Uncategorized

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding?

Written by Arry Rahmawan

Pernahkah kita berpikir, di tengah kerumunan orang yang semakin lama semakin banyak ini, seperti apakah diri kita diingat oleh orang lain? Hal apa yang terlintas di benak seseorang saat mendengar nama kita? Apakah itu sesuatu yang baik, atau justru sesuatu yang buruk? Apakah itu suatu hal yang memang kita harapkan, atau justru malah jauh dari hal yang kita inginkan?

Bayangkan betapa menarik saat seseorang mampu memposisikan dirinya berbeda dengan orang lain, dan itu tepat seperti apa yang dia inginkan. Ketika kita ingat dengan nama BJ Habibie, hampir semua orang teringat bahwa beliau adalah seorang ahli dirgantara Indonesia. Saat disebut nama Muhammad Ali, maka hampir tidak ada orang yang tidak tahu bahwa dia adalah seorang petinju paling luar biasa abad ini.

Itulah yang dinamakan Personal Branding.

It’s make ourself different with others.

Sebuah survey kecil saat saya bertanya kepada teman-teman ketika mendengar nama Arry Rahmawan, maka mereka akan teringat seorang trainer, penulis, dan coach di bidang pengembangan kewirausahaan. Benefitnya buat saya adalah pada saat seseorang ingin mengajak kerjasama dan memerlukan seseorang dengan profil seperti di atas, maka sayalah yang kemudian akan dikontak sehingga bukan lagi kita yang mengejar-ngejar peluang namun peluang lah yang akan mengejar-ngejar kita. Menarik bukan?

Personal Branding akan sangat membantu kita sebagai seorang business owner agar ‘didatangi’ oleh peluang-peluang bisnis. Setiap hari bertebaran orang-orang yang sedang mencari seseorang yang tepat. Personal Branding membantu Anda lebih mudah ditemukan di antara banyaknya kerumunan orang yang ada. Bahkan dari personal branding ini pula seringkali berujung pada kerjasama bisnis dengan perusahaan pelatihan saya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda saat ini? Apa personal branding yang sedang Anda tanamkan? Atau malah hingga saat ini Anda belum memikirkannya?

Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk membangun personal branding Anda, sehingga Anda akan dapat merasakan manfaatnya sama atau bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan apa yang saya dapatkan.

Personal Branding Statement

Sebelum lebih jauh membangun personal branding, maka disusun terlebih dahulu personal branding statement, atau seperti apa Anda ingin dicap atau dikenal. Kalau saya misalnya, “World Class Coach and Trainer in Entrepreneurship Development and Studies.” Saya ingin dikenal sebagai seorang coach dan trainer  kelas dunia di bidang kewirausahaan.

Bagaimana dengan Anda?

Konsep K – S – E

Untuk memperkuat personal branding sebenarnya bisa dilakukan dengan memperkuat hal di 3 hal yang saya sebut sebagai konsep KSE, yaitu knowledge, skill, and experience. Knowledge adalah sesuatu yang bersifat pengetahuan. Jika dalam konteks saya, maka knowledge yang harus saya kuasai adalah business strategy, entrepreneurship development, dan lain sebagainya.

Skill bersifat keterampilan teknis yang bisa dilihat secara nyata. Dalam konteks saya, berarti skill yang perlu ditumbuhkan adalah coaching, training, dan writing.

Experience adalah pengalaman-pengalaman profesional dari hasil penerapan knowledge dan skill tersebut. Seperti misalkan saya memberikan coaching atau training kepada client, menulis buku StudentpreneurGuidebook, dan lain sebagainya.

Meningkatkan kapasitas dari masing-masing K – S – E ini secara konsisten akan sangat mampu mendukung bagaimana Anda menciptakan personal branding.

Langkah – Langkah Praktis

Jika Anda sudah memiliki personal branding statement, mengidentifikasi K – S – E Anda, maka berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan untuk memperkuat personal branding Anda:

  • Membaca sesuatu yang berkaitan tentang K – S – E
  • Menulis sesuatu yang berkaitan dengan K – S – E
  • Sharing sesuatu yang beriakitan dengan K – S – E
  • Berbicara sesuatu yang berkaitan dengan K – S – E
  • Update profil Socmed beserta isinya yang berkaitan dengan K – S – E
  • Mengikuti event yang berkaitan dengan K – S – E
  • Berorganisasi dan Masuk Komunitas yang berkaitan dengan K – S – E
  • Bergaul dengan orang – orang yang memiliki kemiripan dengan K – S – E

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki cara-cara lain untuk membangun personal branding?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!