Uncategorized

Deliver on What You Promise

Akhir-akhir ini banyak sekali email masuk ke inbox saya yang bertanya, “bagaimana agar dalam bisnis kita bisa mendapatkan kepercayaan?”. Banyak yang bercerita bahwa begitu sulitnya untuk bisa dipercaya. Saat ini orang sudah tidak peduli dengan broadcast-broadcast message di BBM yang berkata bahwa saksikan seminar ini! karena pasti akan berpengaruh dalam hidup Anda. Who cares?

Meraih kepercayaan siapapun, sejak dulu hingga sekarang, walaupun ilmu tetap berkembang namun intinya hanya ada satu: Deliver on What You Promise. Jadi, jika selama ini Anda ingin meraih kepercayaan, berikan apa yang Anda janjikan. Jika memang Anda tidak dipercaya, bisa jadi Anda pernah melanggar sesuatu yang Anda janjikan. Tulisan kali ini akan membahas hal-hal apa yang umumnya luput saat kita mencoba untuk menepati janji-janji kita, baik untuk corporate maupun personal.

Personal Tips

Sebagai salah satu pengamat di bidang branding, deliver on what you promise adalah satu dari sekian prinsip penting yang perlu untuk dipegang dan diaplikasikan bagi siapa saja yang memang ingin mendapatkan kepercayaan.

Saya sering sekali berinteraksi dengan mahasiswa seangkatan atau bahkan di bawah saya. Seringkali mereka mengajak untuk bertemu atau meeting di jam tertentu. Namun setelah saya datang tepat waktu, mereka malah datang setengah jam kemudian. Saya tidak memungkiri, Anda pun mungkin pernah merasakan atau justru menjadi orang yang telat. Namun dari hal kecil itu, justru bagi beberapa orang Anda sudah kehilangan banyak poin untuk bisa dipercaya.

Berikut adalah beberapa tips kecil agar dapat meraih kepercayaan:

  • Tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang dibuat
  • Mengumpulkan tugas sesuai dengan deadline yang dijanjikan
  • Mengerjakan sesuatu dengan kualitas sesuai dengan yang dijanjikan atau bahkan lebih baik dari itu
  • Jujur, berkata hal yang bisa dipercaya dan memang benar adanya

Saya juga seringkali heran dengan teman-teman mahasiswa saya yang sama sekali belum tahu bagaimana dunia profesional itu bekerja. Masih banyak saja yang menganggap waktu itu bisa ‘dipelintir’ sedemikian rupa, sehingga beralasan untuk membatalkan agenda meeting. Bahkan ada juga dengan alasan sibuk dan sebagainya, janji untuk memberikan sesuatu tidak terlaksana. Deliver on What You Promise ini berlaku untuk setiap orang karena ini menyangkut personal branding dari Anda sendiri.

Bagi studentpreneur, personal brand adalah salah satu intangible asset yang penting karena bisa jadi orang membeli produk Anda bukan karena nama dari produk Anda, tetapi dari siapa diri Anda.

Corporate/Organization/Community Tips

Saya adalah orang yang berpendapat bahwa brand bukan hanya masalah logo, warna, dan text. Brand adalah tentang karakter yang bisa Anda berikan. Saat ini, berapa banyak dari produk yang menggembar-gemborkan bahwa produk mereka adalah produk terbaik yang ada di pasaran? Namun saat dicoba, ternyata apa yang mereka janjikan tidak sesuai! Barangnya cepat rusak, garansi tidak bisa diklalim, dan berbagai kesulitan lain. Akhirnya apa? Zaman informasi seperti ini sudah sangat mudah untuk melemparkan kekecewaan di media massa dan media sosial. Penyebaran informasi dari mulut ke mulut pun terjadi dan pada akhirnya habislah pelanggan Anda.

Tips untuk yang memiliki brand dalam bentuk komunal atau bisnis:

  • Buat penawaran yang Anda sanggup memenuhinya
  • Tidak berlebihan dalam penawaran atau branding (Misal Anda berkata bahwa pisang goreng Anda no.1 paling enak se-dunia.)
  • Buat banyak orang mudah dalam menghubungi Anda, atau membuat sebuah platform untuk keep in touch.
  • Berikan janji purna jual sesuai yang Anda janjikan. Biasanya perusahaan sering menambahkan titik kecil, sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku, di mana poin itu sangat karet dan sulit diklaim. Kalau yang seperti ini saya lebih memilih layanan lain saja karena beda tipis dengan penipuan.

Orang bilang bahwa marketing, pemasaran, dan penawaran beda tipis dengan penipuan. Bagi saya, hal tersebut tidak relevan karena di masa sekarang orang begitu mudah dan cerdas untuk mengetahui dan menindak apa yang namanya penupuan. Jika menipu seperti itu, bukanlah marketing. Marketing dilakukan based on value, attitudes, and character. 

Yup, sekian pembahasan dari saya. Siapapun Anda, baik dalam organisasi ataupun seorang diri, just deliver on what you promise. Sekali dua kali Anda tidak menepati apa yang Anda janjikan, bisa jadi seumur hidup orang tidak akan percaya dengan Anda.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!