High Performance Me

Bagaimana Membuat Super ToDo List Di Tahun 2013 (Bagian 2)

Setelah kita sama-sama sudah belajar tentang bagaimana membuat creative todo list pada artikel seri sebelumnya, maka pada pembahasan kedua kali ini, agar to-do list kita dapat berjalan dengan baik kita perlu merumuskan apa yang namanya Super Fear! Nah, kebayang kan pastinya apa itu super fear? Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa itu pastilah hal-hal yang kita takutkan.

Terus, bagaimana menggabungkan konsep super fear ini terhadap todo list yang telah kita buat sebelumnya? Eits, ternyata tidak hanya itu loh. Ada juga beberapa tips tambahan lain. Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Masih ingat kan bahwa untuk membuat super todo list ini kalau bisa berpartner? Kenapa? Karena dalam tahap ini, akan sangat berdampak jika kita melakukannya bersama partner kita. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut,

keempat (meneruskan dari tulisan sebelumnya), tulislah point of fear atau titik-titik ketakutan/penghalang yang membuat kita terhambat dalam meraih apa yang kita tuliskan sebelumnya. Tuliskan sebanyak-banyaknya apa yang menjadi penghalang kita. Bisa kondisi ekonomi, bisa kondisi pergaulan, tempat tinggal, atau bahkan diri kita sendiri. Seringkali todo list yang kita buat gagal karena kita tidak mencoba menemukan penghalang apa yang membuat kita malas mewujudkan todo list kita.

Kelima, berbagilah dengan partner yang sudah menemani kita daritadi, hehe… Cukup sediakan waktu 20-30 menit untuk masing-masing share apa yang menjadi todo list di tahun 2013 (sekaligus meminta masukan terhadap gambar yang sudah kita buat, hehe..) dan juga terkait dengan super fear. Berbagilah apa yang ingin Anda capai dan juga yang membuat Anda takut. Jadikan ini adalah rahasia jika memang tidak boleh disebarkan kepada yang lain karena terlalu privasi.

Keenam, merumuskan alternatif-alternatif solusi yang mungkin untuk mempermudah mencapai to-do list yang telah kita buat. Merumuskan alternatif solusi ini bisa sendiri-sendiri atau berdiskusi dengan partner sehingga solusi-solusi yang dihasilkan bisa lebih kreatif. Jika kita membahas brainstorming, kepala dua orang lebih baik daripada satu. Begitu pula kepala tiga orang lebih baik daripada hanya satu.

Ketujuh, selamat membuat prioritas. Silakan setelah todo list Anda jadi (yang panduannya bisa Anda baca di tulisan bagian pertama), kemudian Anda menuliskan super fear, jadilah kemudian menemukan berbagai macam solusi yang menjadi strategi untuk mempermudah mendapatkan apa yang kita tulis. Buatlah prioritas mana yang harus didahulukan. Minta saran kepada partner jika hal itu memungkinkan.

Kedelapan, tempel atau taruh super todo list tersebut di tempat-tempat yang biasa Anda lihat, bisa di kamar atau di meja belajar. Percantik lagi tampilannya, kalau perlu dibuat selebar mading (majalah dinding) atau dibingkai.

Kesembilan, lakukan kontrol secara rutin. Ini dia yang sepertinya merupakan tahap paling mudah tetapi juga menjadi tahap yang paling berat. Melakukan kontrol adalah setelah kegiatan membuat todo list ini selesai, maka kita melakukan kontrol rutin dengan mengadakan pertemuan (minimal) sebulan sekali untuk mengecek progress masing-masing. Kenapa kita suka malas mengerjakan todo list kita? Karena tidak ada yang memaksa. Harapannya dengan melakukan pengecekan progress, dapat menjadi motivasi positif dan saling membangun di saat ada yang sedang jatuh.

Oke, itulah teknik sederhana bagaimana membuat super todo list untuk tahun 2013 kamu. Semoga bermanfaat ya. Teknik ini sudah teruji lho dan dapat meningkatkan pencapaian hingga beberapa puluh persen. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah mencobanya? Mungkin bisa share tentang pengalaman Anda dalam membuat todo list? Pasti pembaca yang lain juga ingin melihat dari sudut pandang Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!