Uncategorized

8 Tips Menulis Artikel yang Baik untuk Blog

Menulis artikel untuk blog seringkali disamakan dengan menulis artikel di media lain. Sebutlah misalnya di koran atau majalah. Padahal, ada beberapa perbedaan antara menulis artikel atau content untuk blog dan juga untuk media cetak. Beberapa yang membedakan antara lain adalah aspek search engine optimization (SEO), aspek pembaca, blog marketing, dan lain sebagainya.

Tips-tips yang saya beberkan berikut insyaAllah tidak rumit dan mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat blogger yang sedang mencari tips bagaimana menulis artikel yang baik untuk blog. Mudah-mudahan setelah membaca 8 tips ini, semua bisa diterapkan dan dapat membuat semangat menulis lebih berapi-api, hehe…

Baik, 8 tips menulis artikel yang baik di blog berdasarkan pengalaman saya sebagai professional blogger adalah sebagai berikut:

Make it Simple – Tips pertama adalah tentang kesederhanaan. Ya, artikel-artikel di blog sebaiknya dibuat sesederhana dan seringkas mungkin untuk dibaca. Lebih baik jika bisa dibaca habis dalam beberapa menit oleh pembaca. Tips ini muncul setelah saya mengamati bahwa orang tidak suka membaca artikel yang terlalu panjang dan bertele-tele menggunakan dari layar monitor komputer mereka. Jadi, buatlah artikel yang to the point dan pendek (sekitar 500 – 1000 kata). Jika terlalu panjang, bisa dipecah jadi beberapa bagian (artikel bersambung).

Menulis dengan Rutin – Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas artikel dan blog Anda. Saat ini algoritma yang digunakan Google sangat mengapresiasi blog yang diupdate secara berkala. Menulis dengan rutin juga bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan traffic ke blog kita.

Say no to Copy-Paste – Ini sudah jelas. Artikel yang baik adalah artikel yang bukan copy paste alias menjiplak dari sumber lain tanpa adanya referensi sumber yang jelas. Copas biasanya dilakukan oleh blogger yang memang niatnya bukan untuk unggul di content. Google sangat tidak menyukai artikel copy paste, dan bukan hanya Google tetapi juga pembaca setia blog Anda.

Menggunakan Ilustrasi – Inilah kelebihan membuat artikel di blog, yaitu kita dapat menggunakan berbagai macam ilustrasi untuk mempermudah pembaca dalam memahami apa yang kita sampaikan. Gunakanlah ilustrasi seperti gambar, video, infographic, suara, dan lain sebagainya yang membuat transfer informasi artikel menjadi lebih cepat dan mudah.

Menggunakan Readmore – Saya banyak menjumpai sobat blogger yang tidak menggunakan readmore untuk tulisan artikel di blog yang lumayan panjang. Bayangkan, ada 5 tampilan posting di halaman utama tanpa readmore, sementara artikel tersebut penuh dengan ilustrasi multimedia dan panjang. Ini kurang baik dari sisi bandwidth dan loading time blog. Maka saran saya bagi sobat blogger yang banyak menggunakan video atau gambar atau tulisan di artikelnya relatif panjang, bisa menggunakan readmore agar blog menjadi lebih responsif.

Memahami Artikel Pilar – Baik, saya akan membocorkan jenis-jenis artikel yang laku untuk ditulis di blog. Pertama adalah list post, yaitu artikel yang berisi daftar-daftar tips dan trik untuk memecahkan masalah. Seperti misalnya artikel ini. Kemudian ada juga artikel yang membahas tentang isu up to date. Ketiga adalah artikel yang bersifat tutorial, yaitu mengajarkan orang untuk melakukan sesuatu secara step by step. Blog adalah media terbaik untuk menulis artikel pilar seperti ini.

Desain Artikel – Pahami juga sedikit tentang desain artikel. Misalnya font apa yang biasanya digunakan. Jangan sampai menggunakan font yang aneh-aneh, keriting, dan tidak bisa dibaca. Kemudian perhatikan juga tentang warna-warna pada font, jangan sampai tabrakan dengan background. Perhatikan juga ukuran tulisan. Besar untuk judul, sedang untuk subjudul, dan kecil untuk bagian isi.

Perhatikan Typo – Periksa kembali kesalahan-kesalahan ketik yang terjadi pada artikel yang kita buat. Apakah ada kesalahan dalam penulisan? Sebelum dipublikasikan, pastikan tidak ada yang salah ketik karena nanti dapat menimbulkan beberapa kerancuan di kemudian hari.

Yap, itulah 8 tips bagaimana menulis artikel yang baik untuk blog. Apakah Anda memiliki tips lainnya? Maukah berbagi melalui kotak komentar di bawah?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!