Tips Akademik

Finding Passion to Grow Your Business

PADA tanggal 26 September kemarin saya berkesempatan memberikan materi di online class nya Grup Komunitas TDA Kampus. Materi yang saya bawakan kali ini adalah mengenai “Pemilihan Passion untuk Pengembangan Bisnis”. Materi kali ini menjawab beberapa pertanyaan mendasar, seperti “samakah passion dalam kehidupan dan dalam bisnis?” atau hal lain seperti, “pentingkah memikirkan passion dalam berbisnis?

Berikut ini adalah rangkuman dari online class tersebut. Selamat membaca!

Apakah yang Dinamakan Passion?

Samakah makna passion dalam bisnis dan kehidupan? Hal tersebut tergantung dari bagaimana Anda mendefinisikan passion. Passion itu sendiri menurut kebanyakan orang adalah hal atau kegiatan yang cocok atau pas untuk dikerjakan untuk kita. Sesuai dengan apa yang kita sukai, sehingga kita merasa enjoy saat melakukannya.

Untuk pengembangan bisnis, passion merupakan akumulasi dari PLEASURE, MEANING, dan EMOTION.

Pleasure artinya adalah hal yang kita sukai, kita cintai. Seandainya kita tidak melakukannya maka kita akan terus kepikiran dan merasa sedikit “galau”. Pleasure artinya memberikan rasa senang, enjoy, atau happy terhadap diri kita saat kita melakukannya.

Meaning artinya adalah bermakna. Berarti passion itu jika dikerjakan akan memberikan makna tersendiri bagi Anda. Jika mengerjakan hal tersebut, maka kita akan merasakan ketentangan batin dan merasa keberadaan diri kita itu bermakna.

Emotion yang dimaksud di sini adalah passion merupakan hal yang jika kita melakukannya maka kita melibatkan emosi, kita merasa antusias dan senantiasa ingin memberikan yang terbaik saat melakukan hal tersebut.

Sudahkah Anda menemukan passion Anda?

Pentingkah Passion dalam Bisnis?

Kita bisa belajar dari contoh-contoh wirausahawan sukses macam Rene Suhardono, Jamil Azzaini, Hendi Setiono, ataupun Yoris Sebastian. Beliau-beliau merupakan pengusaha yang sangat luar biasa sukses karena memang mengerjakan sesuai dengan apa passion nya.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion memiliki PENGHASILAN yang jauh lebih banyak dan KEBAHAGIAAN yang jauh lebih besar dalam hidupnya.

Sama untuk mengembangkan bisnis. Bisnis dikembangkan untuk bisa menciptakan cashflow dan menjadi pemasukan. Tentu saja sebagai pebisnis kita ingin agar bisnis kita memiliki hasil yang sangat luar biasa bukan?

Jadi, pentingkah passion dalam bisnis? Jawabannya tergantung Anda. Tidak ada salah benar. Satu hal yang pasti adalah, Great Result comes from Great Work. Great Work comes from Doing Your Passion.

Temukan Keistimewaan Anda dan Asahlah Agar Menjadi Permata

Allah telah menjadikan manusia istimewa dengan diberikan berbagai macam potensi dan keunikannya masing-masing. Buat apa kita iri dengan kesuksesan orang lain? Toh kita pun juga ditakdirkan untuk sukses dengan keistimewaan dan passion yang kita miliki. Hanya saja, sudahkah kita menemukannya?

Sebuah penelitian yang pernah saya baca mengatakan 75% orang di AS mati tanpa mengetahui apa passion hidup mereka. Di waktu tua mereka ditanya apa hal yang mereka sesali dalam hidup? Rata-rata mengatakan bahwa mereka ingin mengulang kembali hidup mereka untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan yang mereka sukai.

Sudahkah Anda menemukan passion Anda? Jika belum silakan dicari. Saya ingin berbagi sedikit tips untuk mencarinya. Silakan Anda siapkan kerta dan bulpen/pensil, kemudian catat jawaban dari pertanyaan berikut ini:

  1. Apa hal yang membuat Anda bahagia dan senang saat melakukannya?
  2. Apa hal yang membuat Anda merasa menjadi orang yang bermakna dan istimewa saat melakukannya?
  3. Apa hal yang membuat Anda selalu mengeluarkan antusiasme dan performa terbaik dalam melakukannya?
  4. Apakah hobi atau interest Anda?
  5. Apakah pekerjaan yang menurut Anda mudah untuk dikerjakan namun hal itu sulit bagi orang lain?
  6. Hal apakah yang membuat inspirasi dan kreativitas Anda mengalir dengan lancar?
  7. Jika berkaca pada masa lalu, hal atau bidang apa yang pernah menjadikan Anda sebagai seseorang yang unggul dibandingkan yang lainnya?

Tulis jawabannya dan biarkan ide-ide mengalir. Tidak masalah Anda menemukan 2-5 hal untuk dijawab. Saya sendiri ada 4 saat menjawab pertanyan di atas: Menulis, Blogging, Mengajar, dan Membuat Web dan keempatnya merupakan passion saya. Hehe.. ūüôā

Jadi, selamat mencari passion! See you on the top! Sudah ketemu passion Anda, silakan share pada kotak komentar di bawah. ūüôā

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!