Uncategorized

Biografi Diri 10 Tahun Lagi

Hari ini saya benar-benar sedang rush banget karena harus mengejar penyelesaian buku Studentpreneur saya bareng GagasMedia. Menulis buku sambil mengerjakan skripsi dan mengurus bisnis itu memang benar-benar penuh tantangan. Gampang-gampang susah, tapi insyaAllah jika diniatkan dengan baik pasti bisa selesai.

Buku ini sudah hampir selesai dan agar buku lebih menarik saya memasukkan 9 profil studentpreneur terpilih untuk memberikan inspirasi kepada mahasiswa lainnya agar membuka bisnis juga. Profil ini merupakan tulisan autobiografi singkat yang menjelaskan tentang perjuangan-perjuangan bisnis dari teman-teman kita yang memutuskan membuka usaha sejak masih kuliah. Ada sebuah hal menarik yang saya dapatkan saat mengumpulkan profil tersebut.

Profil-profil pengusaha yang saya kumpulkan beragam macamnya. Ada @yoraanastasha dengan Zaida Hejabnya, ada @fitrimiamii dengan Keripik Batiknya, ada @ibnuaaziz dengan Gudang Bindernya, dan masih banyak lagi. Saat saya melihat berbagai macam profil mereka, saya benar-benar tertegun dengan cara mereka menulis perjuangan hidup dan autobiografi mereka sendiri.

Saya pun kemudian merenung. Saya benar-benar dikelilingi oleh teman-teman yang sangat luar biasa. Walaupun usianya masih sebaya, atau bahkan ada yang lebih muda dari saya namun mereka sudah memiliki mimpi yang besar. Tidak hanya mimpi yang besar, tetapi mereka bisa menceritakan bagaimana susah payahnya perjuangan dalam meraih mimpi tersebut. Pahit manisnya, asam asinnya, serta lika-liku perjuangan untuk mengerjar segala impian.

Saya jadi berpikir, seperti apa yang profil biografi saya dalam waktu 10 tahun yang akan datang? Masihkah seperti saya yang sekarang, ataukah ada perubahan yang lebih baik lagi? Atau jangan-jangan justru mengalami kemerosotan yang sangat jauh dibandingkan saat ini? Di mana kita pada saat itu? Sedang apa diri kita? Apa yang kita kerjakan? Menjadi apa diri kita, dan prestasi apakah yang sudah kita hasilkan?

Anda memiliki cita-cita dan impian? Tidak ada salahnya dituliskan dalam sebuah bentuk yang berbeda, yaitu biografi Anda dalam 10 tahun yang akan datang. Jika Anda bungung, coba lihat di halaman-halaman terakhir pada buku-buku populer. Di sana akan ada halaman yang menceritakan tentang profil penulis. Seandainya itu Anda, seperti apakah Anda dalam 10 tahun yang akan datang? Cara ini juga bisa dilakukan untuk melatih kreativitas Anda dalam menulis dan membuat hidup Anda lebih optimis dari sebelumnya.

Menuliskan biografi diri dalam 10 tahun lagi merupakan salah satu cara bagaimana kita melihat diri kita di masa depan. Apakah Anda pernah mencobanya? Tidak perlu terlalu panjang, 1-2 halaman A4 pun cukup. Saya pernah mencoba ini 3 tahun yang lalu saat saya mencoba membuat sebuah halaman profil diri saya yang seolah itu ada di majalah. Alhamdulillah, saat ini beberapa hal dari biografi diri tersebut sudah menjadi kenyataan dan sudah ditulis di berbagai media massa dan buku beneran.

Bagaimana menurut Anda? Bagaimana biografi diri Anda dalam 10 tahun yang akan datang?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!