Uncategorized

Counting Blessing and Happiness

Catatan Kepala: “Dan (ingatlah) ketika Tuhan kamu memberitahu: Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah nikmatKu kepadamu dan sesungguhnya, jika kamu kufur (ingkar) sesungguhnya azabKu amatlah pedih” [QS. Ibrahim: 7]

Saat kemarin sedang mempersiapkan karya tulis unuk persiapan lomba mahasiswa istimewa berprestasi, iseng-iseng saya bertanya pada sahabat saya di fakultas psikologi tentang apa tema karya tulis yang ingin dipersiapkannya. Dia kemudian memberitahu saya bahwa dia masih bingung ingin membawa tema yang mana. Dia memiliki banyak sekali topik yang menarik, salah satu topik yang menarik keingintahuan saya adalah topik mengenai Counting Blessing dalam kaitannya meningkatkan keebahagiaan dan mencegah seseorang untuk bunuh diri.

Counting Blessing sendiri secara sederhana dapat dijelaskan dengan selalu mengingat dan membiasakan menghitung berapa besar nikmat yang kita miliki serta berapa besar nikmat yang sudah kita terima. Hal ini ternyata berdampak cukup signifikan, khususnya bagi para pelajar sekolah, mereka menjadi lebih semangat belajar, terbuka, dan berprestasi karena dalam kelas para guru menerapkan metode counting blessing ini.

Caranya sederhana, guru-guru tersebut sebelum mulai membuka pelajaran, menyuruh murid-muridnya untuk menulis di selembar kertas, “Apa kegiatan yang membuatku tersenyum selama 2 hari terakhir?”, atau “Alasan apa yang membuatku harus tetap hidup? Berapa besar kenikmatan yang kuterima tetapi tidak diterima oleh yang lain?” Ternyata respon mereka sangat luar biasa dan mereka menjadi lebih bersyukur terhadap hidup mereka.

Sahabat, hal ini persis bisa kita tiru dalam kehidupan kita. Seberapapun kita jatuh, ingatlah bahwa masih terlalu banyak hal yang bisa kita syukuri. Counting Blessing, hitunglah berapa besar nikmat dan karunia yang telah kita terima setiap harinya. Sahabat, tidak peduli bagaimana kita jatuh, tetapi di satu sisi kita masih punya banyak sekali hal untuk kita syukuri keberadaannya, bukan?

Bagaimana kalau setiap mengawali hari kita mencoba membiasakan untuk counting blessing, atau menghitung nikmat dan meningkatkan rasa syukur? Allah menitipkan berbagai macam kesempatan dan potensi yang besarnya luar biasa pada diri kita, hanya saja ketika kita sedang gagal, kita cenderung berfokus pada kegagalan kita. Padahal Allah sudah menjanjikan jika kita menjadi orang yang dipenuhi rasa bersyukur, niscaya Allah akan mengirimkan nikmatNya dengan lebih banyak lagi. Justru ketika kita merasa sebagai orang yang serba kurang, kita tidak akan pernah mendapatkan apapun. Jika saya disuruh menyebutkan satu kata yang menggambarkan kebahagiaan, maka saya akan langsung menjawab: bersyukur.

Semoga bermanfaat untuk sahabat CerdasMulia. Apakah ada masukan dan saran? Yuk, monggo ditulis di kotak komentar. ^_^b

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!