Diary

CerdasMulia Ramadhan Roadshow – Catatan Training di Pesantren Al-Munawaroh Tasikmalaya

Alhamdulillah di hari Senin yang luar biasa ini, saya beserta tim CerdasMulia diberikan kesempatan untuk melaksanakan program CerdasMulia Ramadhan Roadshow yang kali ini diselenggarakan di Pesantren Al-Munawaroh, Tasikmalaya. Tim yang berangkat pada training kali ini adalah saya, ditemani dengan Moh. Ryan dan di Tasikmalaya sudah menunggu M. Amar Khoirul Umam.

Training di Tasikmalaya kali ini ditekankan untuk memberikan peringatan secara mendalam kepada seluruh peserta di Pesantren Al-Munawaroh terkait dengan memanfaatkan Ramadhan dengan optimal. Ramadhan yang sudah berjalan selama 4 hari ini, apakah sudah dimanfaatkan dengan optimal? Bagaimana memanfaatkan Ramadhan kita agar optimal tersebut?

Training yang berlangsung selama 2 jam dan dilaksanakan setelah shalat tarawih berjamaah ini diikuti oleh sekitar 60 peserta yang sangat antusias luar biasa. Dalam training ini saya menggunakan metode training triple contemplation, di mana dalam training ini ditekankan kepada seluruh peserta untuk merenungi kembali kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dalam amalan-amalan yang dilakukan. Metode triple contemplation adalah metode yang dikembangkan oleh CerdasMulia untuk membuat perubahan mendasar dan mengakar pada setiap diri peserta dalam waktu singkat. Makanya dalam training ini, nyaris seluruh peserta tidak dapat menahan untuk menitikkan air mata selama sesi training berlangsung. Dipandu dengan cara pembawaan training yang dari hati ke hati, bisa dibilang 80 persen materi yang dibawakan menggugah dan mampu menyentuh hati masing-masing peserta.

Slide yang dibuat bernuansa renungan di Bulan Ramadhan

CerdasMulia selalu menitikberatkan bahwa setiap keberhasilan sebuah training dilihat dari dampak dan perubahan yang terjadi pada diri peserta. Maka, permintaan dari Ponpes yang ingin kami memberikan materi yang powerful, membuat kami menggunakan metode triple contemplation selama sesi berlangsung. Materi yang dibawakan membicarakan seputar keutamaan Ramadhan, amalan-amalan ibadah yang ada di bulan Ramadhan, renungan ibadah, dan renungan kematian (seandainya ini adalah Ramadhan terakhir).

Suasana peserta yang tidak dapat menahan untuk menitikkan air mata selama training berlangsung

Begitu banyak keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan. Seperti yang kita ketahui, di mana bulan Ramadhan adalah bulan yang terdapat malam diturunkannya Al-Quran. Bulan yang di mana pintu-pintu langit dibuka dan ditutuplah pintu neraka. Bulan yang semua amalan dilipatgandakan pahalanya.

Tetapi, sudahkah kita optimal melaksanakan Ramadhan kita?

Bagaimana dengan shalat-shalat kita? Bagaimana dengan tilawah Quran kita? Bagaimana dengan hafalan Quran kita? Dan yang paling penting, seandainya kali ini adalah Ramadhan terakhir kita, apa yang akan kita lakukan?

Semoga training yang berlangsung singkat ini dapat menjadi sebuah perantara untuk terciptanya kebaikan-kebaikan yang lebih luas di Bulan Ramadhan. Selamat dan semangat untuk adik-adikku di Pesantren Al-Munawaroh, Tasikmalaya. Semoga kita bisa berjumpa lagi ya di lain waktu. 🙂

Berikut ini adalah slide yang dibawakan pada Training Pesantren Ramadhan di Pesantren Al-Munawaroh.

 

Beberapa slide blank dan tidak ditampilkan adalah slide berupa video. Ingin merasakan bagaimana rasanya short training atau inspirational seminar ala CerdasMulia? Yuk langsung saja klik http://cerdasmulia.com

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!