Uncategorized

Fenomena E-Silaturahim

Di era saat ini, memang sudah serba electronic. Mulai dari e-mail, e-learning, bahkan juga sampai dengan e-silaturahim. Ya, e-silaturahim yang paling mudah untuk dilihat adalah sewaktu menuju lebaran atau hari-hari besar keagamaan lain. Banyak sekali kontak dan kenalan kita yang saling berlomba-lomba untuk memberikan ucapan, sapaan, dengan harapan bisa mewakili silaturahim yang sebenarnya.

Keberadaan media sosial dan Blackberry Messenger seolah semakin memperkuat fenomena e-silaturahim ini. Berbagai macam broadcast berisi doa, shalawat, dan sapaan hangat bertubi-tubi masuk. Namun seringkali yang membuat saya berpikir, banyak dari kita yang merasa harus mengirimkan ucapan seperti itu ke semua kontak yang kita miliki. Akhirnya yang menjadi pilihan kita adalah, forward pesan sana-sini, atau nge broadcast ke semua kontak yang kita miliki. Menurut saya, gaya dan cara seperti itu justru mengurangi intensitas personal dan emosional dalam bersilaturahim. Bahkan bisa jadi malah mengganggu orang yang menerima. Bisakah itu mewakili silaturahim yang tulus?

Apakah itu bisa mewakili silaturahim yang ikhlas? Mungkin jawabannya beragam. Tetapi saya selalu ingat pesan orang tua saya tentang sebuah hubungan yang tulus dan sopan, “Bicaralah dengan menatap matanya, sebut namanya, berikan senyuman yang tulus, simak apa yang dikatakan, dan berikan kata-kata terbaik yang kamu bisa.”

Berhubung sebentar lagi memasuki bulan puasa dan hari raya, tidak ada salahnya jika kita ingin mengirimkan e-silaturahim, dibuat dengan lebih personal dan menyenangkan. Ucapan itu khusus dan eksklusif. Sahabat terdekat saya, memahami ini dan mereka selalu membuat ucapan khusus non-broadcast, karena sifatnya yang spesial dan di BBM saya selalu warnanya hitam (bukan ungu). Silaturahim yang baik adalah yang dijaga kualitasnya, bukan hanya sekedar sapa tanpa ada rasa menyayangi dan peduli di dalamnya. Beberapa tahun terakhir saya mencoba hal tersebut dan it works, bahkan seringkali e-silaturahim itu berujung pada percakapan-percakapan menarik berawal dari saling menanyakan kabar masing-masing.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar bisnis dan pengembangan diri di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!