Problem Solving and Decision Making

Bagaimana Menemukan Ide Bisnis yang Tepat

“Kak, saya ingin memulai sebuah bisnis namun bagaimana caranya agar dapat menemukan ide bisnis yang tepat?”

Pertanyaan seperti di atas kurang lebih adalah salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh peserta seminar atau yang masuk ke dalam email saya. Menemukan ide bisnis yang tepat untuk dikembangkan memang merupakan salah satu hal yang krusial untuk ditemukan. Tentu kita tidak mau dong, setelah 1-2 tahun bisnis berjalan kemudian kita tutup usaha dan mengulangi kembali dari awal hanya karena salah memilih bidang bisnisnya.

Banyak orang memilih bidang bisnis hanya karena masalah trend, di mana banyak peluang di situ langsung bikin bisnis. Di mana ada peluang di tempat lain, langsung buka lagi. Hal ini tidak salah, namun jika kita membicarakan sustainability atau keberlangsungan biasanya umurnya pendek dan tidak bisa bertahan lama.

Berikut ini akan saya bocorkan salah satu formula rahasia bagaimana menyaring ide yang sekian banyak menjadi ide bisnis untuk difokuskan. Formula ini akan membantu kamu untuk meminimalisasi kegagalan dan meningkatkan peluang keberhasilan. Check it.

Magic Formula to Find Great Business Ideas

Berdasarkan pengalaman saya pribadi yang sudah berulang kali berganti bidang bisnis hingga mempertahankan bidang bisnis yang sekarang, juga dengan melakukan berbagai macam pengamatan serta wawancara dengan berbagai macam pengusaha yang memang masih bertahan hingga saat ini dihasilkan sebuah formula ajaib untuk memilih sebuah ide bisnis. Formula tersebut adalah ini,

Setelah melihat magic formula di atas saya percaya bahwa Anda sudah memiliki gambaran bagaimana menemukan ide bisnis yang tepat. Ini terdiri dari 3 elemen sederhana: passion, skill, dan usefulness.

Passion, merupakan sebuah bidang di mana Anda senang, enjoy, atau suka mengerjakannya.

Skill, merupakan sebuah bidang di mana Anda memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman di atas rata-rata dari orang lainnya.

Usefulness, di mana passion dan skill yang Anda miliki dapat menghasilkan produk atau jasa yang dibutuhkan orang serta orang mau membelinya dari Anda.

Jadi, apa bisnis yang ingin Anda kembangkan? Silakan berbagi kisah Anda melalui kotak komentar di bawah.

Jika Anda merasa bahwa tulisan di atas bermanfaat, maka jangan sungkan untuk mengungkap semua rahasia membuka bisnis sejak masih muda dalam buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar