High Performance Me

Cara Menjadi Trainer di Usia Muda (Writing Challenge #11)

Written by Arry Rahmawan

Halo sahabat pembaca blog ArryRahmawan.Net, senang sekali hari ini saya bisa kembali menulis untuk Anda. Hari ini saya ingin bercerita tentang salah satu profesi saya, yaitu seorang trainer. Selama sebulan terakhir ini, alhamdulillah saya mendapatkan berbagai macam email, whatsapp, atau pemberitahuan yang mengundang saya untuk memberikan pelatihan di institusi mereka. Terhitung walaupun sekarang baru Bulan Oktober, tetapi jadwal pelatihan saya sudah cukup padat hingga Bulan Januari 2016 (alhamdulillah ya Allah…)

Senang sekali rasanya dapat menjadi seorang trainer di usia saya yang masih terbilang muda. Tidak jarang, saya berkesempatan untuk bisa sepanggung bersama para trainer atau orang – orang yang hebat di bidangnya. Pernahkah Anda bertanya,

“Bagaimana cara menjadi trainer di usia muda, ya?”

Bagi Anda yang belum tahu, trainer adalah sebuah profesi yang berperan untuk membawakan sebuah pelatihan kepada peserta sesuai dengan tujuan diadakannya pelatihan. Mungkin beberapa kali kita pernah melihat ada seorang trainer yang sangat mengagumkan, memberikan motivasi menggebu-gebu, hingga kita pun ingin menjadi seperti mereka (menjadi trainer) juga. Namun, bagaimana caranya? Apa yang harus dilakukan?

Bagi Anda yang belum tahu, itu pula pertanyaan saya sekitar 8 tahun yang lalu. 8 tahun lalu, saat saya masih SMA, saya memutuskan untuk menjadi seorang trainer. Banyak orang yang bilang saya gila. Hah?! usia masih 16 tahun ingin menjadi trainer? Namun, memang itulah kenyataannya. Saya begitu terobsesi ingin menjadi seseorang yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Salah satunya adalah dengan cara menjadi seorang trainer.

Banyak orang mengatakan bahwa menjadi seorang trainer di usia muda itu sulit karena tidak memiliki pengalaman dan keahlian. Ilmu masih cetek kok ya pengen jadi trainer? Hidup sendiri masih belum beres, kok ya ingin memperbaiki hidup orang lain? Hehe…

Tapi alhamdulillah, di usia saya yang 24 tahun ini, saya sudah dipercaya untuk membawakan banyak pelatihan dan seminar di berbagai institusi pendidikan top di Indonesia. Saya juga sudah memberikan berbagai pelatihan di kota – kota Indonesia, seperti Batam, Samarinda, Jakarta, Jogja, Surabaya, Lampung, dan lain sebagainya. Beberapa di antara klien saya adalah perusahaan yang bonafid. Saya juga sudah menerbitkan sebuah buku best-seller, memiliki lembaga training CerdasMulia Institute, dan pendiri program Young Trainer Academy. Semua saya capai bahkan saat usia saya belum menginjak 25 tahun!

Loh, kok saya bisa ya menjadi seorang trainer di usia muda? Bagaimana caranya? Penasaran? Nih, akan saya beberkan cara menjadi trainer di usia muda untuk Anda.

Believe Your Voice is Important

Apa sih yang membuat saya bisa menjadi seorang trainer sejak usia 16 tahun? Jadi, dulu saya pernah mengalami sebuah kecelakaan hebat saat SMP yang membuat saya merenung. Saat itu saya sangat merasa beruntung sekali bahwa Allah masih memberikan saya kesempatan untuk hidup. Saya terus – terusan berandai – andai, seandainya pada waktu itu saya meninggal, apa ya yang akan saya rasakan? Saya belum bisa memberikan manfaat untuk orang lain, saya belum bisa mengoptimalkan waktu, dan bahkan belum bisa membahagiakan kedua orang tua saya.

Sehingga, sejak kecelakaan itu saya mencoba untuk menjalankan hidup saya dengan sebaik – baiknya. Saya ingin tahu, seperti apakah ‘rahasia’ orang – orang yang berhasil meninggalkan jejak atau prestasi luar biasa dalam hidup mereka? Saya kemudian melakukan riset, lalu menemukan bahwa orang – orang yang mengukir sejarah adalah mereka yang hidupnya selalu memenuhi 3 kriteria – bermakna, berdaya, dan berdampak. Bermakna maksudnya adalah mereka mengetahui dengan jelas apa tujuan hidup di dunia. Berdaya adalah mereka selalu berupaya untuk mendapatkan prestasi tertinggi dalam hidup mereka. Sementara berdampak adalah mereka mampu mempengaruhi orang lain untuk berbuat kebaikan / hal positif.

Saya pun kemudian mencoba menerapkan ke dalam diri saya sebuah kehidupan yang baru : hidup yang bermakna, berdaya, dan berdampak. Hasilnya? Wuuuussssshhhh!! Saya merasa sangat bahagia, enjoy dalam hidup. Prestasi – prestasi sekolah saya melejit, dan saya pun menjadi seseorang yang sangat disayang oleh sahabat, guru, serta orang tua.

Berawal dari sinilah, saya kemudian merasa bahwa saya berkewajiban untuk menyebarkan nilai – nilai ini. Saya mengemasnya dan membuat sebuah gerakan Indonesia Berpijar, yaitu sebuah gerakan untuk membentuk generasi muda Indonesia menjadi generasi yang kehidupannya bermakna, berdaya, dan berdampak. Entah itu saya sampaikan kepada para entrepreneur, mahasiswa, pelajar, atau guru sekalipun. Dengan menyampaikan pesan ini, saya komitmen menjadi seorang high performance trainer yang fokus membantu orang untuk membuat kehidupan mereka berpijar dengan terang.

Keyakinan untuk membentuk Indonesia yang berpijar ini, membuat saya memberanikan diri menjadi seorang trainer dan mencoba berlatih bagaimana agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Alhamdulillah, hingga saat ini saya masih aktif untuk menyampaikan pesan tersebut sebagai seorang trainer.

Jadi, langkah pertama untuk menjadi seorang trainer di usia muda adalah meyakini bahwa Anda memiliki pesan penting untuk didengar orang lain.

Apakah Kredibilitas Diukur Dari Usia?

Lalu, terkait dengan umur. Apakah memang untuk menjadi seorang trainer itu diperlukan usia yang sudah tua? Bukankah kita harus sedikit sabar menunggu?

Menurut saya pribadi, kredibilitas seorang trainer itu diukur bukan dari usia, tetapi dari hasil yang telah dia capai. Seorang trainer tentang menulis buku, misalnya. Walaupun usianya baru 19 tahun, namun sudah menerbitkan 5 – 7 buku best seller, dia akan jauh lebih dipercaya daripada seorang trainer tua berumur 40 tahun yang baru menerbitkan 2 buku dan belum ada yang best – seller. 

Jadi, menurut saya pribadi, Anda bisa menjadi trainer sekarang juga apabila Anda:

  1. Memiliki pesan penting untuk disampaikan; dan
  2. Anda sudah membuktikan pada diri Anda sendiri bahwa pesan yang Anda sampaikan bisa ‘mengubah’ hidup Anda serta orang lain

Jika Anda memiliki keduanya, tidak peduli berapapun usia Anda, Anda bisa menjadi seorang trainer! Selamat mencoba!

Salam,

Arry Rahmawan
High Performance Trainer
Founder 
CerdasMulia Institute

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!