Uncategorized

Bagaimana Mengatasi Rasa Malas Menulis?

Written by Arry Rahmawan

Alhamdulillah, pada tanggal 1 Maret 2015 nanti, buku ke – 8 saya akan segera dilaunching. Setelah sebelumnya buku saya yang berjudul Studentpreneur Guidebook menembus titel best-seller dan saat ini dijual dalam bentuk ebook, sekarang saya berkolaborasi bersama alumni dari Young Trainer Academy untuk menghasilkan sebuah buku yang berkualitas (insyaAllah).

Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana saya bisa konsisten menjadi seorang blogger sejak tahun 2007 hingga sekarang. Bahkan, saya bisa menelurkan berbagai macam judul buku hingga sekarang terbit buku saya yang ke – 8.

“Kok bisa ya saya tidak malas untuk menulis?”

Jujur, dulu itu saya malas banget yang namanya menulis. Sampai akhirnya saya ‘memaksa’ dan mendisiplinkan diri saya untuk menulis hingga akhirnya saya punya kebiasaan menulis. Yah, namanya habit, kalau tidak dilakukan malah jadi aneh rasanya.

Saya sudah beberapa kali menulis di blog ini tentang tips – tips menulis. Beberapa ada yang sifatnya motivasi, beberapa lainnya ada yang sifatnya praktis dan teknis. Berikut ini adalah tulisan – tulisan terbaik saya tentang menulis:

Apakah tulisan tersebut berhasil menggugahmu untuk mulai segera menulis? Atau, jangan – jangan masih malas juga? hehe…

Memang saya akui, dulu saya tidak selancar ini dalam menulis. Dulu, untuk menulis beberapa kalimat saja saya perlu waktu selama berjam – jam. Hingga akhirnya dalam menulis itu pun saya menjadi jenuh dan malas. Namun, ada suatu hal yang mendorong saya sehingga kemalasan menulis saya hilang.

Apakah itu?

Mengingat bahwa waktu saya di dunia ini terbatas. Ya, detik demi detik kehidupan kita terus berjalan tanpa bisa kembali lagi. Menulis, bisa menjadi salah satu karya yang terus bisa dinikmati banyak orang walaupun kita sudah tiada. Inilah yang menyemangati saya dalam menulis, karena dengan menulis saya merasa memperpanjang usia saya dan memberikan dampak bagi dunia kelak walaupun saya sudah tiada.

Saat saya menyadari bahwa jatah detik demi detik hidup saya berkurang, di saat itulah saya semakin ingin menulis. Menurut saya, menulis adalah salah satu cara saya untuk mempersiapkan diri ketika nanti dipanggil pulang ke hadapan Ilahi. Saat Tuhan mengatakan, “mengapa kamu layak mendapatkan surgaKu?”. Saya akan menjawab, “Aku sudah berjuang sekuat tenaga untuk meninggalkan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Masukkanlah aku ke dalam surga dengan rahmatMu.”

Semoga bermanfaat dan bisa semakin rajin menulis ya!

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Passionpreneur | Trainer | Author
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0856-4087-9848)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak CerdasMulia Institute (0856-4087-9848) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!