Could create table version :No database selected Download Gratis Ramadhan Planner 2020 untuk Meningkatkan Produktivitas di Bulan Suci Ramadhan | Arry Rahmawan
Pengembangan Diri Produktivitas Hidup

Download Gratis Ramadhan Planner 2020 untuk Meningkatkan Produktivitas di Bulan Suci Ramadhan

Written by Arry Rahmawan

[Catatan: Artikel ini diawali dengan review dan tutorial cara mengisi Ramadhan Planner 2020. Untuk mengunduh, bisa langsung menuju bagian akhir artikel]

Tidak terasa sebentar lagi Bulan Ramadhan 2020 akan segera tiba! Saya senantiasa berdoa kepada Allah, di tengah kesulitan wabah COVID-19 saat ini saya diberikan kesehatan agar bisa menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan di tahun 2020. Ramadhan kali ini tentunya akan sangat berbeda dengan Ramadhan bulan – bulan sebelumnya. Teringat di tahun lalu, kita masih diberikan nikmat oleh Allah untuk bisa  bersilaturahim ke orang tua atau kerabat sebelum berpuasa (istilahnya di daerah saya namanya cucurag). Tidak lupa juga menikmati betapa ramai riuhnya Ramadhan di mana jamaah shalat tarawih yang sampai luber ke luar masjid. Kalau sudah di tengah Bulan Ramadhan, tiba – tiba jadwal jadi padat seperti pejabat karena harus memenuhi undangan buka bersama di berbagai tempat. Hingga kemudian ditutup dengan manisnya i’tikaf di 10 haru terakhir Ramadhan, sambil memastikan tubuh fit untuk bersiap mudik di kampung halaman tercinta.

Hal – hal yang saya sebutkan tadi kemungkinan besar tidak akan kita jumpai di tahun ini, karena wabah COVID-19 yang sedang merebak di seantero negeri. Walaupun terlihat membuat Ramadhan ini akan membosankan karena kita disarankan untuk berdiam diri di rumah saja, tetapi menurut saya banyak sisi positif yang bisa didapatkan. Salah satu hal positif nya adalah tentu kita dapat meningkatkan fokus dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kesibukan (mungkin) akan berkurang, di mana waktu yang ada benar – benar bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan jumlah halaman membaca Al Quran, menambah rakaat shalat sunnah, hingga mengikuti berbagai kajian. Namun, di sisi lain di rumah saja juga bisa menjadi ancaman produktivitas. Dengan metabolisme tubuh yang berubah (dari tidak puasa ke puasa) umumnya akan membuat tubuh lebih cepat merasa lelah dan mengantuk. Sehingga, bukan tidak mungkin dengan kita Ramadhan di rumah ini justru akan semakin banyak tidurnya, membuat waktu terbuang sia – sia.

Untuk mencegah waktu di Bulan suci Ramadhan terbuang percuma, maka sangat penting untuk kita membuat target – target capaian kecil agar bisa memaanfaatkan waktu dengan baik. Jangankan ibadah, penelitian menunjukkan liburan yang terencana membuat kualitas liburan lebih bermakna dan terkenang dibanding yang tidak merencanakan [1]. Sebagai tambahan, penelitian di tahun 2011 menunjukkan, mereka yang terbiasa membuat target capaian untuk hari berikutnya, akan merasakan kepuasan dalam menjalani hari, mencapai hasil kerja lebih banyak, dan mengurangi perasaan bersalah karena sudah menyia – nyiakan waktu [2].

Oke, jadi kita semua sudah tahu pentingnya membuat target – target harian (walaupun kecil). Lalu, bagaimana cara membuat perencanaan ini?

Di sinilah saya menyarankan sahabat untuk menggunakan yang namanya Ramadhan Planner. Ramadhan planner adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk melakukan perencanaan harian. Di Bulan Ramadhan tahun 2020 ini, istri saya menggunakan Paket Ramadhan Planner 2020 dari KMPro. Kalau saya, sama seperti tahun – tahun sebelumnya menggunakan Ramadhan Planner dari Inspirasi Islami. Selain karena gratis, visual desainnya menurut saya sangat bagus. Selain itu, planner ini sederhana, tidak terlalu ribet (beberapa planner saya lihat terlalu banyak mengisi ini itu), dan berorientasi aksi. Saya akan sedikit review Ramdhan Planner 2020 tahun ini dari Inspirasi Islami.

Review Ramadhan Planner 2020 dari Inspirasi Islami dan Cara Mengoptimalkannya

Ramadhan Planner 2020 ini terbagi menjadi 2, yang satu adalah buku dan yang kedua adalah lembar evaluasi capaian ibadah harian. Saya akan mulai dari review buku dulu ya.

Tebal buku ini sekitar 60-an halaman, di mana setiap harinya ada 2 halaman yang bisa digunakan. Di bagian awal buku, kita diminta untuk menuliskan identitas sebagai pemilik. Identitas ini sebenarnya untuk alamat atau kontak pengembalian jika buku ini hilang. Selain itu juga ada boks besar yang berisi “Target Ramadhan Kali Ini”.  Untuk membuat target, saya menyarankan Anda untuk membaca dan menonton video berikut ini:

Intinya, Anda bisa menuliskan apapun target Ramadhan Anda, asalkan spesifik, terukur, jelas secara kuantitatif dan kualitatif. Misalnya:

“Ramadhan 2020 saya bisa menghafalkan seluruh surat di Juz ‘Amma (Juz 30) dengan tartil sempurna”

“Ramadhan 2020 saya bersedekah total sebesar Rp5.000.000 kepada masyarakat Indonesia terdampak COVID-19, tanpa perlu diketahui orang lain.”

Berhubung boks nya kecil, ini bisa membantu kita untuk memprioritaskan apa target utama Ramadhan yang ingin kita tuntaskan. Pilih 1 – 3 yang paling penting, agar kita bisa fokus dalam menuntaskannya.

Halaman berikutnya adalah “AGENDA HARIAN” dengan border hijau. Agenda harian ini bisa diisi pada malam sebelum tidur di hari sebelumnya, atau pagi hari setelah sahur. Terdapat 5 boks, yaitu target harian, kegiatan hari ini, keuangan, menu buka puasa, dan menu sahur.

Sebagai laki – laki dan suami, saya melihat boks yang paling esensial buat saya adalah yang sebelah kiri. Target harian, berarti hal yang harus saya selesaikan di hari itu. Sementara “kegiatan hari ini” adalah hal yang bisa saya lakukan, setelah target harian selesai.

Misal, target utama saya adalah:

  1. menulis 2 halaman hasil riset (karena saya sedang PhD)
  2. membaca Al Quran 1 juz beserta artinya

Ketika sudah selesai, saya pindah ke rencana kegiatan hari ini, misalnya:

  1. Mengikuti kajian Ramadhan dari Ustadz X
  2. Menelpon dan menjalin silaturahim dengan orang tua, kakak, adik, atau kerabat dekat.

Menurut saya hanya dua box itu yang esensial, sisanya opsional, namun di tengah pandemic COVID-19 ini jadi sangat penting. Boks yang di sebelah kanan menurut saya akan sangat bermanfaat buat saya diskusi bersama istri untuk merencanakan menu buka puasa dan menu sahur yang sehat untuk keluarga. Untuk keuangan, di masa pandemik COVID-19 dan juga pekerjaan saya yang bukan pekerjaan harian/freelance/atau pedagang, bagian pemasukan tidak bisa saya rencanakan secara harian. Saya hanya bisa menggunakan yang rencana pengeluaran saja.

Berlanjut ke halaman berikutnya, terdapat bagian “AMALAN HARIAN” dengan pembatas box berwarna kuning. Menurut saya, ini dapat diisi di sore atau malam hari sebagai form untuk evaluasi atas hari yang berjalan. Bagian amalan harian ini juga bisa menjadi lembar evaluasi dari agenda harian yang kita isi sebelumnya. Anda tinggal memberikan centang untuk amalan harian yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, di bagian agenda harian saya menulis “membaca Al Quran 1 juz beserta artinya”. Maka di amalan harian ini saya bisa mengisi di bagian “Tilawah berapa juz” dan “Sampai mana?”

Bagian amalan harian ini bisa jadi bagian penting untuk muhasabah, evaluasi diri, dan melakukan perbaikan untuk keesokan harinya.

Halaman berikutnya adalah halaman yang sama seperti sebelumnya untuk hari – hari berikutnya.

Bagian lain dari Ramadhan planner yang menurut saya paling impactful adalah lembar evaluasi capaian ibadah harian. Lembar evaluasi ini bisa dijadikan alternatif untuk bagian Amalan Harian, sehingga kita cukup mengisi lembar ini saja.

Atau, lembar ini bisa digunakan untuk melakukan ‘perlombaan kecil’ dengan keluarga. Jadi, yang di planner tetap diisi sebagai catatan pribadi, sementara yang lembar ini untuk ditempel di tembok bersama anggota keluarga lain untuk saling menyemangati capaian masing – masing. Seru kan? Cara mengisinya mudah, Anda tinggal centang yang sudah Anda lakukan.

DOWNLOAD RAMADHAN PLANNER 2020

Tidak sabar mengunduhnya? Silakan klik link berikut ini,

UNDUH RAMADHAN PLANNER 2020 GRATIS DI SINI

Semoga bermanfaat buat rekan – rekan semuanya. Sekaligus saya dan keluarga ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 2020. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita agar menjadi manusia yang lebih bertaqwa.

Terkhusus pada tim Inspirasi Islami, semoga Allah SWT memberikan pahala yang tidak terputus hingga akhirat nanti atas karyanya yang sangat membantu umat Islam ini. Terus semangat dalam berkarya!

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!