Uncategorized

Dua Pelajaran Penting Saat Berbisnis

Memiliki bisnis sendiri merupakan hal yang banyak diidamkan semua orang, karena dengan memiliki bisnis sendiri diharapkan kita bisa memperoleh lebih banyak uang dan kebebasan. Banyak dari kita yang terinspirasi memiliki bisnis sendiri setelah menghadiri seminar, workshop, atau pelatihan yang diadakan pebisnis sukses. Banyak dari kita yang ingin sekali bisa seperti mereka, tanpa mengetahui proses atau perjuangan apa yang ada di baliknya.

Maka saat mengalami kegagalan, kesulitan, dan benturan-benturan dalam bisnis, banyak yang menyerah. Bagi saya sendiri, berbisnis tidak selalu berarti uang. Memang benar setelah membuka bisnis sendiri, alhamdulillah mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Namun, terjun ke dunia bisnis menurut saya kita dibayar dengan 2 hal: Pengalaman dan uang. Saya menyarankan bagi yang baru memulai, ambil dulu pengalaman sebanyak-banyaknya, maka uang baru akan datang kemudian. Sabar. Tidak ada yang namanya gagal, yang ada hanya bertambahnya pengalaman. Jika kita berfokus pada pengalamannya terlebih dahulu, maka apapun yang menimpa diri kita maka bisa kita hadapi dengan senang hati, bukan?

Beberapa pengalaman penting yang saya pelajari dari membuka bisnis, termasuk dari kegagalan yang saya alami:

  1. Kepemimpinan diri dan tim
  2. Berpikir kreatif
  3. Membangun jaringan
  4. Mental pembelajar
  5. Tahan banting
  6. Kerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas
  7. Bisa berbagi lebih banyak dan lebih luas ke orang lain
  8. Pentingnya passion dalam kerja
  9. Niat yang lurus
  10. Mengelola uang dengan baik

Masih banyak lagi pengalaman lainnya dan menuut saya pengalaman-pengalaman itu jauh lebih penting daripada uang semata. Jika kita mampu untuk mengambil setiap pelajaran dan benar-benar mempelajarinya dengan baik, maka uanglah yang nantinya akan mengejar kita.  Take the experience first, the cash will come later.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar