Uncategorized

Apa yang Membedakan Orang Biasa dengan Orang Kaya?

Menjadi orang kaya hampir menjadi impian dari semua orang. Namun, tidak semua orang tahu apa rahasia menjadi orang kaya. Banyak yang menganggap bahwa agar kita menjadi orang kaya, maka kita harus mendapatkan arus pemasukan yang banyak. Semakin banyak kita mendapatkan pemasukan, maka akan semakin kaya pula diri kita.

Itu adalah pendapat dari orang biasa.

Saya belajar dari banyak orang-orang kaya luar biasa di Komunitas TDA (namun penampilan mereka biasa-biasa saja), bagaimana cara untuk menjadi kaya. Menjadi kaya bukan semata-mata masalah memperbesar pemasukan yang ada, namun justru letaknya ada pada bagaimana seseorang membelanjakan uang.

Sekarang coba bayangkan bulan ini Anda mendapatkan uang sebesar Rp10,000,000. Kira-kira untuk apa uang tersebut Anda belanjakan?

Urutannya kita-kira akan menjadi seperti ini (dari porsi terbesar hingga porsi terkecil),

  1. Kebutuhan hidup
  2. Membayar hutang
  3. Menabung
  4. Investasi
  5. Memberi

Betul? Ya, skema seperti di atas nyaris dipakai oleh hampir setiap orang di seluruh dunia. Sehingga, hampir bisa dipastikan bahwa dari gaji yang diterima setiap bulan itu akan selalu habis tanpa sisa sampai poin ketiga. Tidak cukup untuk bisa memulai investasi, terlebih memberi yang banyak. Saya dulu juga begitu dan menerapkan pola seperti di atas membuat penghasilan menjadi stagnan-stagnan saja dan justru lebih sering tidak cukup.

Di sinilah kemudian letak kunci perbedaannya. Walaupun sama-sama mendapatkan Rp10,000,000 per bulan. Orang-orang kaya akan membelanjakan uang mereka dengan cara yang terbalik. Sehingga dari porsi paling besar ke yang paling kecil, susunannya akan menjadi seperti berikut ini,

  1. Memberi
  2. Investasi
  3. Menabung
  4. Membayar hutang
  5. Kebutuhan Hidup

Alokasi terbalik ini akan membuat bagaimana caranya agar kita tetap berperilaku hidup hemat dan sederhana. Adakalanya kita membelanjakan sebuah ‘keinginan’ yang kita buat itu seolah menjadi sebuah ‘kebutuhan’. Sementara jika dibalik, kondisinya akan sangat berbeda sekali. Maka dari itulah mengapa orang-orang kaya walaupun di awal sama-sama mendapatkan Rp10,000,000 mereka kemudian bisa menjadi kaya lagi dalam sekejap. Sementara orang biasa, yang tidak tahu caranya akan tetap menjadi orang yang pendapatannya biasa-biasa saja sepanjang hidupnya.

Sekarang Anda sudah tahu rahasianya. Sudahkah Anda siap untuk menjadi kaya? Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar