Uncategorized

Cara Belanja yang Membuat Anda Semakin Kaya

Judul di atas mungkin membuat Anda bingung. Bagaimana mungkin orang yang belanja berbagai macam barang, justru malah semakin bertambah kaya? Bukankah kalau kita membelanjakan sesuatu justru hal tersebut malah membuat kita semakin terkuras uangnya? Saya bisa tebak, siapa orang yang tidak suka belanja? Namun di sisi lain setiap orang pasti akan dikelilingi ketakutan jika suatu saat uang mereka habis untuk belanja dan tidak tersisa sama sekali.

Saya punya tips yang selama ini saya terapkan sehingga mulai saat ini Anda bisa berbelanja dan menghabiskan uang untuk membeli yang Anda inginkan, tanpa takut kehabisan uang. Ingin tahu bagaimana cara belanja yang membuat Anda semakin kaya? Berikut ini adalah caranya.

Ada sebuah rumusan sederhana terkait dengan bagaimana membuat pola belanja Anda justru akan semakin memperkaya. Dulu saya menemukan pola ini setelah ‘tobat’ dari gaya hidup yang konsumtif dan selalu menghabiskan uang untuk kepentingan pribadi. Baru kemudian muncullah sebuah formula di mana saat saya menerapkannya, saat saya belanja justru saya semakin kaya.

Pertama, Anda perlu paham dengan apa yang namanya rumus alokasi belanja. Seringkali diri kita membeli hal yang sebenarnya kita tidak benar-benar butuhkan. Mungkin hanya bersifat untuk memenuhi gengsi semata. Jadi, selama belanja itu bukan kebutuhan utama, saya membuat rumus alokasi belanja, yaitu:

Jumlah yang boleh dibelanjakan = Saldo Anda / 8

Apa maksudnya? Ya, maksudnya selama diri Anda ingin membeli sesuatu di luar kebutuhan pokok Anda, maka harus memiliki saldo 8 kali lipat dari barang yang ingin Anda beli. Angka 8 darimana? Itu adalah angka dari saya sendiri. Sebenarnya bebas, namun usahakah bilangannya di atas 7. Jadi dengan rumus ini, jika saya ingin membeli barang di luar kebutuhan sebesar 4 juta, sekurang-kurangnya saldo saya 28 juta rupiah.

Lalu, bagaimana jadinya jika saya memiliki uang di bawah 8 kali lipat harga yang ingin saya beli? Nah, hal kedua yang harus Anda ketahui adalah mindset orang kaya. Mindset orang kaya berbeda dengan pola pikir orang dewasa. Mindset orang kaya itu seperti ini,

Dapat uang -> investasi  -> konsumsi

Sementara kalau orang biasa seperti ini,

Dapat uang -> konsumsi -> tabung

Selama uang Anda masih di bawah 8 kali lipat, maka ‘ternaklah’ uang Anda. Ternak uang ini bisa berbagai macam hal, namun yang paling sering adalah bentuk investasi seperti membeli franchise, membuka bisnis sendiri (kalau saya di CerdasMulia Leadership and Training Center), investasi saham, dan lain sebagainya. Investasi berbeda dengan konsumsi. Dalam investasi, akan selalu ada sebuah titik di mana uang yang kita investasikan akan kembali dan selanjutnya memberikan keuntungan kepada kita secara pasif. Sementara untuk konsumsi, uang yang Anda belanjakan akan habis dan tidak produktif. Jadi, selama saldo Anda masih kurang dari 8 kali, maka belanjakan uang Anda untuk kepentingan investasi, bukan konsumsi.

Ketiga, membelanjakan uang untuk bersedekah. Saya tidak dapat menjelaskan bagaimana cara kerjanya, namun yang saya yakini bahwa semakin banyak kita memberi, semakin banyak kita menerima. Bagi saya, sedekah dengan niat yang tulus adalah investasi dan membuka pintu rezeki dari arah tidak terduga. Jadi, selama saldo Anda masih di bawah 8 kali, tidak ada salahnya memperbanyak sedekah. Saya pernah melakukannya saat ingin membeli LCD training baru. Waktu itu iseng saya mencoba sedekah dengan nominal 6 digit. Dalam waktu sepekan, sudah langsung kembali sebanyak 7 digit di saldo tabungan saya yang sangat cukup untuk dibelikan sebuah LCD baru.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen pengantar kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain itu, Arry juga merupakan staf ahli di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia sejak 2015 - 2019. Per akhir tahun 2019, Arry melanjutkan studi doktoral di Delft University of Technology (TU Delft), Belanda. Disela-sela kesibukannya sebagai peneliti, Arry juga memanfaatkan waktunya untuk menimba ilmu kewirausahaan dari Delft Centre for Entrepeneurship, inkubator kewirausahaan TU Delft.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!