepang, bahkan 5-10 menit sebelum pertemuan pun mereka sudah hadir di tempat yang dijanjikan. Luar biasa, bukan?

Saya pun mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya budaya tepat waktu ini hanya perlu dibiasakan saja. Sewaktu diberikan kesempatan memipin CEDS UI, TDA Kampus, dan CerdasMulia, semua pengurus inti dan anggota saya biasakan untuk tepat waktu, minimal dengan memberikan contoh dari diri sendiri. Sebagai seorang pemimpin, sekaligus seorang teladan maka jika kita ingin memasukkan sesuatu dalam organisasi kita maka yang kita perlukan adalah menerapkannya terlebih dahulu pada diri sendiri.

Saya pun bukan orang paling tepat waktu di dunia, namun berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar senantiasa menjadi pribadi yang tepat waktu.

Sadar Bahwa Ngaret itu Tidak Baik

Bagi mahasiswa atau pelajar mungkin bisa berkata bahwa ngaret itu biasa. Namun dalam dunia nyata, menjadi pribadi yang ngaret bisa menimbulkan banyak masalah, apalagi jika pekerjaan kita membiasakan diri bertemu dengan seseorang atau klien. Langkah pertama untuk menjadi pribadi yang lebih tepat waktu adalah sadar dan mengakui bahwa ngaret itu tidak baik, merugikan orang, dan juga merugikan diri sendiri.

Biasakan Membuat Estimasi Perhitungan Waktu

Misalkan diri kita dari Depok harus tiba di Salemba pada pukul 11.00, maka estimasilah waktu berapa lama kita sampai sana. Apakah naik kereta, bis, angkutan pribadi atau seperti apa. Terus juga estimasi ini mengikutsertakan kondisi terburuk, misalnya ada macet total, dan hal-hal semacam itu. Banyak orang yang gagal menjadi tepat waktu karena berpikir terlalu ideal yang akhirnya membuat mereka terlambat.

Persiapkan yang Untuk Besok

Ini adalah tips yang membantu saya mengatur waktu lebih baik, yaitu mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk hari esok. Jika esok kita perlu membawakan presentasi, maka persiapkan segala peralatan di malam sebelumnya. Jika kita besok naik mobil atau motor, pastikan kuncinya sudah siap jangan sampai keesokan hari kita terlambat karena sibuk mencari-cari kunci.

Berikut ini adalah tips sisanya yang bisa disaksikan melalui video,

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar