Pengembangan Diri Produktivitas Hidup

Cara Membangkitkan dan Mempertahankan Motivasi Kerja

Written by Arry Rahmawan

Adakalanya suatu saat kita sedang merasa sangat bersemangat. Rasanya diri ini seperti ingin melakukan banyak hal yang terbaik! Tetapi bagi kebanyakan orang, menumbuhkan motivasi memang sepertinya lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Ya, semangat atau motivasi itu sifatnya sementara. Makanya kita terkadang sering sekali merasa ‘galau’, karena tiba-tiba rasa semangat dan motivasi kita menguap habis! Baru saja termotivasi, eh 3 atau 5 hari kemudian rasa malas itu sudah kembali lagi.

Untuk mengetahui bagaimana cara menumbuhkan semangat, kamu bisa melihat artikel saya yang berjudul Cara Sukses Memotivasi Diri Sendiri. Nah, untuk artikel ini khusus untuk mempertahankan semangat yang sudah kamu bangun agar tidak mudah galau. Bagaimana caranya? Silakan baca artikel ini selengkapnya!

Baik, berikut ini adalah cara yang bisa dicoba untuk mempertahankan motivasi Anda, yaitu:

1. Meditasi, Bermimpi, Visualisasi
Merasa kehilangan semangat dan motivasi, maka berhenti sebentar dari apa yang Anda kerjakan. Istirahat sebentar, tenangkam pikiran. Cari tahu mengapa muncul perasaan membosankan dalam diri Anda? Carilah tempat yang tenang, kemudian mulailah untuk menenangkan pikiran.

  • Setelah pikiran tenang, bayangkan ketika Anda berhasil mencapai cita-cita Anda
  • Bayangkan saat-saat paling bahagia dan menyenangkan dalam hidup Anda
  • Bayangkan ketika Anda mampu menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya
  • Bayangkan saat Anda mendapat penghargaan karena mampu memberikan kinerja terbaik
Tips: Biasanya meditasi yang ampuh adalah ketika shalat bagi umat Islam. Cobalah cari apa arti shalat Anda agar Anda selalu dapat termotivasi. Pembagian waktu shalat itu sudah sangat tepat sekali, dengan waktu 5 kali sehari, masing-masing 15 menit sangat bermanfaat untuk me-recharge kembali semangat yang hilang. Tips lainnya adalah saat meditasi, cobalah sambil dengarkan musik-musik gelombang alfa yang mampu menenangkan pikiran, seperti suara alam, aliran sungai, deburan ombak, dan lain sebagainya.
2. Membaca Buku-Buku Motivasi

Membaca buku motivasi menurut saya merupakan sarana ampuh untuk selalu menjaga stabilitas motivasi kita. Buku-buku motivasi saat ini sudah beredar sangat banyak dan sangat luas cakupannya. Buku-buku motivasi memang mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya karena memang ada beberapa buku motivasi yang bagus. Beberapa buku yang suka saya baca ketika sedang turun:

  • Super Muslim, karya Imam Munadi
  • Fight Like a Tiger, Win Like a Champion, karya Imam Munadi dan Darmadi Dharmawangsa
  • ESQ for Teens 1, 2, 3, karya Ary Ginanjar Agustian dan Ridwan Mukri
  • Champion! karya Darmadi Dharmawangsa
  • Unlimited Happiness, karya Imam Munadi
  • Pattern of Success, karya Darmadi Dharmawangsa dan Sunardi
Dapat dilihat sebenarnya Mas Imam Munadi lah yang pertama kali memperkenalkan saya ke dunia motivasi dan dari situlah saya kemudian bercita-cita menjadi seorang trainer. Kemudian saya belajar di ESQ, Sinergi Fitrah, MHMMD, bahkan Kubik Leadership dari Pak Jamil Azzaini. Anda bisa menyusun sendiri daftar buku Anda, tetapi daftar buku di atas adalah buku best seller yang layak Anda baca juga.
3. Mendengarkan/Menonton Materi Motivasi

Masih ingat dengan produksi Rahmawan Digital Media (RDM) One Stop Motivation? Silakan klik Cara Mengelola Stress dan The Science of Luck, tetapi inilah hal yang kadang saya lakukan untuk mempertahankan motivasi:

  • Menonton acara Mario Teguh Golden Ways
  • Mencari video motivasi di Youtube dari Pak Jamil Azzaini, Pak Mario Teguh, Pak Ary Ginanjar
  • Mendengarkan audio motivasi dari Mas Imam Munadi setiap pagi
Dengan seperti itu, semangat sepertinya terus mengalir setiap harinya. Walaupun sesibuk apapun, tetapi seperti ada pengingat yang terus memotivasi untuk memberikan yang terbaik.
4. Jalan-Jalan di Situs Motivasi

Oke, internet sekarang ini memang menyediakan apa saja. Mulai dari bacaan paling negatif hingga situs yang paling positif! Kalau situs motivasi ini bisa kamu temukan banyak sekali di dunia maya. Untuk yang versi dalam negeri (Indonesia), kamu bisa jalan-jalan ke websitenya Pak Andrie Wongso atau Blog BeraniGagal, yang merupakan situs motivasi sederhana paling konsisten yang pernah saya kenal. Tetapi kalau kamu terlanjur jatuh hati sama blog ini, juga boleh kok. Silakan berkunjung kemari secara rutin karena insyaAllah akan ada artikel setiap minggunya. 🙂

5. Diskusi dengan Seorang Sukses dan Inspiratif
Ini merupakan salah satu cara yang sering saya lakukan ketika sedang jatuh. Saya memiliki mentor motivasi saya di tahun 2012, yang setiap hari selalu mengadakan pertemuan rutin. Untuk mentor motivasi, saya ada Pak Bahroin Suryantara (Master Trainer Guru Hebat Indonesia) dan mentor entrepreneurship saya, Pak Subekhi. Nah, selain memiliki mentor ini, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menghadiri seminar-seminar motivasi yang memiliki IMPACT
  • Menghadiri dialog tokoh-tokoh besar dan sukses
  • Menghadiri pelatihan dan training motivasi
Banyak hal yang bisa dilakukan lagi yang lainnya. Tetapi inilah yang biasanya saya lakukan. Semoga bermanfaat dalam mempertahankan motivasi Anda. Salam Indonesia Produktif!
Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!