Uncategorized

9 Trik Menghemat Waktu yang Perlu Anda Ketahui

Selama 3 tahun lebih saya menganut prinsip bahwa manajemen waktu terbaik adalah mengurangi waktu untuk istirahat, bersantai, rekreasi, dan hal-hal semacam itu. Akibatnya, seluruh waktu saya digunakan untuk bekerja atau melakukan berbagai macam aktivitas yang full load alias berat. Sampai suatu waktu saya menyadari bahwa dalam hidup ini kita perlu yang namanya work-life balance. Manajemen waktu memang penting, namun penting juga untuk menjaga energi kita agar tetap segar dalam melakukan aktivitas.

Untuk itulah setahun terakhir, saya mencoba menerapkan prinsip work-life balance ini yang memang benar pada akhirnya mampu menghasilkan sesuatu dengan lebih produktif. Misalnya, hari ini saya harus memberikan training di dua tempat berbeda, menulis buku dan blog, menjawab email, memberikan keputusan untuk CerdasMulia Training dan TDA Kampus, dan itu belum semua. Ternyata saya masih bisa menyisihkan waktu untuk bermain dengan teman-teman saya, menghadiri jamuan makan siang dan makan malam, menghadiri acara keluarga, menemani adik saya main PES (Pro Evolution Soccer), dan banyak hal menyenangkan lainnya. Kerjaan beres, bermain pun lancar, hehe..

Jika Anda juga ingin merasakan kehidupan yang sama, di mana semua pekerjaan selesai dan masih ada waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup, maka kita perlu melakukan penghematan waktu. 3 tahun yang lalu, sewaktu saya mengerjakan 10 list daftar pekerjaan bisa jadi menggunakan waktu 10-12 jam dan sisanya adalah kelelahan. Sekarang, dengan mengerjakan daftar yang sama saya bisa menghemat waktu 4-6 jam yang sisanya digunakan untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain atau menyenangkan diri sendiri.

Bagaimana caranya melakukan penghematan waktu? Berikut ini adalah caranya,

  1. Rampingkan to-do list yang kita miliki, buat sebisa mungkin kurang dari 10 items. Untuk to-do list usahakan berisi daftar kerja yang penting dan memerlukan waktu lebih dari 30 menit untuk dikerjakan
  2. Kerjakan to-do list dengan fokus penuh per 30 menit, setelah itu stretching, pemanasan, atau cek pesan, maks 5 menit. Setelah itu kerjakan lagi 30 menit berikutnya.
  3. Saya membiasakan menulis agenda di Google Calendar dan memasang notifikasi untuk memberitahukan lewat email atau sms jika ada agenda, sebelum saya punya manajer dan it works.
  4. Punya BB atau Smartphone yang rewel? Masukkan laci, kunci dan jauhkan distraction sewaktu sedang bekerja.
  5. Kerjakan tugas sesuai prioritas penting dan gentingnya, terutama untuk hari yang bersangkutan
  6. Berani mengatakan TIDAK pada ajakan-ajakan yang tidak ada manfaat untuk mencapai target kita sama sekali.
  7. Belajar seni delegasi, yaitu menugaskan orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang tidak kita kuasai namun penting untuk kita, sehingga kita bisa fokus pada to-do list kita yang lainnya.
  8. Ambil cukup waktu istirahat, pilih makanan yang bernutrisi baik, dan berolahraga yang cukup (walaupun hanya sekedar jalan kaki 20 menit)
  9. Kerjakan yang sulit dulu, baru yang mudah belakangan. Hal ini mengingat di awal hari energi kita masih penuh sehingga bisa mengerjakan tugas-tugas yang lebih kompleks, atau bisa juga kita mengenali di mana waktu kita yang paling produktif, lalu mengerjakan tugas yang paling berat di situ.

Demikian 9 trik untuk menghemat waktu Anda sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lebih cepat dengan waktu yang lebih singkat. Apakah Anda punya tips dan trik lainnya? Silakan share dengan pembaca lainnya melalui kotak komentar di bawah. 🙂

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!