Uncategorized

Benarkah Menjadi Seorang Pengusaha Tidak Perlu Sekolah yang Tinggi?

Young Entrepreneur

Kesibukan saya saat ini selain mengurus dua perusahaan, juga sebagai mahasiswa pascasarajana Universitas Indonesia. Banyak yang sering bertanya, “Mas Arry, ngapain sih kuliah lagi? Bukannya menjadi seorang pengusaha itu tidak perlu sekolah tinggi-tinggi? Sudah banyak sekali contohnya lho mas. Apalagi mas Arry kan sudah bisa menghasilkan uang.”

Baik saat saya sedang mengisi seminar atau workshop juga sering ditanya seperti itu. Hingga saya kemudian ‘curhat habis’ bahwa yang namanya pendidikan tinggi itu penting bagi seorang pengusaha di buku terbaru saya, #StudentpreneurGuidebook. Lantas, mengapa banyak sekali pengusaha sukses yang bukan berasal dari orang berpendidikan tinggi? Berikut ini opini saya.

Sejatinya dalam hidup ini, jika dilihat dari sudut pandang pendidikan maka akan ada dua kutub ekstrim yaitu orang-orang pintar dan orang-orang bodoh. Dari sini, Anda bisa melihat mana orang yang lebih bijak dalam menangani masalah, lebih kritis, lebih kreatif, atau lebih berorientasi solusi. Benar, merekalah orang-orang pintar.

Namun tentunya jika kita lihat ada lho orang-orang pintar yang menjadi bodoh, dan ada orang-orang bodoh yang bisa menjadi pintar. bagaimana bisa? Tentu bisa, saat orang-orang pintar itu berhenti belajar saat dia sudah lulus dan mendapat gelar. Sementara orang-orang bodoh yang tidak mengenyam pendidikan tinggi itu terus-menerus belajar setiap hari, everyday, tanpa henti.

Jadi, benang merahnya adalah kesuksesan seseorang itu bukan ditentukan dari sekolahnya, namun dari pola belajar yang terus-menerus tiada henti. Jadi, jika misalkan ada seseorang yang bilang kepada saya sekolah tidak penting bagi seorang pengusaha, justru sekolah menjadi penting karena dengan sekolah niat kita benar-benar datang untuk belajar. Jika kita tidak sekolah, tidak ada hari di mana kita dipaksa untuk belajar. Sementara persaingan yang sudah sedemikian ketat ini membuat pengusaha setidaknya perlu dua hal untuk dimiliki: Well educated dan action oriented. Bukan masanya lagi orang menjadi pengusaha dengan bermodal aksi-aksi nekat penuh keberanian dan lain sebagainya, tetapi juga harus diiringi dengan jiwa serta pikiran yang terdidik agar lebih tepat dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Selain itu, sekolah setinggi-tingginya bukan hanya membuat kita menjadi seorang terpelajar yang terus ingin belajar, tetapi juga memberikan jaringan lebih banyak pula. Banyak sekali cerita bisnis saya bisa berjalan lancar dan memiliki akselerasi yang luar biasa karena saya termasuk ikatan alumni dan menjadi bagian dari orang terpelajar. Tugas kita selanjutnya adalah, terus-menerus belajar karena sesungguhnya mereka yang sukses adalah mereka yang menjadi seorang pembelajar tiada henti.

Jadi, jika memang Anda malas menjadi seorang pembelajar – tidak perlu mencar

Bagaimana menurut Anda?

Jika Anda merasa bahwa tulisan di atas bermanfaat, maka jangan sungkan untuk mengungkap semua rahasia membuka bisnis sejak masih muda dalam buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!