Uncategorized

Apa Fokus Hidup Kita?

When You Focus on Positive Things,
You Push Your Mind in a Positive Direction

Semua orang setuju bahwa kita diciptakan unik. Semua orang setuju bahwa tidak ada satu pun manusia yang identik sama persis. Namun, tidak semua orang berani untuk mengakui bahwa dirinya adalah sesuatu yang diciptakan Tuhan dengan spesial: hanya ada satu-satunya di dunia.

Tulisan ini saya buat karena hari ini saya mendapatkan sebuah email dari seorang pembaca, “Kak, saya baru lulus SMA dan saat ini bingung ingin menentukan kuliah di jurusan apa. Ibu saya ingin saya menjadi dokter, namun saya adalah orang yang suka menulis dan merangkai kata. Saya cinta sastra.”

Jika Anda ada di posisi pembaca di atas, mana yang akan Anda pilih?

Masuk jurusan kedokteran, atau masuk jurusan sastra?

Di sinilah kemudian saatnya menentukan fokus Anda. Ke manakah diri kita akan memilih, karena tidak mungkin diri kita menguasai semua hal yang ada di muka bumi. Kita terlahir unik, menarik, dan berbeda, tinggal kita fokuskan letak kekuatan kita. Di manakah kekuatan itu berada? Fokuskan, tajamkan kekuatan Anda.

Mengapa perlu fokus pada kelebihan yang Anda miliki? Fokus pada kelebihan akan memperbesar peluang Anda untuk bisa menjadi yang terbaik. Fokus pada kelebihan akan memperbesar peluang Anda untuk sukses, ketimbang Anda harus terseok-seok mengasah kekurangan Anda menjadi sebuah kekuatan. Itu pun bisa Anda lakukan, namun tentu memerlukan usaha berlipat-lipat dibandingkan Anda fokus pada pengembangan kelebihan Anda.

Sebelum Anda memulai bisnis, memulai karir, atau bahkan menjalani kehidupan sehari-hari, petakan di mana letak kekuatan Anda. Tonjolkanlah dan jadilah berbeda. Milikilah ciri khas unik Anda.

Saya sering menjumpai rekan dan klien saya yang menjadi ‘setengah-setengah’ karena takut untuk menjadi diri sendiri. Dia suka seni, namun ‘dipaksakan’ masuk ke teknik fisika dengan alasan ‘lebih berpeluang masuk kerja (klasik)’. Di ujung akhir wisuda, secara prestasi dia biasa saja. Lulus secara biasa, jika dibandingkan dengan banyak temannya yang lain yang memang kemudian mahir di bidang itu. Pada akhirnya dia memilih jalan untuk belajar teater. Artist. Ya, she’s born to be an artist. Buat apa kita menjadi orang lain?

Bayangkan, apa yang akan dia capai apabila dia FOKUS menghabiskan empat tahun kuliahnya di bidang seni? Saya yakin dia akan menjadi seorang pemain teater papan atas negeri ini.

Jadi, jika Anda menjadi pengirim email yang galau seperti yang saya sebutkan di awal, manakah yang Anda pilih?

Bagaimanapun, keputusan mutlak di tangan Anda. Dalam tulisan ini (sekaligus menjawab pertanyaan), mulailah berani untuk beraspirasi tentang ‘siapa diri kita’, dan (selama itu baik) jadilah diri kita sendiri.

Jadi, apa fokus hidup Anda?

Jika Anda semakin galau, silakan klik Bekerja dengan Passion!

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!