Uncategorized

#RoadToPWMN2014 : Bagaimana Membedakan Entrepreneur dengan Orang Biasa?

Written by Arry Rahmawan

Pesta Wirausaha Mahasiswa Nasional 2014

Saat ini di Indonesia sedang marak – maraknya apa yang namanya entrepreneurship. Ya, saya benar – benar merasakan bedanya saat saya memulai menjadi entrepreneur kurang lebih 5 tahun lalu dan saat ini. Atmosfernya sangat beda jauh. Jika dulu, kita sulit sekali mencari teman yang ingin jadi entrepreneur. Mencari jaringan dengan mengikuti seminar dan workshop bisnis mahalnya minta ampun (maklum, waktu itu masih mahasiswa). Sekarang? Wah kita bisa lihat entrepreneur bermunculan seperti jamur saat kondisi lembab, banyak sekali. Kemeriahan entrepreneurship ada di mana – mana. Semua orang ingin mulai memiliki usaha atau bisnis sendiri. Seminar dan workshop sudah sangat murah. Modal bisa dengan cepat dan mudah diakses. Kurang apa lagi coba?

Memang saya lihat saat ini semua orang semakin terfasilitasi untuk bisa menjadi seorang entrepreneur. Apalagi sekarang ini seringkali digembar – gemborkan dengan apa yang namanya MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Semua dipacu untuk menjadi pemenang di MEA.

Tahukah Kita Bagaimana Membedakan Entrepreneur dengan Orang Biasa?

Pertanyaan saya, apakah semua orang yang saat ini sedang atau mengaku dirinya sebagai seorang entrepreneur, bisa menjawab ‘apa itu entrepreneurship’? Bagaimana pula melihat seorang yang memiliki sikap entrepreneurship dengan orang yang biasa?

Banyak orang yang kemudian menjawab pertanyaan saya secara instan, mengatakan untuk membedakan seorang entrepreneur atau tidak maka lihatlah apakah dia memiliki sebuah bisnis atau usaha yang menopang hidupnya.

Jadi, seorang entrepreneur adalah mereka yang memiliki bisnis sendiri. Sementara mereka yang tidak punya bisnis dianggap ‘bukan entrepreneur. Setujukah Anda dengan hal ini?

Perlu 3 tahun bagi saya untuk menjawab pertanyaan tersebut dan pertanyaan saya terjawab tuntas saat mengikuti Pesta Wirausaha Nasional 2013 TDA lalu di JI Expo Kemayoran. Ada seorang narasumber yang begitu menginspirasi saya saat memberikan sebuah sesi inspirasi bisnis.

Walaupun menggunakan Bahasa Inggris, kira – kira beginilah artinya jika diterjemahkan:

Entrepreneur adalah mereka yang senantiasa berpikir dan bermental nilai tambah. Mereka selalu memikirkan value added atas sesuatu yang dipandang orang lain biasa saja. Inilah titik terpenting bagaimana melihat apakah seseorang itu entrepreneur atau bukan. Masalah dia memiliki bisnis atau tidak, entrepreneur lebih bersifat pola pikir dan pola mental.”

Deg! Dari situ saya mendapatkan sebuah pemahaman yang sangat fundamental tentang apa itu entrepreneurship. Pantas saja, selama ini saya seringkali merasa aneh jika ada orang yang mengaku menjadi seorang entrepreneur, namun tidak memiliki sikap ingin melayani. Katanya entrepreneur, tapi dia tidak memberikan apa yang dijanjikan dalam produknya. Katanya entrepreneur, tapi saat orang komplain menuntut hak yang dijanjikan malah kabur. Apakah entrepreneur seperti itu? Dia punya bisnis, tapi dengan karakter seperti itu saya rasa sulit bagi kita untuk mengatakan bahwa dia adalah seorang entrepreneur.

Menurut saya, justru entrepreneur adalah mereka yang senantiasa ingin terus memberikan nilai tambah dan kebermanfaatan. Melihat segala sesuatu yang dipandang orang sebagai sampah, namun dia melihat sebagai emas. Dia bersifat melayani, tidak sok tinggi. Sehingga, punya bisnis atau tidak, pasti orang yang memiliki sikap – sikap entrepreneur sejati ini akan mengalami kemajuan pesat dalam karir mereka.

Jika Anda berpikir bahwa entrepreneur hanyalah sekedar mencari uang dan memiliki bisnis, coba pikirkan ulang. Karena saya belajar, untuk menjadi entrepreneur yang terus bertahan dan berkembang, maka yang paling penting adalah pola pikir dan sikap mental yang bernilai tambah untuk menebarkan manfaat sebesar – besarnya dan seluas – luasnya.

Prinsip inilah yang masih saya gunakan sampai saat ini dan ternyata bedampak pesat bagi karir dan bisnis saya secara pribadi. Tidak salah jika dulu saya memutuskan ikut Pesta Wirausaha, dan saya yakin Anda akan mendapatkan jauh lebih banyak di Pesta Wirausaha Mahasiswa Nasional 2014. Yuk, sama – sama kita datang di #PWMN2014! Ajak temanmu dan kita ramaikan pesta wirausaha mahasiswa terbesar tahun ini!

Belum tahu #PWMN2014? Yuk tonton dulu teasernya berikut ini.

 

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Learning Innovator | Trainer | Writer
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0856-4087-9848)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0856-4087-9848) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda. Bidang yang ditekuninya saat ini adalah metode pemodelan dan simulasi sistem untuk pengambilan keputusan di bidang transportasi, khususnya transportasi laut.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmwan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!