Uncategorized

Asyiknya Usia 20-an

Begitu asyiknya usia 20-an, di mana pada rentang usia ini biasanya lagi senang-senangnya kita untuk menikmati masa muda. Belajar di kampus, diskusi dengan teman, hangout, pergi ke mall, nonton, makan di tempat-tempat menyenangkan, karaoke, yang penting happy banget deh bareng temen-temen.

Begitu pun dengan saya, yang masih berada pada rentang usia 20-an ini pun sedang asyik-asyiknya menikmati masa muda saya ini. Tetapi, saya menikmatinya dengan cara sedikit berbeda. Bersama teman-teman saya di TDA Kampus, kami menghabiskan usia 20-an kami dengan cara-cara yang tidak umum.

Yap, kami mencoba untuk merumuskan konsep bisnis, belajar ke sana kemari bagaimana memperoleh klien, alokasi investasi aset, merumuskan produk yang bagus, bagaimana teknik menjual yang kece, bagaimana menjalin networking, melakukan perjalanan bisnis ke luar kota dan bahkan keluar negeri. Di saat yang lain sibuk mau menghabiskan uang untuk makan di mana atau ke mall mana, kami sibuk memikirkan peluang bisnis untuk bisa hidup secara mandiri. Tujuan kami salah satunya juga agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, di mana lulusan terbaik universitas negeri ini tidak menjadi sekrup-sekrup pabrik perusahaan asing yang menguras sumber daya dan aset negeri mereka sendiri. Terjajah secara ekonomi. Daripada cuma protes ‘ganyang neolib’ sana-sini, kami mencoba membuat perusahaan sendiri, asli dalam negeri.

Orang bilang, apa yang kami lakukan bertentangan dengan apa yang seharusnya dilakukan anak muda pada umumnya: kuliah, bersenang-senang. Belum waktunya orang seumuran 20-an memikirkan cara mencari uang. Tugasnya hanya belajar, fun, baru kalau sudah lulus mencari kerja.

Buat saya pribadi, asyiknya usia 20-an terletak pada energi yang ada di rentang usia ini. Energi untuk menuju sukses yang menggebu, kita bisa segera berbuat dengan kondisi yang sangat leluasa, tanpa beban, belum menikah, belum punya anak, belum memiliki tanggungan macam-macam, dan yang paling penting tenaga dan kesehatan masih sangat prima. Gagal pun masih banyak backup nya, jadi lebih tenang untuk mencoba.

Jadi, sungguh sangat tidak rugi bekerja keras sejak masih muda. Banyak pengalaman yang bisa diraih, yang tentu akan berguna di masa yang akan datang.

Untuk apakah usia-20an Anda digunakan?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!