Uncategorized

Belajar Membentuk Hidup Seimbang

Membentuk hidup seimbang memang memerlukan tantangan tersendiri. Berbagai macam aktivitas yang ada seringkali membuat kita merasa kekurangan waktu untuk bisa hidup dengan seimbang. Dulu, pada waktu awal menjadi seorang trainer saya justru lupa untuk fokus menjaga kesehatan fisik yang akhirnya fisik jadi ringkih dan mudah sakit. Waktu itu yang dipikirkan hanyalah bagaimana memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan justru malah menjadi lupa untuk berolahraga. Namun untunglah sekarang sudah jauh lebih baik.

Setidaknya ada 6 aktivitas (paling sedikit) yang perlu kita lakukan agar hidup kita menjadi seimbang. Aktivitas tersebut antara lain adalah,

  1. Aktivitas Spiritual: Aktivitas pencarian makna hidup dan mendekatkan diri dengan sang Pencipta, seperti mengaji, berdoa, beribadah secara khusus, dan lain sebagainya.
  2. Aktivitas Intelektual: Aktivitas untuk meningkatkan kapasitas berpikir, menganalisis, dan bertindak. Seperti belajar untuk meningkatkan expertise (apa expertise Anda?), membaca buku, ikut kursus atau kuliah, belajar ilmu bisnis, menciptakan karya, dan lain sebagainya.
  3. Aktivitas Sosial: Aktivitas untuk meningkatkan rasa kebersamaan hidup dengan lingkunan dan orang lain, seperti berorganisasi, bergaul, mengikuti aktivitas networking, menghadiri undangan atau acara tertentu dan beramal (menolong orang lain)
  4. Aktivitas Fisik: adalah aktivitas untuk meningkatkan kesehatan, daya tahan, dan produktivitas tubuh, seperti berolahraga, makan-makanan yang sehat, minum multivitamin, dan lain sebagainya.
  5. Aktivitas Keluarga: adalah aktivitas untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, seperti silaturahim, berlibur bersama, bercengkrama, dan sebagainya.
  6. Aktivitas Keuangan: adalah aktivitas untuk menyehatkan kondisi keuangan Anda, seperti berbisnis atau bekerja.

Nah, keenam aktivitas ini adalah seminimal-minimalnya aktivitas agar kita bisa hidup seimbang. Saya sendiri sampai saat ini masih terus berjuang agar keseimbangan hidup bisa tercapai. Semoga tulisan ini bermanfaat sambil menemani Anda menunggu waktu berbuka puasa. ūüôā

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar