Uncategorized

Catatan Entrepreneurship Talks (Etalks) 2012

SimplyProductivePada tanggal 20 hari ini, Center for Entrepreneurship Development and Studies menyelenggarakan sebuah acara besar, yaitu talkshow kewirausahaan mahasiswa nasional: Etalks 2012 dengan tajuk Grow Your Business with Character. Acara kemarin boleh dibilang sangat seru karena dihadiri lebih dari 250 peserta di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia.

Pembicaranya pun sangat beragam dan merupakan pebisnis-pebisnis hebat. Acara dibuka dengan keynote speaker dari Prof. Firmanzah, Rathoyo Rasdan, dan Raja Sapta Oktohari, Ketua HIPMI UI. Acara pun berlangsung sangat menarik dan meriah. Ingin tahu bagaimana meriahnya acara ini? Monggo dibaca lebih lanjut!

Sesi Talkshow yang Membuka Insight Baru

Jujur sesi talkshow yang terdiri dari dua sesi ini membuka insight baru khususnya untuk saya dalam berbisnis. Di sesi pertama, saya diberikan kehormatan menjadi moderator untuk memimpin jalannya talkshow. Bayangkan, alhamdulillah saya berada satu panggung dengan orang-orang hebat. Mereka adalah Pak Agung Waluyo (Direktur Training Universitas Ciputra), Pak Didi Diarsa (Vice President Komunitas TDA), dan Pak Syahrial Jusuf (CEO LP3I dan penemu konsep SEQ).

Masing-masing pembicara diberi kesempatan memaparkan materi selama 20 menit tentang pentingnya berbisnis berbasis karakter. Pesan terpenting yang disampaikan oleh Pak Agung adalah karakter utama dari bisnis ialah integritas. Don’t ever promise something that you can’t deliver. Sebuah pesan yang sangat mendalam, di mana melanggar karakter itu adalah cara bunuh diri paling mudah bagi seorang pengusaha.

Bagaimana dengan Pak Didi Diarsa? Pak Didi menjelaskan tentang komunitas TDA sekaligus menyampaikan pentingnya kepedulian terhadap sesama pengusaha lainnya, memiliki mentor, dan saling berbagi. Saling berbagi dapat menjadi tabungan energi positif bagi pengusaha yang kemudian akan menumbuhkan rasa saling peduli.

Pak Syahrial kemudian memperkuat citarasa ‘karakter’ bagi pengusaha yaitu pentingnya melandasi kewirausahaan dengan kecerdasan spiritual. Maksudnya adalah kita memilih jalan menjadi wirausaha untuk mempersiapkan diri menghadapi hidup setelah mati, karena kita makhluk akhirat. Maka sangat penting dalam berwirausaha kita memegang teguh Al Quran dan sunnah nabi karena nabi Muhammad dan para sahabat juga dulunya adalah seorang pengusaha sukses. Pokoknya keren banget deh penjelasan beliau! 🙂

Sesi talkshow berikutnya tidak kalah seru dari Mas Asmui (Owner Javapuccino), Dewa Eka Prayoga (Motivator), dan Mas Rangga Umara (Owner Lele Lela). Tapi sayangnya untuk sesi mereka saya sedang mempersiapkan gathering TDA Kampus sehingga tidak mengikuti sesi sampai selesai.

Sebelum sesi talkshow kedua, saya beserta Ibnu (Ketua CEDS), dan Ara (Ketua HIPMI UI diberikan kesempatan untuk berada di atas panggung bersama untuk menjelaskan pentingnya berkomunitas bagi wirausahawan muda. Sesi ini walaupun singkat, namun berhasil menggerakkan minat peserta untuk memulai mencari jaringan dan berkomunitas.

Embedded image permalink

Beberapa ilmu dari pembicara hebat kita di Etalks 2012 ini akan saya share nanti di blog kesayangan kita ini. Jadi, pantau terus ya! Hehe..

Gathering TDA Kampus

Oke, salah satu acara asyik di Etalks ini kita juga mengadakan gathering TDA Kampus. Gathering ini selalu ditunggu-tunggu loh oleh semua anggota dan pengurus di TDA Kampus. Di gathering kali ini kemarin kita melakukan sharing-sharing kewirausahaan dan juga memberikan tantangan istimewa buat mereka yang belum memiliki bisnis dan kartu nama. Apakah tantangannya?

Tantangannya sederhana, setiap orang ditantang untuk melaporkan tentang perkembangan bisnis mereka dan juga brand serta logonya. Dilaporkan di grup Komunitas TDA Kampus atau milis TDA_Kampus@yahoogroups.com (Belum join? Join dulu doong). Selain itu buat yang belum memiliki kartu nama mendapatkan tantangan untuk melampirkan desain kartunama nya di milis tersebut.

Kita lihat nanti berapa banyak yang akan memberikan laporan yah, hehe.. :), dan ini adalah foto-foto gathering kita yang kece.

Embedded image permalink

Saya sendiri sebagai ketua Komunitas TDA Kampus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus TDA Kampus atas kerja kerasnya telah membantu membukan stand dan menemani acara gathering kali ini yang semoga berkesan buat kita semua. 🙂

Applause untuk Panitia Etalks 2012

Saya selaku wakil ketua dari Center for Entrepreneurship Development and Studies UI mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh panitia Etalks 2012 atas penyelenggaraan Etalks 2012 yang luar biasa. Etalks 2012 merupakan sebuah tonggak lahirnya perubahan di CEDS UI yang memiliki 3 landasan visi, di mana ingin agar semua anggota memiliki bisnis, jaringan, dan mampu memberikan kontribusi yang sustain kepada masyarakat. Etalks UI 2012 ini merupakan sarana untuk memberikan kontribusi tersebut.

Saya selaku wakil ketua CEDS UI secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Karim sebagai PO dan Fithor sebagai Wa-PO yang sudah berjuang keras untuk menyelenggarakan acara ini, beserta seluruh panitia lainnya yang sempat kontak dengan saya, Mayang, Atika, Nadya, Nurul, Adlina, Fitri, Pandya, Suci,  Sya, Milzam, Dani, daaaan semua yang gabisa saya sebutin satu per satu. Tanpa kalian, acara ini tidak akan bisa berjalan lancar. Terima kasih ya, kalian sudah menyumbangkan tenaga, keringat, kerja keras untuk menularkan semangat kewirausahaan di Universitas Indonesia kita tercinta. Salut untuk kalian. Student Today, Entrepreneur Also!

Semangat dan semoga bisnis kalian juga semakin berkembang!

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!