Uncategorized

Bagaimana Mengukur Kebebasan Finansial Anda

Jutaan orang berharap bisa hidup dengan kebebasan finansial. Ya, kebebasan finansial adalah hal yang tentu diidamkan oleh semua orang. Bebas secara finansial dapat diartikan seumur hidup kita, kita tidak perlu khawatir dan susah payah untuk menghasilkan uang karena kita sudah mendapatkan kepastian bahwa segala sesuatunya sudah terpenuhi. Enak bukan?

Tetapi dalam setiap sesi seminar yang saya bawakan, seringkali banyak dari mereka yang bingung bagaimana mengukur apakah mereka sudah merdeka secara finansial atau belum. Mereka memiliki bisnis, namun seringkali justru mereka merasa diperbudak oleh bisnis mereka sendiri. Mungkin, artikel ini juga akan menjawab pertanyaan Anda. Bisa jadi, selama ini Anda sudah berpikir bahwa diri Anda bebas secara finansial, namun ternyata setelah diukur belum tercapai. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana mengukur kebebasan finansial Anda, silakan baca tulisan ini lebih lanjut.

Mengukur derajat kebebasan finansial Anda sebenarnya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mengetahui 3 hal untuk menghitung apakah Anda sudah bebas secara finansial atau belum,

1. Aset Lancar, yaitu segala aset yang Anda miliki dalam bentuk uang yang bisa dibelanjakan atau aset pendek yang bisa diuangkan dalam jangka waktu satu bulan. Mobil dan rumah tidak termasuk dalam kategori ini karena dua hal tersebut (menurut saya) termasuk asek tetap.

2. Pengeluaran bulanan, yaitu segala uang yang Anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan Anda setiap bulannya. Termasuk makan-minum, menyekolahkan anak-anak jika sudah berkeluarga, intinya adalah pengeluaran yang membuat Anda dan keluarga bisa hidup berkecukupan di bulan tersebut.

3. Pendapatan pasif, adalah pendapatan yang Anda hasilkan tanpa harus bekerja langsung di dalamnya. Pendapatan pasif ini dalam bentuknya yang paling sederhana bisa berupa dividen, laba bisnis, atau royalti.

Baik, setelah Anda mengetahui 3 hal tersebut, maka inilah cara mengukur kebebasan finansial Anda,

Jumlah Kekayaan =
Aset Lancar / (Pengeluaran bulanan – Pendapatan Pasif)

Jadi, percuma jika Anda saat ini memiliki aset lancar banyak, namun pengeluaran Anda juga gila-gilaan dan tidak memiliki sumber pendapatan pasif. Dari formula ini, saya rasa Anda sudah bisa menebak bagaimana meraih jumlah kekayaan tidak terbatas: pastikan pendapatan pasif Anda lebih besar dari pengeluaran bulanan Anda. Selamat, Anda sudah bisa meraih kebebasan finansial. Pendapatan pasif tersebut nilainya adalah kurang dari sama dengan pengeluaran bulanan. Jadi jika di bagian penyebut sudah nol, maka kebebasan finansial itu sudah bisa Anda capai.

Tulisan ini saya persembahkan khusus untuk pembaca tulisan saya di media massa yang bertanya bagaimana mengukur kebebasan finansial dan bagaimana mencapainya. Jadi, pastikan jika saat ini Anda sedang berjuang membangun bisnis, buatlah sebuah bisnis yang pada akhirnya bisa berjalan dengan sistem otomatis dan terus memberikan pendapatan pasif bagi Anda, jangan hanya terpaku untuk terus mengerjakan semuanya sendiri.

Bagaimana menurut Anda? Setujukah Anda dengan cara mengukur kebebasan finansial di atas? Jika Anda hitung, berapa jumlah total kekayaan yang Anda miliki saat ini? Silakan share pada kotak komentar di bawah untuk memulai diskusi.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar