Uncategorized

Berita Positif : Berita Negatif = ?

Catatan Kepala: Pernahkah Anda menghitung berapa jumlah perbandingan berita positif dan negatif yang ditayangkan stasiun TV di Indonesia? Rata-rata adalah 1 : 11. 1 Untuk berita positif, 11 untuk berita negatif.

Apa yang disuguhkan pada kita saat kita melihat tayangan berita-berita di televisi? Berita-berita yang diberikan pun tidak pernah jauh-jauh dari yang namanya korupsi, pembunuhan, penculikan, kasus suap menyuap, kecelakaan, dan berita negatif lainnya. Perbandingannya: 1 : 11 !

Sahabat CerdasMulia, apakah memang Indonesia ini sudah kehabisan hal positif untuk diberitakan? Bukan apa-apa, tetapi justru saya melihat di sekeliling sebenarnya Indonesia ini banyak sekali hal positif yang masih bisa diberitakan.

Contoh yang paling sederhana adalah, betapa banyaknya siswa/i cerdas di Indonesia yang memenangkan olimpiade internasional mengalahkan negara-negara adidaya. Kedua, setiap tahun ada banyak sekali gagasan-gagasan brilian yang dikemukakan oleh mahasiswa di Indonesia melalu program kreativitas Indonesia. Ketiga, banyak sekali pelaku-pelaku UKM Indonesia yang menebar kebaikan dan menolong sekitarnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Orang bilang, media itu dikontrol oleh orang-orang politik. Jadi, beritanya pun sudah diatur.

Tentu saja ‘ketimpangan’ asupan informasi ini akan mencuci otak bangsa Indonesia itu sendiri. Seperti tidak lagi adanya harapan bahwa Indonesia bisa bangkit. Indonesia adalah negeri yang penuh dengan orang-orang jahat, yang akhirnya membentuk prasangka berlebihan kepada orang-orang. Bahkan membuat orang ‘takut’ untuk makan hingga naik alat transportasi umum. Jadilah mental bangsa ini selalu dirundung rasa takut, pesimistis, dan tidak berani untuk maju.

Padahal jika misalkan asupan informasinya seimbang, atau lebih cenderung ke berita positif bobotnya, maka orang pun akan memandang bahwa Indonesia ini banyak peluang untuk peningkatan dan perbaikan, lho. Indonesia ini masih memiliki beragam potensi yang belum didayagunakan, Indonesia ini memiliki potensi yang sebenarnya lebih dari cukup dibandingkan negara manapun di dunia untuk menjadi negara adidaya. Jadilah warganya pun bermental positif dan optimis.

Tetapi saya yakin, suatu saat nanti Indonesia bisa terus menerus memberitakan hal-hal terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Terbayang semua stasiun TV swasta kelak akan memberitakan mengenai hal-hal positif dan baik untuk Indonesia. Selama masih ada hal yang baik dan positif, maka hal itulah yang terutama di eksplorasi. Berita yang negatif memang penting untuk membuat kita waspada, tetapi ya jangan sampai membuat seolah bangsa ini adalah bangsa yang selalu dirundung masalah tanpa akhir dan menjadikan tindakan tidak baik sebagai budayanya sendiri.

Jadi, sudah tahu bukan bahwa (setidaknya saat ini) lebih banyak hal negatif yang diberitakan dibandingkan dengan hal positifnya? Saya masih bisa menemukan lebih banyak hal positif di koran, majalah, atau surat kabar lainnya. Tentu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan ‘menyeimbangkan’ asupan informasi itu agar kita juga terlatih untuk berpikir lebih baik dan optimis.

Coba deh Anda hitung berapa berita positif : berita negatif, berapa angka yang Anda temukan? Silakan langsung berikan pendapat Anda pada kotak komentar di bawah. Hehe.. Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! ūüôā

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

24 Comments

  • Kabar gembira, KPI akan menayangkan kembali program unggulan SCTV. Yaitu INBOX: Barometer Musik Indonesia. Program musik favorit unggulan SCTV ini akan balik lagi dengan format baru. Bersama host: Raffi Ahmad, Edric Tjandra, Nirina Zubir, Ruben Onsu, dan Haruka Nakagawa. Tidak cuma itu, INBOX versi terbaru akan kembali menampilkan INBOX Chart (deretan lagu dari posisi 20 s/d 1), Dubbox, INBOX Dance Competition, dan Games-Games seru lainnya! Jangan lewatkan “New INBOX”, mulai 4 Februari. Hadir setiap hari pkl. 07:00 WIB, Hanya di SCTV Satu Untuk Semua! #nginbox #inboxisback #newinbox

  • February ini, ada 2 “Super Anime” baru di RTV! Ada Kapten Tsubasa: Road to Dream 2002, dan Samurai X. Nantikan kemunculan mereka SEGERA!!! Hanya di RTV Mkin Cakep! #adakaptentsubasadirtv #adasamuraixdirtv

    • Spacetoon Nasional akan menggunakan konsep serupa dengan Spacetoon Indonesia. Beberapa planet-planet yang satu ini, pasti sudah hapal, dong! Yakni: Planet Zumoroda, Planet Bonbon, Planet Aksi, Planet Petualang, Planet Sejarah, Planet Sains, Planet Komedi, dan Planet Film. Selain itu, beberapa anime dan kartun favorit kalian akan kami putarkan. Yaitu: PrettyCure, Slam Dunk, PrettyCure: MAX HEART, Sailormoon, Max & Ruby, Daigunder, Code Lyoko, Dragon Force, Scooby-Doo!, Kaiketsu Zorori, Magic School Bus, dan masih banyak kartun-kartun lainnya. Selain itu pula, Spacetoon Nasional juga akan menayangkan Liga Presiden 2019, Bundes Liga, dan J-League (Liga Jepang). Kami menegaskan, bahwasanya NET. TV akan tetap mengudara, dan tidak akan tergantikan posisinya. Kami mengucapkan terima kasih, kepada KPI dan NET. TV, yang memperbolehkan kami mengudara untuk yang kedua kalinya! Nantikan kehadiran Spacetoon Nasional, mulai 11 Februari 2019, hanya di Spacetoon, Saluran Masa Depan! #spacetoonisback #welcomespacetoonnasional #nettvmasihada

  • Sahabat Nova, mulai edisi 1616, Tabloid NOVA akan mengalami kenaikan harga menjadi Rp. 10.000,- (Jawa), dan Rp 10.500,- (Luar Jawa). Terbit 32 halaman. Sedangkan edisi khusus, harga menjadi Rp 12.00,- (Jawa), dan Rp 12.500,- (Luar Jawa), dengan tebal 40 halaman. Plus edisi 2 in 1 Rp. 17.000,- (Jawa), dan Rp. 18.000,- (Luar Jawa).

  • Kami berkomitmen, bahwa NET. TV akan tetap eksis di 2019. Kami khawatir, kembalinya Spacetoon ke layar kaca, akan mengancam NET. TV untuk selama-lamanya. Kami sarankan, jika NET. TV tetap eksis di layar kaca. Maka mulai 1 Februari 2019, NET. TV pindah saluran frekuensi. Dari 27 UHF, pindah ke 34 UHF. Semoga NET. TV berjaya untuk selama-lamanya! Serta menayangkan acara-acara yang berkualitas! AAAMIIINNN!!!

  • Kapten Tsubasa yang akan ditayangkan di RCTI nanti, adalah versi terbaru (2018). Sementara Kapten Tsubasa yang ditayangkan oleh RTV, adalah versi Road to Dream 2002. Kedua serial anime ini, akan tayang di bulan Februari 2019 mendatang!

    • Anime favorit gua banget, nih! Kapten Tsubasa yang tayang di RCTI, adalah versi 2018. Sedangkan di RTV, tayang dengan versi Road to Dream 2002. Please banget, ditayangin secepatnya?

  • Kami sepakat, akan menayangkan kembali program INBOX (SCTV). Maka mulai 4 Februari 2019, INBOX SCTV akan hadir dengan konsep yang lebih fresh. Dan dengan host baru: Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Ria Ricis, Nirina Zubir, Ruben Onsu dan Haruka JKT48, dijamin akan membuat INBOX kembali berjaya. Nantikan kembalinya INBOX, setiap hari pkl. 07:00 WIB. HANYA DI SCTV!

  • Dua Super Anime baru hadir di RTV. Saksikan Kapten Tsubasa: Road to Dream 2002, dan Samurai X. SEGERA di bulan February. Hanya di RTV, Makin Cakep! #samuraixdirtv #kaptentsubasadirtv

  • Saya happy banget! Betapa tidak, INBOX akan tayang lagi di SCTV! Gue bangga banget, bergabung dengan Emtek Group. Salah satu induk perusahaan terbesar, di Asia Tenggara. Gue nge-host bareng Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Atta Halilintar, Ria Ricis dan Haruka Nakagawa. Saksikan “New INBOX”, mulai 4 Februari. Tayang tiap hari, pkl. 07:00 WIB, hanya di SCTV Satu Untuk Semua!

