Uncategorized

Cara Sederhana Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Beberapa bulan lalu sewaktu saya membeli sebuah iPad, saya senang dengan layanan si penjual. Selain dengan sabar menjawab pertanyaan satu per satu, saya juga diberitahukan apa yang bisa saya lakukan dengan iPad yang akan saya beli itu. Selain itu, si penjual selalu menggaransi bahwa dirinya siap dihubungi kapan pun bila terjadi masalah dengan iPad ini.

Saya pun pulang dengan gembira sambil bermain-main dengan iPad saya ini. Dua hari setelah itu, saya menerima sebuah telpon. Telpon itu kemudian saya angkat, dan saya kaget. Telpon itu dari si penjual iPad yang bertanya, apakah saya baik-baik saja dalam menggunakan iPad nya. Apakah pernah ada masalah selama pemakaian? Memastikan apakah saya sudah mencoba semua fiturnya. Karena bagi saya tidak ada masalah, maka saya langsung jawab saja, “Sip! There is no Problem! Terima kasih sudah bertanya,” Tanpa sadar saya berkata, “Kalau nanti saya atau saudara saya mau beli lagi, saya akan kontak Anda.”

Bagi seorang startup entrepreneur ataupun studentpreneur yang baru memulai bisnis, seringkali tugas kita sebagai pemimpin bisnis juga merangkap berbagai macam hubungan teknis, seperti sales yang langsung bertatap muka dengan pelanggan dan menjual produk kita secara langsung. Umumnya kita hanya fokus bagaimana agar kita bisa melakukan closing sebanyak mungkin. Tetapi, closing juga perlu diiringi dengan pembelian yang terus berulang repeat order, dan salah satu cara yang bisa digunakan adalah membangun hubungan dengan pelanggan.

Sebagai seorang pemiliki bisnis atau entrepreneur, sudahkah Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda?

Begitu banyak pelaku penjualan, menjual produknya, namun ada  trik sederhana agar Anda bisa menjaga loyalitas dan membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat Anda menjadi seorang recommended seller atau remarkable seller di mana saya terinspirasi oleh si penjual iPad di atas. Sangat sederhana, yaitu melakukan konfirmasi pembelian. Berikut adalah tips sederhana yang bisa membangun hubungan dengan pelanggan dengan dampak yang sangat terlihat:

  1. Saat kita sedang bertatap muka langsung, maka posisikan diri kita bukan sebagai ‘penjual’, namun sebagai seseorang yang mampu memecahkan masalah dari orang yang sedang kita tangani. Maka, sangat penting untuk mengetahui seluruh aspek produk dan di mana letak diferensiasinya. Jika Anda menjual TV, maka Anda perlu tahu mana TV yang bisa memenuhi kebutuhan khusus.
  2. Setelah orang tersebut membeli produk kita (di mana membeli produk kita berarti kita menyelesaikan masalah mereka), jaminlah bahwa kita siap dihubungi sebagai bentuk komitmen after sales.
  3. Ini yang penting, konfirmasi pembelian. Saat pelanggan sudah membeli produk kita, akan lebih baik dan bernilai tambah saat kita mencoba berinisiatif menghubungi pelanggan, bertanya apakah semua baik-baik saja, dan bila tidak, hal apakah yang bisa kita bantu. 

Poin nomor 1 dan 2 umumnya adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan closing sales, namun poin 3 inilah yang lebih penting yaitu membuat pelanggan merasa nyaman dan diperhatikan betul-betul sebagai seorang pelanggan. Inisiatif nomor tiga ini seringkali digunakan untuk strategi repeat order di lembaga pelatihan saya, bertanya kepada klien apa kabar mereka, dan apa yang bisa kita bantu lagi untuk membuat mereka lebih baik.

Membangun hubungan dan relasi dengan pelanggan tidaklah sulit. Dengan modal telpon bahkan blackberry sekalipun, kita dapat membuat hubungan yang dekat dengan pelanggan.

Tips dari saya setelah Anda membaca tulisan ini:

Cobalah telpon atau hubungi pelanggan Anda minimal setelah 48 jam pembelian. Tanyakan apa kabarnya dan apakah ada yang bisa kita bantu? Pastikan semua berjalan dengan baik dan berjalan sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar