Uncategorized

Audit Kebiasaan Diri

Written by Arry Rahmawan

Saya adalah orang yang percaya dengan pepatah lama yang mengatakan, “Awalnya diri kita yang membentuk kebiasaan diri, lama-kelamaan kebiasaan diri itulah yang akan membentuk kita.” Seiring perjalanan waktu, memang telah saya buktikan bahwa kebiasaan – kebiasaan yang terbentuk di masa lalu ternyata mempengaruhi capaian yang saya peroleh saat ini.

Sebagai contoh, misalkan dulu saya membentuk kebiasaan menulis satu hari satu artikel untuk blog ini. Saya memulainya pada bulan Agustus 2012 dan setiap harinya mulai saat itu saya menulis satu artikel setiap pagi. Awalnya saya merasa sangat berat untuk memulai itu semua. Apalagi untuk tahap – tahap awal, rasanya saya sangat malas untuk bisa konsisten dalam menulis. Setelah lebih dari 40 hari saya melakukannya secara berturut – turut, sekarang menulis itu sudah menjadi kebiasaan dalam diri saya. Saya justru merasa kurang nyaman apabila di dalam hari-hari saya, saya tidak menulis.

Kebiasaan menulis ini pun kemudian tumbuh dan mulai membentuk diri saya sebagai seorang penulis. Awalnya sebagai seorang penulis amatir yang menulis ‘asal tabrak’ (yang penting menulis dulu, pikir kaidahnya nanti). Lama – kelamaan kebiasaan ini menuntun saya untuk bisa menjadi seorang penulis profesional. Saya banyak mendapatkan tawaran untuk menulis buku dari penerbit – penerbit besar, menuliskan artikel untuk media yang terkenal, dan masih banyak lagi peluang – peluang lainnya.

Ternyata, saya mulai dibentuk oleh kebiasaan saya!

Sayangnya, tidak semua kebiasaan yang kita miliki itu adalah kebiasaan yang baik dan memberdayakan. Tidak jarang juga, kebiasaan yang kita miliki justru membuat kita menjadi lebih payah dari sebelumnya. Sebagai contoh, teman saya dulunya adalah orang yang setelah shalat subuh dia tidak tidur lagi. Namun setelah pekerjaannya agak luang, dia tidur setelah shalat subuh dan hal ini diulang hingga berkali – kali. Ternyata, hal ini menjadi sebuah kebiasaan di mana dia merasa setelah shalat subuh pasti selalu mengantuk dan ingin tidur lagi. Kebiasaan seperti ini justru dapat membahayakan, begitu pula dengan kebiasaan – kebiasaan buruk lainnya.

Saya mempunyai tips untuk mengubah kebiasaan – kebiasaan kita, sehingga kita dapat menjadi produktif dari sebelumnya. Cara ini disebut dengan audit kebiasaan. Tekniknya mudah, kita tinggal mendaftar apa kebiasaan – kebiasaan rutin yang biasa kita lakukan setiap hari, kemudian mengganti kebiasaan yang buruk dengan kebiasaan yang baik. Sebagai contoh, silakan isikan titik – titik berikut ini dengan 3 kebiasaan rutin yang Anda lakukan setiap hari!

  • 3 Kebiasaan pada Pagi Hari: ………………………….
  • 3 Kebiasaan pada Siang Hari: ………………………..
  • 3 Kebiasaan pada Sore Hari: ………………………….
  • 3 Kebiasaan pada Malam Hari: ………………………

Coba cek kebiasaan – kebiasaan rutin harian yang Anda lakukan setiap hari, dan coba bandingkan dengan kebiasaan orang – orang sukses yang Anda tahu. Mengapa membandingkannya dengan orang sukses? Karena, salah satu teknik paling mudah mengikuti keberhasilan seseorang adalah dengan mengikuti kebiasaannya. Sehingga, jika Anda memutuskan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, maka Anda bisa memulai dengan membandingkan serta mengganti kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan yang biasa dilakukan oleh orang – orang berhasil.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat! Sampai jumpa di tulisan – tulisan berikutnya!

————————————————————————————————————-

Sudahkah Anda mendaftar event saya pada Sabtu (21/6) nanti, Ngobrol Bisnis (NgoBis) with Hypnosis? Saya akan sharing tentang bagaimana teknik belajar yang digunakan oleh orang berhasil yang membuat mereka mendapat keberuntungan dalam hidup mereka. Daftar: 085711592662 (SMS)

Oh iya, apakah Anda sudah punya buku Best-Seller tulisan saya, Studentpreneur Guidebook? Jika belum, Anda bisa membelinya di Toko Buku Gramedia terdekat! Kehabisan buku saya? Dapatkan cara yang lebih praktis dengan membeli e-Book nya langsung di Google Play!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda. Bidang yang ditekuninya saat ini adalah metode pemodelan dan simulasi sistem untuk pengambilan keputusan di bidang transportasi, khususnya transportasi laut.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmwan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!