Uncategorized

Belajar Menggunakan Ilmu Klakson

Saya terinspirasi sekali dengan sebuah kultwit dari mas @indrawannugroho mengenai #ilmuklakson yang beliau share beberapa saat yang lalu. Apa yang ada dipikiran Anda saat mendengarkan kata “klakson” ? Yap, tidak jauh jawabannya dari nyaring, memekakkan telinga, dan semacam itu.

Ajaran Ilmu Klakson yang di share mas Indra ini cukup menggeser paradigma yang ada di masyarakat kita sekarang. “Pakaliah ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk” ternyata tidak tepat dipakai di setiap keadaan. Loh? Bukannya itu adalah sebuah peribahasa bijak? Apa yang terkandung dalam ilmu klakson ini?

Ilmu Klakson Berarti Anda Berani Tampil!

Ya, itulah yang diajarkan dari ilmu klakson. Layaknya seperti klakson, maka Anda harus berani tampil di hadapan umum dan berani untuk “menjual diri” Anda. Menjual keahlian Anda, menjual ketrampilan Anda kepada yang membutuhkan.

Seringkali kita menemukan orang-orang yang hebat, luar biasa, expert, di Indonesia namun mereka tidak pandai menjual diri mereka sehingga orang-orang tidak tahu bahwa mereka memiliki keahlian itu. Padahal orang lain membutuhkan mereka. Jadilah akhirnya masuk orang-orang dengan kemampuan setengah-setengah, namun mahir menjual dirinya sehingga dia yang mendapatkan tempat dari orang lain.

Semakin berisi dan semakin merunduk, itulah ilmu padi. Semakin Anda cerdas, pintar, dan luar biasa, semakin Anda menyadari bahwa masih banyak yang Anda ketahui. Jadi, buat apa kita sombong? Inilah ilmu yang perlu saat kita bermasyarakat dengan keilmuan tinggi yang kita miliki.

Tetapi perhatikan ini, orang perlu tahu apa keahlian Anda. Orang perlu tahu apa perbedaan Anda dengan yang lainnya. Orang perlu tahu expertise Anda. Orang lain saat ini sedang mencari orang seperti Anda untuk diajak kerjasama. Tetapi, ke mana Anda? Di sinilah berperan ilmu klakson. Ilmu padi dan ilmu klakson, berjalan dalam satu harmoni. 🙂 Rendah hati, bukan berarti rendah diri untuk “menjual diri” Anda. Gunakan juga social media yang bisa digunakan sebagai “klakson” Anda.

Pastikan Anda Memiliki Kapasitas Mumpuni Sebelum Menggunakan Ilmu Klakson

Ada satu catatan menurut saya yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ilmu klakson, yaitu memastikan bahwa memang Anda adalah orang yang capable, layak, dan expert di bidang yang Anda ‘teriakkan’ kepada orang lain lewat klakson Anda.

Saya pernah merasa ‘tertipu’ terhadap seorang yang mengaku sebagai Pakar Search Enginer Optimization yang klaksonnya ada di mana-mana namun saat saya mencoba belajar darinya, bahkan dia tidak tahu saat saya sebutkan Algoritma Google Panda, Penguin, Pagerank, dan AuthorRank untuk menjelasakannya secara komprehensif!

Kalau bisa saya simpulkan, ilmu klakson sebenarnya adalah ilmu Personal Branding and Marketing. Bagaimana Anda melakukan branding kepada diri sendiri, menjadi pembeda dari kebanyakan orang, dan menjualnya kepada orang lain. Namun jika suatu saat ada orang lain yang berekspektasi lebih kepada Anda kemudian tidak bisa dipenuhi, maka Anda harus siap-siap menerima untuk tidak dipercaya oleh orang lain. Maka dalam menerapkan ilmu klakson pun kita harus pintar untuk “mengatur volumenya” agar tidak terlalu show-off, tetapi juga tidak terlalu pelan suaranya.

Ilmu padi dan ilmu klakson, bagaimana pendapat Anda?

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!