Uncategorized

Finding Balance in Your Life

Hari ini saya dinasihati sesuatu yang menarik oleh dosen saya. Awalnya saya berniat ingin silaturahim ke Pak Akhmad, dosen yang buat saya sudah seperti ayah sendiri buat lebaran di SEMS Lab. Ternyata saya tidak hanya bertemu Pak Akhmad, tetapi juga Pak Boy, dosen Ergonomi.

Nah, tulisan kali ini merupakan intisari dari nasihat Pak Boy kepada saya. Nasihat ini mungkin diawali saat Pak Boy ‘prihatin’ melihat proporsi badan saya yang masih kurang optimal, hehe…

“Ar, lo tu hidup harus seimbang. Kunci dari hidup yang ideal adalah keseimbangan”. Cukup lama saya sharing dengan beliau terkait dengan hidup ideal dan hidup sehat. Beliau hanya berpesan satu hal, seimbanglah dalam kehidupan kita untuk mencapai kehidupan yang sempurna.

Jika di suatu saat kita banyak makan, maka seimbangkanlah dengan puasa wajib dan puasa sunnah. Ini adalah kunci kesehatan.

Jika di suatu waktu kita sibuk mengurusi kuliah dan karier, maka seimbangkan dengan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga. Ini adalah kunci dari hubungan dan cinta.

Jika di suatu waktu kita banyak tidur, maka seimbangkanlah dengan berolahraga. Ini adalah kunci dari stamina.

Jika di suatu waktu kita banyak belajar dan bekerja, maka seimbangkanlah dengan rekreasi untuk melepas penat. Ini adalah kunci produktivitas.

Berbagai macam penyakit dan kegalauan, banyak yang disebabkan karena ketidakseimbangan hidup. Saya pikir-pikir, betul juga ya. Saya sering sekali ‘memaksakan’ hidup saya dengan bekerja dan kuliah lebih banyak daripada yang biasanya. Memotong waktu tidur, dan bahkan kadang suka lupa makan. Malas olahraga pula! Pantas saja badan saya kecil segini-gini aja. Hehe..

Tidak jarang juga kita pasti menemukan terlalu banyak orang yang bermain dan bersenang-senang tapi lupa untuk belajar dan bekerja sehingga hidup pun menjadi tidak bermakna. Yap, benar juga bahwa kunci hidup ideal adalah keseimbangan.

Tidak berlaku untuk jika kita banyak berbuat baik, maka seimbangkan dengan perbuatan buruk loh ya. Kecuali jika kita taubat dari perbuatan buruk, maka wajib menyeimbangkannya dengan perbuatan baik.

Ingin lebih seimbang? Kamu bisa coba sebuah tools yang dinamakan The Wheel of Life. Tools ini berguna untuk mengetahui seberapa seimbang hidup kamu saat ini dan seperti apa hidup yang kamu inginkan.

“Hidup yang ideal adalah mereka yang hidup dalam keseimbangan. Cobalah untuk hidup lebih seimbang, bukan pukul rata 10 jadi 5-5, tapi memberikan nilai terbaik 10-10 di setiap aspek hidup kita.”

Adakah sahabat yang ingin berbagi tentang tips menjaga hidup yang seimbang? Sangat ditunggu komentar dan tipsnya di kotak komentar di bawah.

Ingin ngobrol panjang lebar dengan saya? Silakan follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar