Uncategorized

Cara Optimal Menggunakan Social Media

FACEBOOK, Twitter, LinkedIn, Foursquare, dan lain sebagainya sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Ya, inilah eranya social media. Era di mana setiap orang dapat terhubung dan membentuk jaringan satu sama lain dengan mudah, cepat, dan murah. Sebuah era di mana tidak hanya terhubung namun juga dapat membentuk komunikasi dua arah.

Akun apa saja yang Anda punya? Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, Pinterest, Google+ ? Sungguh banyak sekali platform social media. Apapun platformnya, perhatikan prinsip-prinsip berikut ini agar penggunaan social media Anda lebih optimal.

Social Media Bukan untuk Media Nge-Blast!

Ini adalah prinsip pertama yang harus diperhatikan. Social Media merupakan salah satu sarana ampuh untuk memangkas biaya periklanan karena Anda dapat mampu memasarkan berbagai macam produk Anda secara gratis. Namun cobalah terus nge blast barang-barang dagangan Anda di timeline, tweet, dan di manapun maka selanjutnya Anda akan dibenci kalangan pengguna social media, bahkan teman-teman Anda.

Social Media bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda, namun perhatikan bahwa inti dari social media adalah kita sebagai pengguna yang saling terhubung mampu memberikan value dan manfaat satu sama lainnya. Terjalin komunikasi yang menyenangkan dan bermakna, tidak hanya semata-mata untuk nge blast produk-produk yang ada.

Social Media for Personal Branding

Manfaatkan social media untuk membentuk citra diri dan branding seperti apa yang Anda inginkan. Saat ini sudah banyak sekali orang pintar, cerdas, berwawasan, bahkan mempunyai karakter yang luar biasa. Namun, apa yang membedakan Anda dengan yang lainnya? Manfaatkan social media untuk membentuk personal branding Anda.

Maka dalam mengoptimalkan social media untuk personal branding, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Kurangi kegalauan atau hal-hal tidak penting di social media
  • Tingkatkan update yang bermanfaat dan bernilai bagi yang terkoneksi dengan akun Anda
  • Berikan password yang kuat agar akun Anda tidak dibajak. Contoh password kuat adalah r5Ui89GhY. Susah diingat? Ya, percayalah ini juga yang menyebabkan akun Anda susah untuk dijebol orang.

Salah satu referensi yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan social media dalam konteks personal branding adalah 13 Cara Mengoptimalkan LinkedIn untuk Personal Branding

Create Memorable Experience to Everybody

Bagian ini adalah mengoptimalkan social media untuk memperluas dan memperdalam jaringan Anda. Dengan semakin banyak memiliki akun di social media, sebenarnya membuka peluang tidak hanya memperluas jaringan Anda, tetapi juga memperdalam ikatannya. Perhatikan, tidak hanya memperluas namun juga memperdalam.

Bagaimana menggunakan social media untuk memberikan sebuah kesan dan pengalaman tak terlupakan bagi orang lain sehingga hubungan Anda lebih mendalam?

  • Follow Up kenalan baru, kemudian inisiatif untuk memulai diskusi ringan
  • Memperingati hari-hari penting dalam hidup teman kita. Salah satunya ulang tahun, tentu saja dengan cara yang berbeda. Saya pernah sewaktu ulang tahun mendapatkan sebuah puisi di Inbox facebook saya, sebuah puisi yang sangat manis, asli otentik dari teman saya yang masih saya simpan sampai sekarang.
  • Merespon interaksi dengan cepat. Ya, menjadi responsif mampu meningkatkan kesan seberapa cepat kita menaruh perhatian kepada jaringan kita di media social. Semakin cepat, semakin baik. Jika tidak bisa cepat, minimal jangan sampai tidak terbalaskan.
  • Memulai percakapan, inisiatif untuk komentar, memberikan masukan yang konstruktif terhadap update yang kita terima dari sahabat kita di dunia maya. Ya, memulai untuk berpikir dan menyampaikan hal konstruktif akan mampu meningkatkan bond atau ikatan pertemanan Anda.

Saya sudah cukup banyak menulis tentang bagaimana memanfaatkan social media agar menjadi sebuah senjata powerful untuk mendukung proses belajar, kuliah, hingga personal branding. Semoga tulisan di atas mampu memberikan sebuah insight yang lain dan bisa bermanfaat untuk Anda dalam mengoptimalkan penggunaan social media.

Anda punya cara atau trik lain bagaimana cara mengoptimalkan social media? Silakan langsung saja share gagasan Anda pada kotak komentar di bawah.

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar