Uncategorized

Bagaimana Membuat Tulisan yang Baik

Banyak sekali orang yang ingin bisa menghasilkan tulisan yang baik. Tulisan yang baik termasuk tulisan yang mudah dipahami, tulisan yang mengalir, enak dicerna, dan tentu saja dapat dipertanggungjawabkan isi dan kebenarannya. Bahkan, tulisan yang baik seringkali juga mampu membawa emosi para pembacanya sehingga benar-benar menghayati saat membaca tulisan tersebut.

Lantas, bagaimana ya agar kita bisa membuat tulisan yang baik itu? Apa yang bisa kita perbuat? Darimana kita belajarnya? Seperti apa trik dan cara-cara agar tulisan kita bisa masuk ke dalam tulisan yang baik? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Berlatih Menulis Secara Konsisten

Saya biasa melatih kemampuan menulis dengan cara membiasakan menulis di blog ini…. setiap hari! Ternyata dampaknya sangat luar biasa dalam mengembangan kemampuan menulis kita. Untuk tahap-tahap awal, tulislah semua yang memang ada di pikiran kita. Biarkan semuanya mengalir, tidak perlu khawatir takut salah atau tulisan jelek. Teruuuuusss tulis sampai selesai. Baru ketika selesai kemudian dicek segala isi dan muatannya. Inilah saat yang tepat kemudian untuk melakukan editing. Semakin banyak kita membiasakan diri menulis, maka semakin sulit kita untuk menulis sesuatu dengan jelek. Coba deh.. 🙂

Membaca Buku-Buku Best Seller

Tulisan terbaik dihasilkan dari referensi-referensi buku yang terbaik. Saya biasa mampir ke bagian best seller di toko-toko buku seperti Gramedia, Kharisma, Periplus, atau Books & Beyond untuk mengetahui daftar buku-buku terbaik dan biasanya saya membelinya. Saya juga biasa mengecek daftar bacaan terbaik di Amazon Bookstore, dan di sana saya bisa mempelajari bagaimana buku terbaik itu bisa terbentuk. Umumnya untuk menghasilkan tulisan terbaik, kita perlu untuk menganalisa kelebihan-kelebihan tulisan terbaik juga. Di mana titik kekuatannya, dan di mana titik kelemahannya. Membiasakan membaca buku terbaik, akan menghasilkan tulisan yang terbaik juga baik secara sadar maupun tidak sadar.

Belajar dari Best Author

Selai belajar dari buku-buku best seller, saya juga umumnya belajar dari para Best Author. Best Author adalah pengarang di mana salah satu bukunya pernah menjadi yang terbaik, mendapatkan penghargaan, atau outstanding appreciation. Biasanya, setiap penulis memiliki gaya penulisannya sendiri yang bisa kita contoh, mulai dari cara memainkan bahasanya hingga struktur kalimatnya.

Ketiga cara di atas bukan berarti kita akan benar-benar meniru dari yang terbaik sehingga kita kehilangan ciri khas penulisan kita sendiri. Namun dari pengalaman saya, saat kita terus-menerus menulis, walaupun nanti akan banyak dipengaruhi oleh gaya bahasa penulis lain, suatu saat kita akan menemukan gaya bahasa kita sendiri.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips terkait bagaimana membuat tulisan yang baik? Berkenankah Anda untu share dengan saya?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar