Uncategorized

Formula Biar Lebih PeDe

Pernahkah Anda merasa berada di bawah titik krisis percaya diri dalam menjalani hidup ini? Ketika Anda mendapatkan sebuah kepercayaan untuk melakukan sesuatu, tetapi pada saat itu juga Anda mengatakan bahwa Anda tidak sanggup untuk memikul amanah tersebut. Atau ketika Anda diberikan suatu persoalan yang sulit, seperti misalkan soal kalkulus atau fisika, namun Anda sudah merasa “pasrah” tidak dapat melakukannya. Atau terkadang Anda pernah membuat sebuah karya yang tidak mendapatkan apresiasi sama sekali dari orang lain dan malah mendapat hujatan atau kritikan yang amat pedas dan sejak saat itu Anda kapok melakukan hal tersebut?

Saya pernah memiliki pengalaman dari seorang teman yang pandai sekali membaca Al-Quran. Suaranya bagus, tajwidnya pun sangat lancar dan benar (menurut guru saya waktu itu). Karena hal tersebut lah guru saya menunjuk teman saya ini untuk mewakili lomba MTQ se-Kota Semarang. Namun, setelah dia dipanggil, ternyata suaranya bergetar hebat dan menjadi sangat jauh dari indah. Maka gelar juara yang diharapkan pun pupus karena teman saya ini terlihat sangat minder.

Untunglah guru saya waktu itu memilih untuk melakukan hal yang menurut saya sangat bijak. Ada satu buah formula yang masih saya ingat sampai saat ini, untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri saya dan teman-teman saya, apakah formula itu?

Sebelum mengetahui formula tersebut, kita harus tahu kenapa sih orang bisa menjadi sangat tidak percaya diri? Satu hal yang sering dan paling umum menyebabkan orang menjadi tidak percaya diri adalah satu hal : rasa minder. Rasa minder karena kita merasa bahwa kita berada di bawah orang lain. Kita menjadi takut tidak dapat menyamai orang-orang yang lebih hebat daripada kita. Tidak percaya? Bila Anda di kamar sendirian, mungkin Anda bisa berpidato Bahasa Inggris walaupun cas cis cus nya belum tentu benar. Sekarang coba Anda berpidato Bahasa Inggris di depan dekan atau mungkin orang-orang penting? Mungkin Anda lebih memilih untuk melihat atau membaca teks saja.

Nah, ternyata ada lho sebuah formula untuk mengatasi rasa minder. Formula tersebut cukup sederhana saja. Anggaplah Anda adalah seorang yang tidak kenal sama sekali dengan Presiden Amerika, kemudian Anda masuk ke gedung putih dan masuk ke kantornya. Saya yakin Anda tidak akan berani masuk ke kantor presiden AS tersebut, karena Anda memang bukan presiden Amerika. Apa yang akan terjadi apabila ternyata Anda bersahabat dekat sekali dengan presiden AS dan sering mengundang Anda ke kantornya? Maka saya yakin Anda akan lebih percaya diri untuk berjalan lenggak-lenggok ke gedung putih dan ke kantor presiden. Dan bagaimana bila kejadiannya lebih ekstrim lagi bahwa Anda adalah orang yang dilantik menjadi presiden AS? Maka saya yakin gedung putih adalah tempat Anda bekerja sehari-hari dan pastinya tidak ada rasa minder sedikitpun!!

Dan kesimpulannya, formulanya adalah:
1. Dekat kepada Tuhan,
2. Bermindset bahwa Anda adalah orang yang ditunjuk dan diberikan sertifikat oleh Tuhan untuk unggul di bidang Anda dan berprestasi di bidang tersebut


Pertama, Dekat Kepada Tuhan Dengan dekatNya Anda kepada Tuhan, maka Anda semakin bersyukur bahwa sebenarnya Tuhan telah menciptakan Anda dengan sebaik-baik bentuk untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan menebarkan kebaikan di dunia. Apa pendapat Anda saat mendengar seorang anak kecil di Irak berumur 7 tahun yang mendapat gelar Doktor honoris Causa karena mampu menghafal dan memahami Al-Quran? Maka yakinlah, selama Anda berbuat kebaikan lakukan kebaikan tersebut sebaik mungkin Anda bisa lakukan dengan potensi Anda untuk beribadah kepada Tuhan.


Kedua, Menyadari Bahwa Tuhan MENYURUH Anda Memanfaatkan Potensi Anda untuk Berprestasi Poin kedua ini sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, minati, dan Anda yakin berpotensi di sana. Kemudian manfaatkan seluruh potensi Anda tersebut untuk menciptakan torehan sejarah-sejarah baru, Ingat, dunia ini melihat orang-orang yang berada di titik ekstrim. Maka Anda harus tetap bersemangat seandainya Anda gagal sekali atau dua kali di bidang yang Anda sukai atau tekuni, karena memang ketika Anda diberikan kegagalan, maka percayalah bahwa Tuhan sedang mempersiapkan Anda menjadi orang besar. Maka, percaya dirilah Anda. Dekatlah dengan Tuhan, dan yakinlah bahwa Tuhan sudah menerbitkan sertifikat untuk Anda untuk sukses di suatu bidang. Carilah bidang tersebut dan torehkan prestasi sebanyak mungkin, karena Tuhan berkata, “Sebaik-baiknya ciptaan adalah manusia.” Jadi jangan pernah kecewakan Tuhan dengan menghabiskan waktu Anda untuk memelihara rasa minder sehingga menekan kepercayaan diri Anda. Salam sukses!!


Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar