High Performance Me

Apakah Diri Kita Memiliki Obsesi yang Jelas? (Writing Challenge #8)

Written by Arry Rahmawan

Apakah Anda Memiliki Obsesi yang Jelas dalam Menjalankan Kehidupan?

Manusia hidup di dunia ini tentu hanya sementara. Di antara banyak manusia yang pernah hidup, ada di antara mereka yang bisa mengubah dunia, berhasil dikenal sepanjang masa, dan juga memberikan kontribusi yang luar biasa bagi peradaban umat manusia. Tetapi, di antara manusia yang hidup itu, ada jauh lebih banyak manusia yang hidupnya hanya sekedar ‘lewat’ selama di bumi ini. Saat dia hidup, keberadaannya di dunia tidak berdampak. Atau bahkan radius dampaknya sangat kecil. Sehingga pada saat dia meninggal, bahkan keberadaan dirinya pun tidak disadari oleh manusia lainnya. Dengan kata lain : ada atau tidaknya dia sama saja, tidak ada bedanya.

Ilustrasi sederhana di atas saya dapatkan dari guru ngaji saya sewaktu masih SMP. Pada waktu itu, beliau bercerita mengenai zaman keemasan Islam yang membawa cahaya peradaban ke muka bumi. Diceritakan pada waktu itu, ulama – ulama besar Islam tidak hanya mahir dalam urusan agama, tetapi mampu menyatukan panduan Islam dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tersebutlah nama – nama tersohor seperti Bapak kedokteran barat Ibnu Sina, atau ahli keilmuan lain seperti Al Kindi atau Al Khawarizmi sang penemu angka nol. Mereka adalah contoh – contoh nyata dari seseorang yang memberikan dampak bagi dunia. Keberadaan mereka di dunia sangat diperhitungkan. Dunia begitu merasakan manfaat saat mereka hidup, begitu pun saat mereka sudah tiada. Kepergian mereka tentu menyebabkan rasa kehilangan yang sangat pada zamannya.

Pertanyaan untuk kita renungkan bersama adalah : apakah kita ingin menjadi manusia yang diperhitungkan, atau menjadi seorang manusia yang hanya sekedar lewat hidup di dunia?

Apabila Anda mengikuti apa kata hati Anda yang paling dalam, sekalipun Anda tidak ingin menjadi terkenal, pasti Anda ingin sekali bahwa kehidupan Anda di dunia ini bermakna. Setidaknya Anda bisa memastikan bahwa kehidupan di dunia yang singkat ini tidak sia – sia.

Begitu pula dengan diri saya. Sejak ditanya hal tersebut sejak SMP, saya benar – benar ‘terobsesi’ menjadi seorang yang tidak ingin hidup biasa – biasa saja. Minimal, saya bisa memberikan dampak yang ‘terasa’ bagi orang lainnya. Apa yang saya lakukan sejak zaman SMP dan SMA bisa dibilang sangat sederhana, yaitu saya memutuskan menjadi trainer. Ya, pada waktu saya SMA khususnya, saya mulai belajar bagaimana menjadi seorang trainer yang berdampak. Saya banyak sekali belajar dari ESQ yang memberikan saya banyak pelajaran tentang bagaimana caranya menjadi seorang trainer. Waktu itu saya berpikir, asyik sekali menjadi seorang trainer karena bisa menggugah dan berkesempatan mengubah kehidupan orang. Per tahun 2015 ini, alhamdulillah saya sudah diberikan kesempatan mengisi pelatihan di berbagai kota untuk ribuan orang baik secara pribadi maupun melalui CerdasMulia Institute.

Pada waktu awal – awal kuliah, saya mencoba menaikkan obsesi saya. Saya mulai bertekad untuk memiliki sebuah blog yang ramai dikunjungi orang, inspiratif, dan dapat membantu banyak orang memperbaiki hidup mereka. Saya memulainya dari hal yang kecil – kecil. Seperti misalkan mendirikan blog arryrahmawan.net dan teknikpublicspeaking.com. Saya pada waktu itu tidak mengerti bagaimana cara punya blog yang bagus. Tahun 2011 saya mulai menulis artikel demi artikel. Tulisan saya masih sangat jelek pada waktu itu, tetapi biarlah. Saya sudah terlanjur terobsesi sebagai ‘blogger’, hehehe.. Alhamdulillah, saat ini tulisan di blog saya sudah mencapai lebih dari 650 tulisan dan banyak sekali komentar, email, maupun BBM yang saya terima mengucapkan rasa terima kasih karena keberadaan blog ini.

Selanjutnya sewaktu saya menjadi mahasiswa tingkat akhir, saya mulai membuat ‘obsesi’ baru menjadi seorang penulis di bidang entrepreneurship. Obsesi itu pun kemudian terwujud menjadi sebuah buku Studentpreneur Guidebook yang diterbitkan oleh GagasMedia. Bahkan, saat ini saya dipercaya menjadi tim penyusun kurikulum kewirausahaan di Universitas Indonesia dan menjadi dosen kewirausahaan di berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Banyak orang atau teman – teman saya bertanya kepada saya, “Ry, kok lo bisa sih menggapai semuanya? jadi trainer iya, jadi penulis juga, terus jadi blogger juga, jadi direktur juga di CerdasMulia Institute, bahkan juga jadi dosen di UI dan dosen tamu di beberapa universitas. Itu caranya gimana?”

Sebenarnya, tidak ada cara khusus yang saya terapkan selain saya ‘terbakar’ dengan apa yang dikatakan guru ngaji saya sewaktu SMP. Dari situ saya begitu terpengaruh bahwa dalam hidup di dunia ini, saya tidak boleh jadi orang biasa – biasa saja. Saya harus menjadi seseorang yang memberikan dampak, memberikan kontribusi luas, dan membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik lagi.

Hal itulah yang kemudian membuat saya akhirnya memiliki ‘obsesi’ menjadi seorang yang bermanfaat. Obsesi inilah yang kemudian membawa saya untuk mencapai banyak hal yang lebih tinggi. Saya terobsesi menjadi trainer, saya terobsesi menjadi blogger, terobsesi menjadi seorang penulis, dosen, dan juga seorang pengusaha yang sukses.

Obsesi yang jelas (clear obsession) membuat saya terbantu untuk ‘ngotot’ mencapai impian – impian saya dan alhamdulillah satu per satu terwujud. Semoga dengan terwujudnya impian tersebut satu per satu membuat saya bukan hanya seseorang yang sekedar ‘lewat’ di dunia ini tanpa diperhitungkan sama sekali.

Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki obsesi yang jelas dalam menjalani kehidupan Anda? Atau jangan – jangan, kita hanya ingin hidup yang memang biasa – biasa saja?

 

Salam,

Arry Rahmawan
High Performance Trainer
Founder CerdasMulia Institute
Penulis Best-Seller Studentpreneur Guidebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!