Uncategorized

Create The Opportunities

Dulu sewaktu saya memutuskan memulai usaha semenjak masih kuliah, banyak teman-teman dan bahkan sahabat saya yang berkata, “Hati-hati, Ry. Yang penting lulus dulu. Baru setelah itu bisnis. Awas kena Drop Out.” Saya selalu mengingat pesan ini. InsyaAllah saya tidak mau DO. Saya ingin kuliah saya tamat dengan prestasi gemilang. Amiin..

Lantas, kenapa sih kemudian saya mencoba untuk membuka usaha saat masih kuliah? Tidak lain karena saya ingin belajar dan berlatih bagaimana menciptakan kesempatan. Ya, bukan mencari atau menunggu, tetapi MENCIPTAKAN kesempatan.

Saya dididik dari sebuah pemahaman keluarga dan lingkungan yang sangat sederhana. Kamu sekolah, kuliah, lulus kemudian kerja, berkeluarga, lalu meninggal dengan tenang. Hidup ternyata sesederhana itu ya fasenya? Hehe.. Kok rasanya ya hidup ‘lempeng’ banget kalau jalannya seperti itu. Setelah berpikir, ternyata memang masih ada yang kurang. Coba tebak apa tuh yang kurang?

Sadar atau tidak, fase seperti itu membuat suatu jebakan pikiran pada setiap mahasiswa rata-rata yang ada di lingkungan saya. Bekerja itu baru boleh setelah kuliah. Setelah kuliah selesai, barulah kita mencari kesempatan untuk mencari rezeki. Tunggulah kesempatan itu datang setelah kuliah kita selesai.

Saya tidak sanggup lagi memberikan betapa banyak anak muda seumuran saya yang mencoba untuk ‘mencuri start’ kesuksesannya duluan dibandingkan yang lain, termasuk saya. Seperti contoh teman-teman saya seperti Iman Usman, mapres UI dan Nasional 2012 dan David Imannuel yang capaian jejaknya melebihi rata-rata anak seumuran. That’s Right! Di saat yang lain hanya menunggu kesempatan, mereka create the opportunity.

Sedihnya, di zaman teknologi informasi sekarang ini, sukses di usia muda menjadi sangat mungkin dan memungkinkan sekali dengan cara menciptakan peluang! Tapi jarang dari mereka yang berani untuk menjemput bola di usia belia karena menunggu waktu yang tepat…. yang tidak tahu kapan.

Banyak dari mahasiswa khususnya yang masih terjebak pada paradigma pemikiran lama. Looking for Opportunities atau tunggu kesempatan datang. Kenapa tidak mencoba untuk menjemput bola sedini mungkin jika memang itu bisa dilakukan? Kenapa tidak mencoba untuk membuat peluang sendiri?

Sedikit ilustrasi, saya pernah ditertawakan oleh seorang guru saat saya bilang bahwa saya ingin menjadi seorang pelatih citizen journalism. Kata dia, saya tidak mungkin dapat peluang, saya anak teknik, tidak tahu teori menulis apalagi jurnalistik, dan lain sebagainya.

I tried to create opportunities, then. Apa yang kemudian saya lakukan adalah membuat blog sederhana ini, membuat tulisan-tulisan setiap hari di dalamnya (sebuah hal yang cukup sulit dilakukan orang-orang), dan menunjukkan bahwa media blogging bisa jadi sarana yang baik untuk citizen jorunalism. Tahu apa yang terjadi? Saya diundang ke Fakultas Ilmu Budaya, memberikan pelatihan untuk anak-anak sastra tentang blog dan citizen journalism! Setelah itu bergulir  insyaAllah Desember nanti saya ke Fakultas Ilmu Komputer untuk sedikit sharing tentang pemanfaatan teknologi dalam penulisan islami.

Thanks to internet and social media yang dapat amat sangat membantu menciptakan peluang bagi diri kita. 🙂

Saya juga punya keinginan untuk membuka lembaga pelatihan edukasi dan akademik sendiri. Tapi, darimanakah saya memulai? Bukankah membuka lembaga pelatihan itu rumit? Saya tidak tahu harus darimana mulainya. Apakah saya harus menunggu bola datang kepada saya? Apakah saya harus mengambil master di Psikologi dulu? Akhirnya saya memutuskan untuk belajar langsung ke ESQ, Sinergi Fitrah 2201, mengumpulkan staf dan tim, mengikuti seminar, training for trainer, dan akhirnya berdirilah CerdasMulia Leadership and Training Center di tahun 2011 yang sekarang memiliki 9 trainer dan menangani lebih dari 100 klien.

Tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai selama kita masih bisa menciptakan peluang. Mengapa harus menunggu jika kita bisa menjemput bola sekarang? Memang sih, jika misal kita masih kuliah pasti kita akan terpecah belah konsentrasinya. Tapi justru di situlah tantangannya. Banyak sekali kesempatan-kesempatan yang bisa diciptakan selama kuliah dibandingkan hanya dengan duduk di bangku kuliah atau ikut organisasi saja. Tidak perlu menunggu lulus dulu untuk bisa mengaktualisasikan diri. Jika kita bisa menciptakan keempatan sekarang juga, kenapa tidak?

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda. Bidang yang ditekuninya saat ini adalah metode pemodelan dan simulasi sistem untuk pengambilan keputusan di bidang transportasi, khususnya transportasi laut.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmwan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Arry berpengalaman sebagai narasumber di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)gmail.com.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!