Uncategorized

Bagaimana Membuat Super ToDo List di Tahun 2013 (Bagian 1)

SUPER to-do list? Benda macam apalagi itu? Apa bedanya dengan to-do list yang biasa? Bagaimana cara membuatnya? Langsung pertanyaan-pertanyaan itu yang masuk di mention Twitter saya saat melemparnya ke lini masa. Super to-do list ini adalah daftar apa yang harus kita lakukan, tetapi dibuat dengan cara yang berbeda biar melaksanakannya pun menyenangkan (ga monoton gitu loh). Super to-do list adalah daftar apa yang harus kita lakukan namun dibuat dengan “berbeda” agar pencapaiannya lebih mudah dan menantang. Super to-do list ini sebenarnya sudah lama saya terapkan, namun saya banyak belajar dari sharing Bu Diah Kartika dari TDA yang membat Super to-do list untuk melewati tahun 2013.

Di benak kita, yang namanya to-do list umumnya hanya sebuah daftar tentang apa-apa saja yang harus kita lakukan. Bisa untuk hari ini, pekan ini, bahkan bulan ini. Tapi, kelemahan to-do list yang ada sekarang adalah monoton. Bayangkan, setiap hari kita membuat daftar apa yang harus kita kerjakan. Males ga sih? Udah gitu bentuknya daftar-daftar gitu, kaku. Nah, kalau Anda adalah salah satu orang yang merasa seperti itu, mungkin bisa mencoba tips bagaimana membuat Super ToDo List ini.

Pertama, untuk membuat super to-do list ini cukup menyediakan waktu 60 menit saja. Kalau bisa, kita membuatnya di tempat-tempat inspiratif di mana bisa mengalirkan ide dengan lancar untuk kita. Ada teman saya yang mencobanya di masjid, ada teman saya yang mencobanya di pinggir pantai sambil melihat lautan, kalau saya sendiri mencobanya di ruang kerja saya yang memang saya buat sedemikian rupa biar terus mengalir inspirasi. Satu lagi, Super To-Do List ini sebenarnya bisa dikerjakan sendiri, tetapi saran saya kalau ada partner akan jadi jauh lebih baik.

Kedua, siapkan kertas, alat tulis (kalau ada spidol warna-warni lebih baik). Saya tidak menyarankan untuk membuat to-do list di layar digital karena berdasarkan pengalaman akan sangat membatasi kreativitas kita.

Ketiga, bersama partner, kalau ada, silakan memulai untuk saling membuat to-do list selama setahun ke depan (tahun 2013) tanpa berhenti. Buat sekreativitas mungkin, biarkan apapun mengalir dalam pikiran. Tidak harus dibuat berupa list, tetapi juga bisa dibuat berupa mindmap, tabel, grafik, diagram, atau apapun. Ingat, waktu Anda cuma 60 menit. Saya merekomendasikan mencoba seperti ini,

mind map example

Aspek yang berkaitan bisa ditulis terserah Anda, tetapi beberapa hal berikut semoga bisa membantu,

* Spiritual Goals
* Social Contribution
* Self Development
* Career
* Materials
* Pleasure
* Others ………………………. (tentukan sendiri)

Menggunakan mindmap ini juga bisa memecah to-do list berdasarkan waktunya. Misalkan pekan ini, bulan depan, atau 6 bulan yang akan datang. Itu terserah Anda. Silakan berkreativitas. Keuntungannya dengan membuat to-do list selama setahun adalah Anda tidak perlu repot membuat to-do list pokok Anda setiap harinya karena semua yang penting-penting sudah tercantum di situ. Saya menyebut sesi ini sebagai super brainstorming.

Yap, di bagian satu ini harapan saya Anda sudah bisa memiliki creative to-do list Anda. Tetapi ingat, tipsnya belum selesai sampai di sini. Nantikan tips selanjutnya di bagian kedua. Di bagian kedua nanti akan sama-sama kita bahas bagaimana cara untuk memperbesar peluang terwujudnya to-do list yang sudah Anda ciptakan.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!