Uncategorized

Challenge Yourself! Hiduplah dalam Tantangan

“Kalau dulu Bung Karno terkenal dengan perkataannya, Vivere Pericoloso. Hidup secara Berbahaya. Kalau sekarang dari saya, hidup secara menantang.”

Saya sering sekali mendapatkan email masuk atau wall yang menganggap saya mengalami ‘percepatan kemajuan’ yang sangat pesat sekali dibandingkan dulu terakhir saya bertemu dengan kerabat. Dimulai dari menghasilkan buku, mempunyai tiga perusahaan jasa dan satu toko motivasi, menjadi pembicara di berbagai seminar dan training, intinya mungkin BEST ya, menjadi Book Writer, Entrepreneur, Seminar and Motivation Speaker, dan Trainer Coach, hehe. Tapi sebenarnya semua bisa seperti sekarang ini karena memang ada satu hal yang biasa saya terapkan, dan alhamdulillah itu mengakselerasi beberapa pencapaian saya. Mau tahu bagaimana caranya?

Dulu saya pernah sekali mengalami masa kehidupan yang sangat bosan. Hidup itu rasanya biasa-biasa saja. Tidak ada yang menarik. Tidak ada spirit, bener-bener biasa aja gitu loh. Sampai akhirnya saya bertemu dengan seorang mentor di komunitas kewirausahaan yang membuat hidup saya menjadi lebih asyik. Kenapa? Karena saya selalu ditantang untuk membuat capaian-capaian tertentu.

Sebagai contoh, waktu itu saya ingin sekali berbisnis, ingin sekali memiliki usaha sendiri. Tetapi bingung, darimana ya memulainya? Sampai akhirnya saya membuat list-list yang harus dikerjakan sebagai challenge, atau tantangan yang harus dipenuhi. Saya pada waktu itu berpikir, jika seandainya saya bisa menyelesaikan challenge-challenge ini, berarti saya bisa mencapai semua hal yang saya inginkan. Tetapi jika tidak bisa, ketahuanlah bahwa saya orang yang hanya berangan-angan kosong saja.

Maka setiap hari saya memecah goals menjadi tantangan-tantangan kecil. Sehingga, setiap hari hidup saya menjadi lebih seru karena ada ‘tantangan-tantangan’ yang harus saya selesaikan tadi. Challenge Yourself. Setau saya, teman-teman saya yang saat ini belum memiliki capaian apa-apa karena memang hidupnya biasa saja. Tidak ada ‘tantangan-tantangan’ khusus dalam hidupnya.

Dulu, memiliki sebuah buku sendiri itu rasanya benar-benar mimpi. Sampai akhirnya sekarang sudah punya 3. Dulu, memiliki lembaga training sendiri rasanya mustahil tetapi sekarang sudah punya lembaga CerdasMulia dan sudah memiliki 8 orang trainer, kabar gembira rencananya sebentar lagi juga akan membuka online MotivaStore yang terbesar dan terlengkap. Kemudian dulu juga menjadi yang namanya ‘Mahasiswa Istimewa Berprestasi’ itu tidak pernah yang namanya kepikiran deh. Minder rasanya kalau mau mendaftar menjadi mapres, tetapi alhamdulillah karena challenge itu tadi, tahun 2012 ini mendapatkan runner up mahasiswa berprestasi. Walaupun runner-up, tetapi berarti banget buat saya yang berangkat dari nol untuk mengumpulkan capaian selama kuliah.

Ternyata, hidup yang menantang memang benar-benar dapat melejitkan hidup saya. Nah, bagaimana dengan sahabat semua? Apa saja tantangan-tantangan yang sudah disusun? Sudahkah tercapai? Jika tercapai, insyaAllah kita bisa mendapatkan apapun yang diinginkan. Jika gagal, jangan sedih karena masih banyak jalan untuk mencapainya.

Saya jadi paham sekarang, inilah kenapa walaupun semua orang sama-sama memiliki waktu 24 jam, tetapi jejak capaian mereka berbeda-beda. Ternyata yang membedakan adalah tantangan hidup mereka.

Challenge Yourself, hiduplah dalam tantangan.

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!