Entrepreneurship Toolbox Kelas Studentpreneur

Cara Mengisi Blok Value Proposition pada Business Model Canvas (BMC)

Written by Arry Rahmawan

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas lebih dalam tentang salah satu blok yang ada di BMC, yaitu Value Proposition (VP).

Saya membahas blok VP karena banyak saya temukan blok VP ini seringkali diisi dengan produk/jasa. Mengapa kurang tepat? Karena VP ini sejatinya menjelaskan tentang value, atau nilai yang diberikan kepada konsumen.

Oh ya, 4 tahun yang lalu saya juga sudah menulis secara khusus tentang blok Customer Segments, yang dapat dibaca di sini.

Mengenal Konsep Value Proposition (VP)

Pada BMC, blok VP terletak di bagian tengah,

Blok Value Proposition pada Business Model Canvas

Pada blok VP ini, pertanyaan dasar yang perlu dijawab dalam bisnis kita adalah:

What competitive value do we deliver to the customer?

Maksudnya, apa NILAI yang diberikan oleh produk atau jasa kita, sehingga orang – orang memilih untuk menggunakan produk/jasa di bisnis kita.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para instruktur BMC dalam mengajarkan pengisian blok VP adalah menukar NILAI dengan PRODUK. Misalnya, VP diisi dengan kata – kata sebagai berikut:

Contoh pengisian VP yang tertukar dengan produk:
* Aplikasi online
* Makanan Sehat
* Mainan Anak-Anak
* Makanan Pokok
* Pulsa
* Paket Wisata

Nah, contoh di atas adalah PRODUK/JASA, bukan NILAI.

Lalu, apa saja contoh – contoh nilai kompetitif yang dapat diisi dalam blok VP? Berikut ini adalah beberapa contoh pengelompokannya:

Nilai terkait performa:
Jika produknya adalah komputer atau layanan jasa internet, misalnya maka contoh value yang bisa ditawarkan adalah: FASTER (lebih cepat), jika dibandingkan dengan produk/nilai yang ada saat ini

Nilai terkait selera:
Jika produknya adalah pakaian, maka contoh value yang bisa ditawarkan adalah: memberikan kebebasan merancang motif baju, atau memberikan keleluasaan mendapat ukuran yang pas. Salah satu contoh bisnis yang menawarkan value ini adalah IWEARZULE. Pelanggan dapat membeli produk fashion custom yang sesuai dengan seleranya.

Nilai terkait harga:
Jika produknya adalah layanan streaming multimedia seperti Netflix, HBO GO, atau Amazon Prime, maka salah satu value yang diberikan adalah: Lebih Murah (cheaper), dibandingkan sekali nonton di bioskop.

Nilai terkait dengan brand/status:
Status ini umumnya adalah terkait barang mewah. Misalnya jam tangan Rolex memberikan value: memberikan persepsi kemapanan pada seseorang. Persepsi kemapanan ini adalah value.

Nilai terkait mengurangi risiko:
Misalnya dalam bimbel persiapan masuk PTN, maka nilai yang diberikan adalah mengurangi risiko tertolak masuk PTN, atau memperbesar peluang masuk PTN tertentu.

Nilai terkait aksesibilitas:
Ambil contoh GoJek, salah satu VP yang kompetitif adalah kemudahan akses transparansi harga ojek, yang selama ini tidak jelas jika menggunakan jasa ojek pangkalan.

Nilai terkait kenyamanan:
Ambil contoh Spotify, salah satu VP kompetitif yang diberikan adalah kenyamanan mendapatkan lagu sesuai selera (dengan teknologi artificial intelligence nya).

Itulah contoh-contoh nilai yang dapat diisikan di bagian Value Proposition.

Sekali lagi, berhati – hati ya dalam mengisi blok VP, karena sering sekali blok ini tertukar dengan produk.

Bagi Anda yang ingin mengundang saya sebagai instruktur untuk melakukan inovasi dengan menggunakan BMC ini, silakan hubungi via WhatsApp 0856 4087 9848 (Melinda) atau email langsung ke arry.rahmawan@gmail.com.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di seri tulisan BMC berikutnya!

Salam,
Arry Rahmawan

Untuk sahabat yang ingin mendapatkan tutorial lainnya, silakan subscribe, like dan share Channel youtube saya.

Bagi yang ingin berinteraksi dan mendapatkan update tentang aktivitas saya, silakan follow akun Instagram saya di @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!