Uncategorized

Cara Dahsyat Meningkatkan Pembaca di Blog Kita

Catatan Kepala: Menulis di blog itu mudah, tetapi sulit mempertahankan semangatnya. Salah satu hal yang membuat kita semangat menulis blog karena blog kita sering dikunjungi orang tentunya. Nah, bagaimana cara meningkatkan jumlah pembaca di blog kita?

Apa kabar sahabat? Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu hal paling penting dalam dunia blogging: Cara sakti dan manjur meningkatkan pembaca di blog kita. Bagi sahabat yang sudah pernah aktif di dunia blogging, pasti sering mengalami hal ini. Bagaimana tiba-tiba semangat untuk membuat blog itu hilang karena blog kita tidak dikunjungi banyak orang. Padahal, kita kan menulis untuk disebar dan berharap tulisan kita bisa dibaca banyak orang kan?

Bagaimana cara dahsyat meningkatkan pembaca di blog kita? Berikut ini kiat-kiatnya. šŸ™‚

1. Konsisten Update Secara Berkala

Zaman sekarang ini, blog yang penting adalah content, content, dan content. Semakin berbobot isinya, semakin enak orang membacanya dan orang pun akan penasaran untuk mampir kembali ke blog kita. Maka, hati-hati dengan blog yang sering ‘copas sana-copas sini’ karena biasanya blog itu tidak akan bertahan lama dalam konsistensi menulisnya karena niat membuat blognya bukan untuk menulis.

Ingat juga dalam menulis content bahwa tulisan-tulisan kita haruslah bermutu, unique, dan useful. Kreatiflah dalam menulis, gunakan istilah-istilah dan cara menulis baru walaupun sebenarnya itu adalah ide-ide yang lama. Konsisten update secara berkala tidak harus menulis artikel yang panjang, tetapi juga singkat, padat, dan mudah dipahami.

2. Gunakan Social Media sebagai Media Promosi
Punya akun Twitter, Facebook, Milis, Google Plus dan lain sebagainya? Manfaatkanlah itu untuk mempromosikan artikel-artikel kita. Kalau perlu buatlah pages di Facebook untuk melihat berapa like di blog kita yang itu bisa berarti meningkatkan kredibilitas kita juga. Blog ini sangat memanfaatkan social media sebagai media promosinya dan itu ternyata sangat efektif. Setiap ada artikel baru langsung ada post di Wall Facebook dan Tweet ke follower saya.

3. Berinteraksi dengan Pembaca
Biasanya melalui kotak komentar atau shoutboxĀ setiap orang meninggalkan jejak maka respon atau balaslah. Itu merupakan bentuk penghargaan kita karena orang yang sudah meninggalkan jejak, kesan, pesan, dan masukan adalah orang yang sudah rela meluangkan waktunya untuk memberikan tanggapan. Peliharalah interaksinya, jadikanlah percakapan yang seru. šŸ™‚

4. Blogwalking and Leave Comments
Nah, kan sudah balas-balasan komentar, sekarang giliran kita yang mengunjungi blog orang lain. Istilahnya adalah blogwalking, yaitu jalan-jalan di blog. Ketika kita melakukan blogwalking maka jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar kita di sana. Saat meninggalkan komentar, jangan lupa untuk meninggalkan link website kita juga sehingga nantinya orang-orang dapat menungnjungi balik. Satu lagi, saat kita meninggalkan komentar, jangan hanya sekedar ‘say hello’ atau kesan biasa, seperti, ‘bagus nih, kunjungi,……….’, terkesan banget promosi. Win-win thinking aja. Kita berikan masukan atas artikelnya, kemudian orang juga akan bisa menilai jika komentar kita bagus dan bermutu, link blog kita pun pasti akan dikunjungi oleh orang-orang.

Cukup empat hal itu dulu, kalau diaplikasikan semoga dapat menambah pengunjung blog kita. Kita memang pastinya harus sabar sekali agar blog kita selalu dikunjungi orang. Satu hal yang pasti semuanya membutuhkan proses, dan konsistensi terhadap proses inilah yang nantinya akan membawa hasil.

Apakah Anda memiliki ide untuk mendatangkan pembaca ke blog? Silakan isi di kotak komentar ya.. šŸ™‚

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia! šŸ™‚

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkanĀ Arry RahmawanĀ sebagai penulisnya danĀ Blog Kak ArryĀ sebagai sumbernyaĀ 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

  • MaaSyaa Allah, terimakasih atas tips nya kak. Kerennya lagi, tips diatas ada bagian yang masuk ke WEBINAR (saya download video youtube kak Arry) hehe
    Sukses selalu kak, barakallahu fiik

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!