Uncategorized

Cara Baru Mengatasi Tekanan Hidup

Banyak sekali orang mengalami tekanan hidup yang besar bahkan hingga sulit sekali menghadapinya. Akibatnya timbul stress, tidak nafsu makan, susah tidur, kepala pusing,  stroke, bahkan memutuskan mengakhiri hidupnya saat itu juga. Saya pun pernah mengalami suatu masa di mana saat itu rasanya banyak sekali masalah datang menghadang dan saya merasa sangat tidak berdaya mengatasi tekanan hidup yang ada.

Entah mengapa kemudian saya teringat dengan rumus tekanan dalam fisika. Masih ingat rumus tekanan dalam fisika? P = F/A. Saya yakin pasti sahabat semua ingat. P adalah tekanan, F mewakili beban gaya yang bekerja, sementara A adalah luas permukaan. Selama ini, mungkin kita biasa saja memandang rumus ini hanya dari sisi mekanika. Namun dari sisi psikologis menurut saya tidak jauh berbeda. Kita anggap saja P itu sebagai problem, F sebagai force atau tekanan hidup yang kita alami, dan A adalah Area dari pikiran dan hati kita. Kita bisa jadi selama ini berfokus menganggap besarnya masalah karena memang melihat bahwa force yang kita terima besar. Namun, antara P dan A itu berbanding terbalik. Bagaimana jika A nya yang kita perbesar? Bukankah justru P yang kita terima akan menjadi ringan? Bisakah kita memperbesar ‘A’ yang ada pada diri kita? Jawabannya, bisa!

Lantas, bagaimana cara kita memperbesar A yang kita punya agar masalah tidak semakin besar?

Mendekatkan Diri Kepada yang Maha Kuasa

Inilah saatnya Anda mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa. Selama Anda yakin bahwa Allah itu adalah Maha Besar dari segalanya, maka tidak ada masalah yang tidak ditemukan solusinya. Allah punya banyak cara yang terbaik dan datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Tetapi kembali lagi, apakah kita benar-benar meyakininya? Mereka yang biasanya stress adalah karena terlalu mengandalkan diri sendiri dan merasa bahwa dirinya dikalahkan oleh tekanan hidup yang ada. Perbanyaklah ibadah dan doa Anda untuk mengikutsertakan Allah dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi. Hal ini dapat memperluas area A yang Anda miliki.

“Mintalah kepada-Kuniscayaakan Aku kabulkan.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Membiasakan Berpikir Positif

Biasakan untuk berpikir positif dari sekarang, baik saat ada masalah maupun tidak agar terbiasa. Ya, berpikir positif sebenarnya tercipta dari sebuah kebiasaan. Sayangnya lebih banyak orang yang tertanam pikiran negatif dibandingkan dengan pikiran positifnya.  Mereka yang berpikir setiap masalah pasti memiliki jalan keluar, pasti ada jalan keluarnya. Namun mereka yang berpikir sebaliknya, justru akan dikalahkan oleh masalah sebelum mampu memulai mengatasinya.

 BERPIKIR POSITIF dapat menghancurkan semua tembok pemisah antara ‘bisa’ dan ‘tidak bisa’.

Memiliki Sahabat yang Bijak dan Positif

Mereka yang bersahabat dengan tukang minyak wangi akan tertular wanginya, sementara mereka yang bersahabat dengan pandai besi akan terkena abunya. Banyak dari kita yang memiliki pandangan sempit terhadap masalah karena memang sahabat-sahabat yang kita miliki adalah orang yang negatif. “Ah, ga mungkin lo bisa nyelesein masalah itu, gue ga yakin lo bisa. Gue kenal sama lo dan gue tau gimana lo”, dan berbagai pernyataan menyesatkan lainnya. Tetapi cobalah berteman dengan mereka yang positif, “Gue yakin masalah ini hanya sementara dan coba lo berpikir sebentar dengan jernih. Selalu ada solusi di setiap masalah.” Saya menulis ini karena punya pengalaman memiliki dua sahabat dengan pola pikir berbeda dalam memandang masalah. Kalau di Komunitas TDA Kampus, saya memiliki yang namanya Kelompok MasterMind dan juga sewaktu di SMA saya memiliki sahabat MasterMind yang fungsinya saling support saat kami ada dalam kesulitan.

Jadi, pandanglah masalah dengan cara yang berbeda. Masalah itu besar jika memang kita memandangnya dengan cara yang sempit. Masalah itu akan semakin kecil rasanya jika kita mampu memperbesar cara pandang kita dan tahu bahwa jika luas pandang kita diperlebar, maka masalah itu jadi tidak ada apa-apanya.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!