  • Pembaca yang terhormat. Mulai edisi 1.439, Tabloid Bintang Indonesia akan mengalami perubahan jadwal terbit. Kalau biasanya Anda mendapatkan/menemui Bintang Indonesia setiap Sabtu, kini Anda bisa mendapatkan Bintang Indonesia lebih awal. Yaitu beredar setiap hari Jumat. Jangan sampai kehabisan, ya? Pesan sekarang juga, di agen-agen koran terdekat, atau kunjungi aplikasi Tokopedia, Bukalapak, atau download versi digitalnya dapat diperoleh di Gramedia Digital. #bintangindonesiapindahkeharijumat #bintangtabloid #tabloidbintang

  • Pihak KPI sepakat, kalau NET. TV akan pindah saluran frekuensi. Kalau saluran frekuensi sebelumnya (27 UHF) akan dipakai lagi oleh Spacetoon, mulai 1 Februari, NET. TV akan pindah saluran frekuensi baru. Yaitu 34 UHF. Dengan begitu, NET. TV akan panjang umur, dan akan selalu menghibur Anda. Pastikan Anda tetap menonton NET. TV! Salam! NET. Televisi Masa Kini! #savenettv #nettvmasihada #bisaae #nettvpindahsaluranfrekuensi

    • Saya setuju, kalau NET. TV dipindahkan saluran channel-nya. Kalo sebelumnya 27 UHF, kemudian dipindahkan ke 34 UHF. Kan saluran lamanya akan dipake lagi oleh Spacetoon. Dengan pindahnya NET. TV ke saluran yang baru, maka nggak ada persaingan lagi dengan Spacetoon! #savenettv #nettvpindahsaluran

  • NET. Choice Award 2019 kembali digelar. Ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh NET. TV, diadakan untuk keenam kalinya. Ajang untuk pertelivisian ini, akan melakukan poling. Poling akan dibuka, mulai 1 Februari s/d 10 April 2019. Tunggu apa lagi! Vote program favoritmu NOW!!! #road2net6.0 #roadtonetchoiceawards2019

    • Iya, komentar dari bro Satya ini, jadi pemicu kami untuk menaikkan harga jual tabloid OTOMOTIF. Maka dari itu, mulai edisi 41/XXVIII, OTOMOTIF naik harga. Rp. 13.000,- (Jawa), dan Rp. 13.500,- (Luar Jawa). #tabloidotomotifnaikharga #otomotifweekly #otomotifnet

  • Gue akan bergabung dengan Emtek Group, tanpa alasan yang pasti. Saya akan tampil di New INBOX, bareng Ruben Onsu, Atta Halilintar, Nirina Zubir, Ria Ricis, dan Haruka JKT48. Selain itu, gue sama Yuki Kato akan tampil, di Indonesia Pintar. Pokoknya saksikan dua program terbaru saya, mulai Februari. Hanya di SCTV Satu Untuk Semua! #sayadisctv #inboxmantap #nginbox #indonesiapintarsctv

  • Whaaattt??? INBOX ada lagi di SCTV? Berkat SCTV, gue punya experiment yang baru. Gue akan neg-host bareng Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Nirina Zubir, Ria Ricis, dan Haruka Nakagawa. Pokoknya, saksikan INBOX, mulai 11 Februari, hanya di SCTV Satu Untuk Semua! #nginbox #inboxisback

  • Maju terus musik di Indonesia! Saya setuju, jika SCTV menghidupkan kembali INBOX, dengan konsep yang LEBIH fresh. Kayak Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Ruben Onsu, Nirina Zubir dan Ria Ricis. #inboxisback #nginbox

  • Saya pun terharu, jika SCTV kembali menggelar Indonesian Short Film Festival 2019. Ajang tahunan favorite ini, menghadirkan juri-juri: Monty Tiwa, Reza Rahadian, Cesa David Nurmansyah, Ayushita Nugraha, Hanung Bramantyo, dan pastinya-ada saya-yang siap menghibur Anda. Daftarkan film pendek Anda, ke http://www.vidio.com (tripledoubleudotvidiodotcom). #issf2019 #sctv #roadtoiboma2019

  • Kami mempersembahkan Spacetoon Nasional. Stasiun televisi lokal pertama di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih, menikati moment-moment emas serta m,ebesarkan kami, selama 14 tahun. Banyak suka dan duka, kita jalani bersama! Terima kasih sudah men-support kami, dan sampai jumpa lagi!! #spacetoonindonesiapamit #welcomespacetoonnasional

  • SCTV menyiapkan program-program tebaru, di bulan Februari. Ada New INBOX, Indonesia Pintar, SCTV Mini Seri, dan sinetron terbaru: Cinta Buta. Nerw INBOX sendiri, akan dipandu host yang lebih fresh. Ada Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Nirina Zubir, Atta Halilintar, dan Ria Ricis. Sementara program Indonesia Pintar, akan dipandu host: Yuki Kato dan Raffi Ahmad. Nantikan penayangannya, SEGERA! Hanya di SCTV Satu Untuk Semua!

  • Kabar gembira!!! Mulai 11 Maret 2019, program unggulan Sketsa bakal hadir lagi di Trans TV! Dengan para pemain-pemain baru, yang semakin fresh. Nah, makannya, saksikan program terbaru “Sketsa Reborn”. Mulai 11 Maret, setaip Senin-Jumat pkl 10:30 WIB. Hanya di Trans TV!

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!