Uncategorized

Berapa Sedekah Terbesar Anda?

Tulisan ini bukan untuk pamer-pamer amalan, namun lebih ke arah untuk menginspirasi pembaca agar melakukan kebaikan yang bisa didapat di dalamnya. Pernahkah kita berpikir berapa uang yang kita habiskan untuk nonton film di bioskop? Pernahkah kita menghitung berapa uang yang sudah kita habiskan untuk belanja di mall? Pernahkah kita berpikir untuk menghitung berapa uang yang sudah habis digelontorkan untuk biaya kita liburan dan bersenang-senang?

Pertanyaan terakhir, berapa nominal terbesar sekali transaksi yang pernah Anda keluarkan untuk sedekah? Besarkah perbedaannya dibandingkan dengan apa yang kita belanjakan untuk keperluan kita sehari-hari?

Indonesia ini boleh jadi memiliki banyak orang kaya dan berkecukupan. Tetapi, Anda boleh survey nominal uang berapa yang paling banyak ada di kotak-kotak amal masjid. Saya yakin bukan nominal yang tertinggi. Justru malah mayoritas berada di nominal paling rendah.

Kita boleh jadi sangat yakin bahwa dengan bekerjalah kita bisa mendapatkan uang. Kita boleh jadi lebih percaya kepada manusia yang menjamin rezeki kita dibandingkan dengan Tuhan kita sendiri. Kita lebih percaya sedekah justru mengurangi harta yang kita miliki. Siapa yang mempercayai ayat berikut ini?

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkan itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Rabb Mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaaan si penerima). Dan Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (QS. Al-Baqarah: 261-263)

Saya punya sebuah kisah nyata yang saya alami sendiri. Dulu, sewaktu awal-awal mendirikan CerdasMulia Leadership and Training Center, saya memerlukan modal awal sekitar delapan juta rupiah. Waktu itu saya hanya memiliki sedikit uang dan bahkan untuk makan pun saya harus irit. Saya mencoba untuk mengamalkan surat Al-Baqarah tersebut, yaitu memasukkan Rp10.000 per hari di kotak amal masjid komplek rumah saya sambil berdoa semoga Allah menggelontorkan saya peralatan yang saya perlukan sebagai modal awal.

Percaya tidak percaya, keajaiban pun mulai datang. Tawaran-tawaran mengisi pelatihan meningkat. Yang lebih luar biasa lagi adalah ternyata saya mendapatkan dana hibah sebesar Rp20.000.000 di minggu berikutnya. Benar-benar balasan yang sangat cepat sekali.

Semenjak itu saya menjadi yakin bahwa jika kita ingin mendapatkan uang yang banyak, maka nafkahkanlah di jalan Allah dengan lebih banyak. Apabila dalam tuntunan diperintahkan 2,5%, bagaimana jika kemudian dinaikkan 10% dari pendapatan yang kita miliki saat ini? Bukankah itu justru malah semakin membuat rezeki kita berlimpah?

Jadi, berapa besar nominal yang pernah Anda sedekahkan bagi orang-orang yang memerlukan?

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!