Uncategorized

Belajar dari Anak Kecil

Kemarin saya baru saja bertandang ke sekretariat TDA Kampus untuk pertama kalinya. Sekretariat itu ternyata bagus sekali. Luas dan lokasinya strategis. Hanya saja, di lokasi itu (karena strategis mungkin) seringkali banyak yang namanya pengamen waria dan anak-anak kecil yang meminta-minta uang.

Saya seringkali melihat anak-anak kecil yang meminta-minta uang dari satu ruko ke ruko yang lain (karena sekretariat itu berada di kawasan ruko). Ada beberapa hal yang saya perhatikan. Hidup mereka susah, baju mereka compang-camping, kulit mereka kusam, mereka di bawah usia 5 tahun, tetapi mereka tetap tersenyum dan tertawa.

Sudah menjadi kebiasaan saya saat mereka sedang meminta-minta biasanya saya ajak ngobrol dulu. Mereka pun, anak-anak itu tidak menyerah seandainya saya pura-pura tidak jadi memberi. Mulai dari memasang tampang melas, menarik-narik baju, bahkan mungkin ada yang menangis bikin tidak tega. 🙂

Saya jadi ingat bahwa pernah ada mentor saya yang mengatakan ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa anak usia 5 tahun ke bawah tertawa 300 kali/hari. Sementara orang-orang dewasa tertawa 3 kali/hari. Kurang setuju? Silakan hitung berapa kali kita tertawa dalam sehari dan bandingkan dengan anak kecil itu!

Walaupun mereka anak kecil, tetapi ada beberapa hal yang bisa kita ambil dan justru mungkin hal-hal ini juga pernah kita lakukan sewaktu kecil tetapi kita lupa.

Coba perhatikan bahwa anak-anak kecil itu selalu Antusias dalam Hidup mereka…..

Coba perhatikan bahwa anak-anak kecil itu menganggap semua mimpi adalah mungkin….

Coba perhatikan apapun yang terjadi anak-anak kecil tetap ceria dan tertawa…

Coba perhatikan bahwa anak-anak kecil itu sangat imajinatif dan kreatif dalam berpikir…

Coba perhatikan bahwa anak-anak kecil itu sederhana, apa adanya, tidak rumit.

Coba perhatikan bahwa anak-anak kecil berkeras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan…

Dan masih banyak sikap-sikap mendasar lain yang terdapat dalam diri anak kecil yang bisa diadaptasi dalam hidup kita. Jika kita memang bisa mengambil hikmah dan mencontoh anak kecil agar kehidupan kita menjadi lebih baik, kenapa tidak? Jangan kalah sama anak kecil, pembelajar sejati adalah mereka yang selalu ingin tahu apa yang mereka tidak ketahui dengan mengambil ilmu dari mana pun selama itu baik.

Salam CerdasMulia!

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Silakan Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

1 Comment

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: